Skip to main content

Permohonan Buku Pelaut Online





Pada artikel sebelumnya, saya telah menuliskan mengenai prosedur pengambilan BST sebagai syarat wajib permohonan buku pelaut online. Setelah anda memiliki sertifikat BST, maka anda sudah bisa mendaftar permohonan buku pelaut secara online dan cukup mudah prosesnya. 

Langkah – langkah permohonan buku pelaut online =
1.      Mendaftar Online melalui website :  https://pelaut.dephub.go.id/
a)      Klik link Buku Pelaut , Klik link Pelaut
b)      Pada halaman Login Buku Pelaut, Klik Buat Akun
c)      Lengkapi formulir pendaftaran. Kode pelaut = 10 nomor pertama yang tertera pada sertifikat BST (No. Sertifikat)
d)      Konfirmasi email dengan klik link Confirm registrasi disini
e)      Kembali ke halaman awal, masukan User name, Password dan Security code
f)        Pada halaman sebelah kiri, Klik Permohonan , Klik Buku pelaut
g)      Mengisi kembali informasi identitas pelaut dan memilih Kantor Syahbandar terdekat
h)      Cetak formulir pendaftaran. Biasanya jadwal anda ke Syahbandar adalah 2 hari setelah pendaftaran online ini.

2.      Mempersiapkan dokumen permohonan buku pelaut :
a)      Surat pernyataan belum pernah memiliki Buku Pelaut (Bermaterai)
b)      Fotokopi sertifikat keahlian pelaut (Sertifikat BST)
c)      Surat keterangan masa berlayar (Bagi yang pernah berlayar)
d)     Sertifikat kesehatan RS yang direkomendasi (https://pelaut.dephub.go.id/)
e)      SKCK
f)       Fotokopi Akte Lahir/ Surat Kenal Lahir / KTP
g)      Foto 5x5 dan 3x4 masing masing 3 lembar. Deck (biru), Mesin (Merah)

3.      Berangkat ke Kantor Syahbandar yang telah dipilih sesuai tanggal yang ada di formulir pendaftaran (Saya berangkat ke Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok)
a)      Datang sekitar jam 7 pagi (Lebih cepat lebih baik)
b)      Menuju ke Koperasi yang ada di sebelah kiri, Ambil Map Permohonan buku pelaut baru
c)      Menuju ke Resepsionis di Loby luar, Isi Map sesuai arahan Petugas.
d)     Mengambil Nomor Antrian dan duduk sambil menunggu jam 8 pagi.
e)      Masuk ke ruangan dalam dan perhatikan nomor anda
f)       Setelah dipanggil, serahkan map berserta dokumen didalamnya
g)      Anda akan mendapat satu lembar yang sudah ada tanggal pengambilan.
h)      Foto (Disediakan kemeja putih dan dasi hitam)
i)       Pulang ke rumah untuk menunggu kode billing, Pengambilan Buku Pelaut biasanya sekitar 2-3 minggu kemudian dari hari penyerahan dokumen di kantor Syahbandar. 
 
4.   Kode billing dikirimkan melalui email antara 1-2 minggu setelah anda menyerahkan dokumen di kantor syahbandar. Apabila setelah 2 minggu anda belum mendapatkan kode billing, maka anda harus kembali ke kantor syahbandar untuk lapor kepada petugas.
5.      Membayarkan ke bank yang tertera pada email yang diterima. Biaya sebesar Rp. 100.000
6.    Setelah pembayaran, anda akan mendapatkan Kwitansi yang dikirimkan melalui email. Kwitansi ini yang wajib anda print out untuk nantinya dibawa ke kantor syahbandar ketika pengambilan buku pelaut.
7.      3 minggu setelah penyerahan dokumen ke Kantor Syahbandar / sesuai yang tertera pada kertas, anda bisa datang kembali ke kantor Syahbandar untuk pengambilan buku pelaut sesuai jam yang dijadwalkan

 Untuk pengambilan buku pelaut, anda wajib membawa dokumen :
a)      Kertas permohonan buku pelaut
b)      Print out kwitansi pelunasan

Tahapan pengambilan Buku Pelaut :
a)      Lapor ke petugas Resepsionis bahwa anda akan mengambil buku pelaut
b)      Cap lunas pada Lembar Kwitansi di ruangan PNBP sebelah bank BNI
c)      Serahkan dokumen di loket paling kanan
d)     10 menit kemudian, anda akan diserahkan buku pelaut, cek semua informasi didalamnya.

8.      Setelah anda mendapatkan buku pelaut, anda bisa membeli sampul buku pelaut yang ada di koperasi sebelah kanan sebesar Rp 10.000

Selamat anda sudah menjadi pelaut yang terdaftar secara resmi. Buku pelaut berlaku selama 3 tahun, kemudian dapat diperpanjang kembali sebanyak dua kali, masing masing perpanjangan selama 2 tahun. Sehingga total buku pelaut berlaku selama 7 tahun.
Semoga Artikel ini bermanfaat and Good Luck.

Comments

Agri Thael said…
Selamat malam bang denni, bang denni kerjandimana ?
idabaguskesumajaya@gmail.com said…
Yth pejabat Dephub

Saya hendak mendaftar online untuk penggantian buku pelaut saya yang sudah tidak berlaku. Tapi website http://www.pelaut.dephub.go.id/ tidak bisa saya akses

Mohon bantuannya

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic