Skip to main content

Basic Safety Training (BST) untuk Permohonan Buku Pelaut

Melalui artikel ini, saya ingin membahas mengenai proses BST mulai dari pendaftaran, training, sampai dengan pengambilan sertifikat. Mengapa saya memerlukan sertifikat ini? Alasannya karena saya ingin membuat Buku pelaut di Kantor Syahbandar terdekat, dan BST sebagai salah satu syarat wajib untuk pembuatan buku pelaut.

Saya sudah pernah mengambil training BST yang diberikan oleh perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, hanya saja sertifikat tersebut tidak bisa digunakan karena training yang saya ikuti hanya 3 hari, padahal untuk training BST yang sesuai standar STCW adalah 8 - 9 hari. Oleh karena itu, saya harus kembali mengikuti training BST sesuai standar STCW, sehingga sertifikatnya nanti bisa saya gunakan sebagai syarat pembuatan buku pelaut.

Dimana tempat training BST di Jakarta dan sekitarnya ?
1.       Bina Sena
Website               = http://binasena.com
Biaya                     = 1.800.000
Email                     = info@binasena.com
2.       Pertamina
Website               = https://www.pmtcindonesia.com/
Biaya                     = 1.850.000
3.       Focus Maritime Training Center (FMTC)
Website               = http://www.focusmtc.com
Biaya                     = 1.500.000
Email                     = focusmtc@gmail.com
4.       STIP Jakarta
Website               = http://stipjakarta.dephub.go.id
Biaya                     = 1.200.000
Email                     = div_pu@dephub.go.id

Oleh karena beberapa teman saya mengambil BST di FMTC, dan juga harga disana cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 1.500.000 (Sudah termasuk makan siang), maka pada artikel ini akan banyak saya bahas untuk pengambilan BST di FMTC.

Dimana Alamat lengkap FMTC ?
Duta Mas Fatmawati, Blok B2 No. 34-35, Jl. R.S. Fatmawati No. 39, Jakarta Selatan, Indonesia 12150

Lokasinya cukup mudah karena dekat dengan ITC Fatmawati, setiap hari saya cukup menggunakan ojek online dari rumah tinggal ke lokasi training, kita bisa turun di perempatan ITC fatmawati, kemudian jalan kaki sebentar ke arah FMTC. Untuk teman teman dari luar Jakarta,kos mudah didapatkan di daerah gang sawo , kisaran harga kos sekitar 30-40 ribu / malam.

Berapa harga Training BST di FMTC ?
Harga Training Rp 1.500.000
Menurut saya harga cukup terjangkau, karena dengan harga tersebut, kita sudah mendapatkan pelatihan selama 8 Hari Kerja dari jam 08:00 pagi s/d 15:30 sore, kemudian masih mendapat snack dan kopi di sesi break pagi, dan masih mendapatkan makan siang di sesi siang hari.

Berapa Hari Training BST ?
8 Hari Kerja
Jika kita menghitung hari libur di Sabtu dan Minggu, maka totalnya menjadi 10 hari. Apabila terdapat tanggal merah ditengah tengah training, maka jumlah waktu tinggal anda di Jakarta akan semakin bertambah sesuai dengan tanggal merah yang ada.

Bagaimana cara mendaftar ?
Berdasar pengalaman saya sebelumnya, saya cukup mendaftar melalui email : focusmtc@gmail.com, respon nya cukup cepat melalui email, dan kita akan dikirimkan syarat syarat untuk mengikuti kelas BST. Cara lainnya anda bisa menelfon ke 021-7210065 / 75.

Apa syarat-syarat yang diperlukan ?
1.       Mengisi formulir pendaftaran ( pada saat hari pertama)
2.       Fotocopy berwarna ijasah asli min. SMP
3.       Fotocopy berwarna KTP
4.       Fotocopy berwarna Akte Kelahiran
5.       Fotocopy berwarna Kartu Keluarga
6.       Fotocopy berwarna Surat keterangan sehat & tidak buta warna (dilakukan di FMTC, Rp 90.000)
7.       Foto 4 lembar ukuran 3x4 (Kemeja putih dan dasi hitam dengan tulisan FOCUS MTC di bawah foto)
8.       Wajib memakai kemeja putih dan sepatu pada saat training.

Materi Pelatihan nya apa saja ?
Materi pelatihan secara garis besar mengenai Teknik Survival, Fire Fighting, First Aid, Personal safety dan Sosial Responsibilities.
Jadi Kita akan mengikuti training di dalam kelas selama 6 Hari Kerja + Training di lapangan selama 2 Hari Kerja, sehingga totalnya 8 Hari Kerja.

Setelah selesai training, Sertifikat didapatkan berapa lama?
Sesuai prosedur, sekitar 2 minggu kemudian setelah hari terakhir selesai training, sertifikat BST sudah dapat diambil. Namun setiap angkatan BST bisa lebih cepat atau bisa juga lebih lambat.
Berdasarkan pengalaman saya, hari terakhir training adalah hari Rabu, kemudian hari selasa minggu depannya sertifikat BST sudah dapat diambil.


Berapa lama masa berlaku sertifikat BST?

Sertifikat BST berlaku selama 5 tahun,

Apabila sudah mau habis masa berlaku, maka sertifikat BST dapat diperpanjang kembali dengan nama program Revalidasi BST dengan biaya sebesar Rp 500.000 dan harus kembali mengikuti training selama 1 hari.
 
(****)
Setelah anda selesai training BST dan mendapatkan sertifikat BST, maka anda sudah bisa mendaftar permohonan buku pelaut secara online (https://pelaut.dephub.go.id/) menggunakan kode pelaut yang tercantum di sertifikat BST. Artikel mengenai pembuatan buku pelaut, akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Semoga tulisan ini dapat membantu pelaut-pelaut di Indonesia yang ingin mengambil sertifikat BST sebagai syarat untuk permohonan buku pelaut.
Semoga bermanfaat.



Comments

Unknown said…
Thanks. Atas infonya
Unknown said…
Kira" pengambilan buku pelaut berap bag
Sadam said…
Saya but a warna parsial tapi untuk bagian galey apa ga BSA bkin BST ?
Unknown said…
apakah harus wajib bisa berenang ???
BLUEX said…
Kalau bst lebih dari 5 tahun apa harus ngulang dari awal
Armando said…
Bos kalau saya sudah ikut bst tp sudah mau hampit 4 bulan bst belum belum keluar
Nga tau harus gmn
Unknown said…
Bos aku mau revalidasi bst di stip jenis pelatihanya apa aja ya..
Unknown said…
Syaratnya harus berwarna copynya atau hitam putih
Unknown said…
Maaf saya boleh tanya bagi yg sudah berpengalaman. Apakah bisa mengambil BST tanpa ijaza asli. Soal nya yg asli saya sudah hilang. Mohon infonya komandan
Anonymous said…
Cukup perpanjang aja bos
Unknown said…
Kalau bst dibuat tahun 2016 tahun berapa harus di perpanjang

Unknown said…
Trima-Kasih byk atas info nya yg sgt berharga bagi sy.
Salam sehat2 slalu utk seluruh keluarga anda, Amin...🙏🙏🙏
Unknown said…
Kalau BST saya sudah mati sejak 2016 trs saya harus validasi aja apa bikin baru lg...
SantoSus said…
Selain BST, di FMTC bisa untuk buat sertifikat lain nya ga
Pram said…
Saya ingin merubah nama di sertifikat BST kkarena ada kesalahan ngetik ..bisa ga ya.persyaratan nya apa?

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic