Skip to main content

Model Investasi yang saya Reject



Akhir akhir ini banyak sekali masyarakat yang tertipu oleh karena jargon “program investasi”, kadang saya ikut kesal juga bahwa kejadian ini sudah terjadi berulang kali, modusnya sama, tetapi masih saja ada orang yang tertipu.

Melalui artikel ini saya ingin menceritakan pengalaman pribadi mengenai berbagai tawaran investasi yang pernah saya tolak dan lucunya hampir setiap bulan, selalu ada orang lain yang datang dan menawarkan tawaran investasi dengan produk yang sama.

Macam macam investasi yang pernah saya tolak :

1.    Skema Ponzi M**
Ini yang saya heran, kawan saya yang memiliki pendidikan tinggi dan bahkan belajar di universitas yang terkenal, dia semangat sekali menawarkan investasi M** dimana polanya kita harus menabung Rp1.000.000 lalu dijanjikan mendapat bunga Rp300.000 per bulan. Omong kosong! Ketika saya pelajari websitenya, lokasi kantornya saja tidak ada bahkan nomor telfon nya hanya mencantumkan nomor handphone. Sekarang investasi ini sudah berakhir.

2.    Investasi penjernihan air
Kalau investasi ini saya sudah ditawarkan tiga kali dengan orang yang berbeda beda. Kotak air kecil sebesar radio diklaim dapat menjernihkan air berkali kali lipat dan bisa membuat panjang umur bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu sumber-nya cukup air keran dan setelah pemrosesan, air nya diklaim bisa lebih sehat dari air merk terkenal. Harganya pun sampai puluhan juta. Investasi ini juga selalu saya tolak dengan sopan.

3.    Investasi bodong dengan embel embel emas
Awalnya istri saya yang ditelfon beberapa kali, kemudian mereka mulai mengirim melalui email. Setelah tidak berhasil, mereka mengejar saya dengan menelfon berkali kali. Polanya sama, jika menelfon istri menggunakan suara laki laki yang baik dan sopan. Jika menelfon saya menggunakan gambar WA wanita cantik dan suaranya halus. Program yang ditawarkan bahwa saya harus investasi awal Rp100.000.000, lalu per bulan dijanjikan akan mendapatkan tabungan investasi berkali kali lipat, mereka menunjukkan grafik investasi yang naik tajam setiap tahunnya. Setelah saya browsing, ternyata sudah banyak korban korban sebelumnya yang diancam jika di bulan berikutnya tidak setor Rp 50.000.000, maka uang akan hangus.

4.    Pinjaman Online
Wah kalau ini paling serem, ada kawan saya yang berani meminjam uang di pinjaman online dengan bunga yang tinggi, namun pada akhirnya dia tidak bisa membayar. Sekarang si peminjam online ini merusak nama kawan saya dengan mengirim whatsap ke semua kontak secara berkali kali untuk segera membantu melunasi. Bayangkan jika ada kawan anda yang meminjam dan anda ikut ditagih berkali kali. Pasti kesal kan? Oleh karena itu hati hati dengan pinjaman online yang menawarkan uang dengan mudah dan proses cepat, namun bunga nya justru akan menjerat anda di kemudian hari.

5.    Investasi bodong berbasis aplikasi
Ada beberapa program aplikasi yang intinya ingin menghimpun dana masyarakat dengan menjanjikan bunga besar. Program awalnya kita harus menyetor jutaan rupiah, lalu dengan jargon jargon bahwa kita tinggal ongkang ongkang kaki dan cukup memantau perkembangan uang melalui aplikasi di handphone, maka uang akan terus bertambah. Apakah anda percaya. Not for me.
(***)

Mungkin beberapa orang ada yang kesal setelah menawarkan investasi dan presentasi selama lebih dari 1 jam, pada akhirnya saya tolak. Tetapi saya tetap pada pendirian saya bahwa saya TIDAK akan pernah memasukkan uang dalam instrument investasi yang tidak meyakinkan seperti itu.

Karena prinsip saya, suatu instrument investasi harus sudah terdaftar di OJK, lebih baik lagi jika investasi kita dijamin oleh LPS sehingga dalam keadaan krisis, uang kita masih dapat dikembalikan. Bunga pun harus masuk akal dengan kisaran bunga deposito sekitar 5-6 % per tahun, jika bunga berkali kali lipat dari bunga deposito maka anda jangan langsung percaya begitu saja.

Berita terakhir, ada pasangan yang mengaku suami istri mendeklarasikan sebagai raja dan ratu keraton sejagat yang menawarkan pengikutnya untuk membayar uang masuk Rp 3.000.000 dan dijanjikan akan mendapat uang bulanan sebesar USD 500 / bulan. Anehnya pengikutnya banyak yang percaya sampai 450 orang ! Kok bisa ya sampai satu kampung percaya dengan penipuan seperti ini.

Mungkin karena saat ini banyak orang yang ingin menghimpun dana dari masyarakat dengan cepat tanpa izin dan birokrasi yang panjang, sehingga mereka selalu menawarkan janji janji manis dana berbunga tinggi, mendapat penghasilan setiap bulan dan gak perlu repot, ditambah banyak orang yang ingin sukses dengan cepat tanpa kerja keras. Klop sudah.

Tetapi segala keputusan ada di tangan anda untuk berfikir secara logis dan jangan mudah tergiur sebelum terlambat apalagi sampai kehilangan uang yang telah di-investasikan.


Comments

Hansstrauss said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Phillips said…
This comment has been removed by a blog administrator.

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic