Skip to main content

Daftar Vaksin untuk Pelaut di Kapal Seismik

Sebelum bekerja  di bidang Seismik, saya kurang begitu peduli dengan vaksin. Saya tidak tahu vaksin apa saja yang dulu pernah saya ambil sejak kecil, tanggal berapa saya pernah mengambil vaksin, bahkan apakah vaksin yang sudah saya ambil masih efektif atau tidak? Semua jawabannya saya tidak tahu.

Namun setelah bekerja di bidang seismik, perlahan lahan saya mulai peduli dengan vaksin dan saya mulai mendapatkan banyak informasi mengenai vaksin. Pada saat itu saya baru menyadari bahwa ada beberapa vaksin yang wajib diambil oleh pelaut yang akan bekerja di kapal seismik.

Vaksin apa saja yang perlu diambil untuk bekerja di kapal seismik?

1.      Yellow Fever   

2.      Hepatitis A      

3.      Hepatitis B      

4.      Polio                

5.      Diptheria         

6.      Tetanus           

7.      Typhoid           

8.    Covid-19         

Sekitar 3 hari yang lalu, saya kembali mengambil vaksin Typhoid untuk kedua kali nya di Klinik SOS Jakarta, sebenarnya saya hanya ingin mengambil Medical Check Up sesuai standar UKOAA/OGUK, namun ketika dokter mengecek buku kuning vaksin WHO milik saya, dokter menyarankan untuk mengambil kembali Vaksin Typhoid yang sudah habis masa Efektifnya.


 Saya menyetujui untuk kembali mengambil vaksin Typhoid tersebut. Kemudian dokter mengambil kotak biru menyerupai kotak penyimpanan es yang didalamnya diambil vaksin Typhoid dan disuntikkan ke lengan kiri saya. Setelah beberapa jam, anda akan merasa bahwa lengan yang disuntik vaksin terasa pegal-pegal, namun tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya hanya berlangsung satu hari saja, lalu lengan anda akan terasa lagi seperti biasa.

Saat ini, semua vaksin yang saya ambil masih efektif dan berlaku untuk bekerja di kapal seismik, dan hal-hal yang perlu diperhatikan bahwa semua vaksinasi yang saya ambil sudah tercatat semua di buku kuning vaksin WHO, sehingga saya mengetahui vaksin apa saja yang sudah saya ambil, tanggal berapa vaksin tersebut diambil, dan kapan masa efektif dari vaksin tersebut akan berakhir. 

Sehingga selain kita dapat bekerja di kapal seismik karena daftar vaksin sudah lengkap, hal lainnya kita menjadi terlindungi dari berbagai penyakit yang beresiko sehingga kita menjadi lebih tenang dan tidak akan tertular penyakit apapun dari orang lain.

Apabila anda bertanya tanya, dimana mendapatkan kartu kuning WHO? Berdasar pengalaman pribadi, saya mendapatkannya ketika mengambil vaksin Yellow Fever di klinik yang ada di bandara International Soekarno Hatta tahun 2012 lalu, namun untuk saat ini saya kurang mengetahu apakah kartu kuning WHO masih bisa didapatkan disana atau sudah tidak bisa lagi.


Comments

Pejuang Samudra said…
Cara mengurus buku kuning ICT (International Certificate Vaccination) untuk Yellow Fever maupun suntik meningitis yang biasanya di pakai oleh para teman pahlawan dolar/pelaut ataupun TKI maupun Jamaah Haji dan Umroh bisa dapatkan di Klinik Utama Vidyan Medika, Gianyar, Bali
0361 350 0090
Dokter Vaksin said…
DokterVaksin.com Melayani Vaksin Meningitis, Yellow Fever, Haji dan Umrah di Indonesia

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic