Friday, July 16, 2010

There Is a Miracle, When You Believe

Malam itu saya duduk termenung di dalam kamar, setelah kulihat jam dinding, waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam. Orang2 dirumah sudah tertidur pulas dan tidak ada lagi yang bisa diajak mengobrol,lalu kubukalah teman terbaik yang selalu membantu di dalam setiap pekerjaan (my laptop), dan mulai Membuka email untuk mengecek apakah ada pekerjaan yang harus dikerjakan untuk esok hari, karena terkadang big boss memberi pekerjaan hanya via email.

Setelah saya melihat halaman email , mata saya langsung tertuju pada sebuah email yang sangat Janggal yaitu dari Division Head of HRD tempat kantor saya bekerja. Saat itu saya semakin penasaran, apa sih sebenernya isi dari email ini..,, saya mulai membaca nya dan sempat terpaku selama beberapa detik tanpa bergerak sedikitpun.Kemudian saya mengucapkan syukur dan beranjak ke arah dinding dimana tertempel daftar impian yang ingin saya capai dalam hidup ini dan mulai memberikan tanda centang di point ke 3.. Ya, saya sungguh tidak percaya, Daftar Impian saya kembali Terwujud.

(*****)

( 3 Bulan Sebelumnya )

Setelah mengikuti tahap seleksi masuk PT Elnusa selama 2 bulan yang dimulai dari tes psikotes sampai wawancara direksi.Suatu hari, kami dikumpulkan di dalam ruangan meeting besar, lalu Division Head kami berkata,” Kalian jangan dulu bersenang senang, karena masih ada tahap eliminasi selama 3 bulan ke depan,, karena itu berjuang dan berkompetisilah.”

Beberapa tahap yang harus dilewati dan diberikan Skoring diantaranya Training bahasa Inggris, Training softskill, Outbound Training, On The Job Training, Karya tulis, Presentasi di depan manager user. Yang nantinya scoring tersebut akan dikalkulasi dan diambil peserta dengan nilai tertinggi. Saat itu peserta berjumlah 80 orang dari berbagai universitas yang sebagian besar didominasi UI, ITB dan UGM. Dalam hati saya berkata,” Mana mungkin saya yang terpilih menjadi peserta terbaik,, saya melihat banyak diantara kami yang sudah S2 dan berasal dari universita universitas ternama.”

Sesampainya di rumah, saya gag sengaja mendengar lirik lagu laskar pelangi ,”Mimpi adalah kunci,.. Berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya ” tiba tiba gelombang semangat mengaliri tubuh saya,,

Ya .. saat itu, mulailah saya mulai menuliskan target2 yang ingin saya raih dalam bentuk daftar impian dan menempelkan nya di dinding kamar, sehingga setiap hari saya bisa melihat kertas itu, dan selalu ada semangat dalam hidup untuk mewujudkan nya menjadi nyata.

Masih tertanam jelas perkataan seorang motivator yang berkata,”keluarlah dari zona nyaman mu,,berikan lah yang terbaik yang bisa kamu lakukan”..Karena itu selama Training, saya sempat menulis sebuah karya tulis setebal 150 halaman yang saya kebut selama seminggu di Balikpapan dimana saya masih terbangun di saat semua orang sudah terlelap untuk mengejar terselesainya karya tulis ini. Pada saat presentasipun ,sebenarnya diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia,,Namun saya mencoba untuk menampilkan nya dalam bahasa inggris.. Sebenernya tipsnya gampang sih, Sukses tidaknya presentasi itu kan ditentukan oleh seberapa sering kita latihan sebelum presentasi. Jadi malamnya saya mengulang ngulang di depan kaca untuk latihan presentasi agar bahasa inggris saya tidak terdengar blepotan. Hehe..

(***)

Di hari dimana saya melihat email dari laptop,, saya terheran heran dan bertanya, “Kenapa acara Coffee break yang seharusnya dihadiri oleh para Jajaran Direksi dan Deputy Director,, bisa2 nya, saya yang diundang?” ketika mata saya melihat ke arah lampiran yang ada di bawahnya... disana tercantum nama saya sebagai Engineering Development Program Terbaik bersama ketiga rekan saya..Jantung saya terasa berhenti berdetak,, dan setelah mencubit tangan saya sendiri.. ternyata ini memang bukan mimpi..

Keesokan harinya, Pada saat cofee break berlangsung,, Nama saya dipanggil ke depan disaksikan oleh semua jajaran direksi dan yang saya membuat bulu kuduk saya merinding dikarenakan sang direktur utama sendirilah yang menyerahkannya langsung dan memberikan selamat..

Sesampainya di rumah,, kakek menghampiri saya dan berkata dengan suata terbata-bata,” Kakek bangga nak” sambil tersenyum lebar,,sayapun mengangguk dan langsung masuk ke kamar dengan mata berkaca kaca.. Buat saya, hadiah terindah bukanlah HP, Jaket dan benda2 yang saya dapat,, tetapi sebuah kata kata sederhana dari kakek saya yang sudah berumur 82 tahun itulah yang menjadi kata2 terindah dan tidak akan pernah saya lupakan sampai kapan pun.

Regards,
Denni Pascasakti

3 comments:

NduTy88 said...

Iyaaa...
keberhasilan itu tidak akan ita raih dalam waktu dekat dan dia juga membutuhkan waktu dan semangat hidup dari dalam diri kita sendiri..

mungkin bukan keluargamu saja yang bagga sama kamu,aku juga turut bangga dengan keberhasilan yang udah kamu dapat dan aku harap kamu bisa mempertahan kan ini semua sampai kapan2 pun,den..
heheheheheheheehhe..
dan dukungan selalu aku alirkan untuk kamu..^^

Semangaaat,denny..!!!!

Denni PasCasakTi said...

Setuju ranty...
Memang keberhasilan itu harus ditempuh dengan perjuangan,, tapi aq sekarang percaya,, bahwa impian itu bisa kita wujudkan menjadi kenyataan..

Sukses juga buat kamu Ranty... Semangat dan selamat juga buat wisudanya bulan ini..
Ganbatte..

Ahmad Salman Rahmani said...

Wah keren bang! Saya juga pengen bisa kerja di Elnusa. Saya sekarang lagi masuk tingkat 4 jurusan geodesi juga di itenas bandung! doain lancar :) | Keren blognya mas pengen bisa keluar negeri kaya mas, apalagi bisa sekalian nimba ilmu :)