Skip to main content

Tips mencari penghasilan tambahan sebagai mahasiswa di Jogja



Suatu hari saya pernah melihat teman satu kos saya selalu mengeluh,”Kenapa sih bokap ngasih uang bulanan selalu pas pasan terus kayak gini,gw kan jadi mesti ngirit terus di Jogja, gak bisa beli apa-apa lagi.huh!” Mungkin jika saya mengamati, ia selalu mengeluh tiap hari karena penghasilannya selalu ngepas,jadinya tiap hari harus irit dan tidak bisa menabung. Padahal sebenarnya itu bukan salah orang tua nya.Karena kalau kita jeli, kita bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan di kota pelajar ini.Karena itu saya berikan tips kepada teman saya itu , dan kami saling sharing pengalaman. Setelah 6 bulan kemudian, dia tampak “ngaya” dengan pakaian baru dan bisa menabung lumayan karena bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak bergantung dengan penghasilan orang tua.
Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami dan informasi dari berbagai teman.Saya merangkum tips mencari penghasilan tambahan ke dalam 3 kategori, yaitu :

A. Kerja part time/ full time:
Kerja part time di jogja biasanya selama 4 – 5 jam, kerja part time tidaklah berat bahkan dapat dilakukan oleh mahasiswa semester awal, dengan catatan bisa membagi waktu. Untuk kerja full time biasanya berkisar antara 6-7 jam yang hanya dapat diambil oleh mahasiswa semester akhir yang tinggal menyusun skripsi atau mengambil sedikit mata kuliah.
Di jogja banyak sekali tersebar kerja part time /full time antara lain :

- Dagadu Djogja : Kerja part time selama 4,5 jam (buka 09.00 s/d 21.00), jadwal dapat menyesuaikan kampus. Penghasilan sekitar 650 ribu / bulan. Ada bukaan setiap 4 bulan sekali.Kontrak kerja 8 bulan. Info melalui : “www.dagadu.co.id” / poster / pamflet.

- MCD : Kerja part time selama 5 jam (buka 24 jam), jadwal dapat menyesuaikan kampus(cowo biasanya malam hari,sedangkan cewe fleksibel). Penghasilan sekitar 500 ribu / bulan. Info didapat di MCD Jl. Sudirman.

- Movie Box : Kerja Full time 6 jam (buka 09.00 s/d 24.00), lebih diutamakan cewe. Penghasilan sekitar 450 ribu / bulan. Info didapat di Movie Box Jl Gejayan.

- Kedai digital : Kerja part time selama 4 jam (buka 09.00 s/d 21.00), jadwal dapat menyesuaikan kampus. Penghasilan sekitar 400 ribu / bulan. Ada bukaan setiap 6 bulan sekali. Info didapat di seluruh outlet kedai digital atau buka “www.kedaidigital.com”

- Wahana : Tempat jaga rental VCD/DVD ini selalu membuka kesempatan bagi mahasiswa jogja tiap 6 bulan sekali. Kerja part time 5 jam (buka 09.00 s/d 22.00). Gaji berkisar 450ribu/ bulan. Info didapatkan di wahana jalan Kaliurang.
- Telkomsel : Penghasilan sekitar 700rb/ bulan, sebagai Customer Service atau Sales. Kerja full time 6 jam. Info didapatkan di kantor telkomsel terdekat di Jogja.

- Tempat2 Distro : Untuk tempat distro banyak sekali bukaan yang biasanya untuk orang dalam dan jarang dipublikasikan, gaji biasanya sebesar 400ribu/ bulan. Distro “slakers”, “chisel”, “planet surf” ada bukaan part time bagi mahasiswa jogja rata2 tiap 6 bulan sekali, Info didapat di outlet distro langsung.(Untuk Planet Surf ditempel di dpn Outlet)

- Jaga warnet : Rata rata sekitar 7 jam dalam sehari. Gaji sekitar 500 ribu/ bulan. Bukaan biasanya tiap 6 bulan sekali. Untuk warnet “terminal”, “fortune” jalan gejayan, tinggal mengirimkan CV saja, kemudian akan ada tes wawancara.

- Entri data yayasan Tahija : Kerja tergantung dari kita mau ngejar setoran atau tidak, Penghasilan Rp 1000/ lembar. Rata rata Rp 450 ribu/ bulan. Kontrak kerja 8 bulan. Info didapat di jalan Kaliurang KM 6 sebelah female radio.

- Penyiar radio : Rata rata sebesar 450 ribu/ bulan. Lancar berkomunikasi dan percaya diri. Bukaan terkadang tiap 6 bulan sekali. Untuk radio seperti Unisi, Swaragama, dan Geronimo serta Female radio menerima part time mahasiswa jogja dengan bekerja 3 jam/ hari. Unisi membuka juga untuk jenjang SMA. Info di Masing2 radio.

B. Mengajar di kampus :
Untuk pekerjaan mengajar di kampus memang merupakan pekerjaan dengan penghasilan paling kecil dan waktu kerja yang paling cepat, rata rata hanya 2 jam seminggu. Tetapi banyak keuntungan yang didapatkan selain kita dikenal oleh mahasiswa angkatan bawah, kita juga bisa kenal dekat dan dipercaya oleh dosen, selain itu kita bisa lebih mendalami mata kuliah tersebut. Karena saya hanya pernah mengajar di Geodesi, jadinya saya hanya bisa memaparkan gaji di tempat saya bekerja :

- Assdos di geodesi : Bekerja hanya 2-3 jam dalam seminggu. Penghasilan sebesar 60 ribu/ bulan/ mata kuliah. Dalam 1 semester bisa mengajar 2 sampai 3 mata kuliah. Kontrak kerja selama 6 bulan.

- Tutor di Teknik Sipil (Jurusan Lain) : Bekerja hanya 2-3 jam dalam seminggu. Penghasilan sebesar 110 ribu/ pertemuan karena sudah termasuk uang makan dan uang transport. Dalam 1 semester hanya mengajar sebanyak 4 pertemuan. Kontrak kerja selama 6 bulan.

C. Mencari Beasiswa :
Apabila mencari kerja part time/ full time banyak yang bentrok dengan jadwal mata kuliah, maka pilihan akhir adalah mencari beasiswa yang banyak sekali tersebar dengan membuka info di “http://dirmawa.ugm.ac.id/” kemudian pilih menu beasiswa. Beasiswa sendiri rata rata memberikan penghasilan tambahan sekitar 150 ribu s/d 600 ribu setiap bulan nya. Bayangkan saja besar uangnya yang hampir sama jika dibandingkan dengan kerja part time, padahal beasiswa tidak bekerja sedikitpun, asal dibutuhkan kepekaan terhadap tiap infonya saja.
Beasiswa yang ditawarkan :

- PPA : Terutama bagi mahasiswa yang memiliki IPK > 3.00 kemungkinan besar dapat lolos seleksi ini. Penghasilan sebesar 250 ribu / bulan selama 1 tahun. Tiap tahunnya ditawarkan kepada 1700 mahasiswa di kampus UGM.

- BBM dan BOP :Terutama bagi mahasiswa yang memiliki surat keterangan tidak mampu, Penghasilan sebesar 250 ribu / bulan (BBM) dan Bebas uang BOP (BOP) selama 1 tahun. Tiap tahunnya ditawarkan kepada 1500 mahasiswa di kampus UGM.

- Beasiswa dr Swasta : Beasiswa yang ditawarkan Swasta tiap universitas biasanya jumlah penerima hanya 20 – 50 orang, akan tetapi jumlahnya bisa mencapai 500 – 600 ribu dan bisa mendapatkan kesempatan magang atau ikatan dinas di perusahaan tersebut. Contoh beasiswa : Tanoto fondation, Daihatsu, Djarum, Sampoerna, Astra,PT Smart.
Mungkin Informasi yang saya berikan diatas baru sekitar 50% dari keseluruhan informasi yang ada. Banyak sekali sebenarnya lahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di Jogja. Intinya adalah kepekaan kepada setiap informasi yang ada.Keuntungan yang didapatkan dari bekerja banyak sekali mulai dari mendapatkan banyak teman dan link kerja, menambah pengalaman, sampai menambah daftar CV anda. Saya rasa cukup sekian dari saya, semoga bagi para pembaca yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di Jogja, bisa mewujudkannya dari berbagai informasi diatas. Dan saya ingat pendapat dari Mario Teguh bahwa segala sesuatu dapat diwujudkan asalkan kita harus “Beribadah, Bekerja keras , dan berkeyakinan kuat.”

Salam Hangat
Denni Pascasakti

Comments

Anonymous said…
yang entry data di yayasa tahija itu ada CP nya gag ?
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Yovita said…
Terima kasih infonya.
Unknown said…
Makasih gan berguna banget .. :)
Unknown said…
Makasih gan berguna banget .. :)
Unknown said…
Makasih gan berguna banget .. :)
makasih mas bro.. bisa jadi bahan referensi part time.. sukses selalu untuk kita semua..
Lapedas said…
Aku dah coba yang dagadu juga..bener2 patut dicoba..sayang, sy gagal pas tes ke 3 nya....total tesnya ada 7 lapis coii...

Mas, boleh numpang reshare?
Pasti saya akan cantumkan juga alamat sumbernya kog ^_^
Terima kasih, kak atas infonya.
Semoga sukses.
Terima kasih, kak atas infonya.
Semoga sukses.
RBB said…
Jadi mahasiswa memang harus banyak ide dan memanfaatkan peluang yang ada, kalau tidak bisa berabe deh..
Unknown said…
Kerja sampingan memang bagus untuk menambah penghasilan tapi jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai.
Ada potensi penghasilan tambahan dari BebasBayar, jika mau penghasilan tambahan. Ayo ikut bersama saya untuk membangun afiliasi BebasBayar dengan sistem multilevel. Hanya gunakan aplikasinya secara rutin dan ajak juga orang lain menggunakannya. Ada banyak komisi yang bisa didapat oleh setiap blogger dengan mengikuti afiliasi BebasBayar.
Mampirlah ke blog saya untuk melihat detailnya.
Unknown said…
Itu part time kerjanya tiap hari? Atw gimana?
Saya tertarik dengan artikel yang ditayangkan pada blog ini saya tunggu artikel terbaru nya
Terimakasih
Fuad Asnawi said…
Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat bagi kita semua.
Semoga semakin sukses selalu buat yang memiliki blog ini.
Terimakasih
Sartono said…
Menarik dan lengkap artikel yang ditayangkan. salam buat semua.
This comment has been removed by the author.
Penghasilan tambahan ini bisa di dapat kan baik secara offline maupun online bagi yang mempunyai kemampuan untuk melakukan
Dikares said…
Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share nih tentang investasi buat mahasiswa yang aman, gampang, dan menguntungkan. Temen-temen bisa cek di sini untuk lebih lengkapnya: investasi untuk mahasiswa

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic