Skip to main content

Ketegangan diantara RI – Malaysia


Saya sekarang cukup terkejut sekali bahwa tepatnya hari ini banyak sekali media mulai dari televisi, surat kabar, internet yang memberitakan mengenai ketegangan antara Indonesia dan Malaysia terutama karena dicurinnya kebudayaan kita yang salah satunnya tari pendet dan lagu terang bulan.Saja juga melihat banyak media yang mengambil suatu keuntungan tersendiri dengan membesar besarkan masalah ini, padahal Indonesia masih mempunyai banyak masalah lain yang sebenarnya lebih vital.Semua nya saya lihat selalu menuju pada 1 suara “INI SEMUA SALAH PEMERINTAH..!!”.
Cukup aneh bukan kalo kita berfikir secara rasional, Kebudayaan Indonesia yang menjadi milik seluruh bangsa Indonesia , tetapi ketika kebudayaan kita dicuri, kita hanya dapat berkata “pemerintah gak becus, pemerintah dananya cuma buat dikorupsi saja, dan semua perkataan negatif lainnya.” Mungkin yang perlu saya tekankan, untuk membuat segalannya berhasil bukan hanya peran pemerintah saja, tetapi seluruh masyarakat Indonesia harus turut ikut andil dalam berperan. Saya pernah membaca dalam surat kabar , bahwa sebenarnya Pemerintah sudah pernah bertujuan baik, dengan ingin mendata seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia , dengan memberi surat kepada seluruh pemerintah daerah untuk memberikan data mengenai seluruh kebudayaan yang ada di provinsi nya. Tetapi pada kenyataannya sampai saat in, baru Propinsi Bali dan Jogjakarta saja yang sudah memberikan data terhadap seluruh kebudayaannya dan berjumlah 600 kebudayaan. Coba kita pikir lagi baik baik, “Dimana kebudayaan propinsi lainnya?? Budaya Indonesia kan bukan hanya terdapat di Jogja dan Bali saja. Tetapi seluruh propinsi di Indonesia,dan ketika budaya kita dicuri, Kita hanya bisa menyalahkan pemerintah.”
Mungkin ini semua karena sudah lunturnya budaya kecintaan terhadap negara Indonesia, Tepatnya tadi ketika saya menonton acara “Janji Wakil Rakyat” di sebuah rumah makan, banyak diantara orang yang makan menjelek jelekkan Indonesia dan melontaskan kata2 yang tidak pantas seperti “GANYANG MALINGSIA dan semua ini karena INDONESIA BODOH” saya sebenarnya sedih, generasi muda saja sudah tidak ada kecintaan terhadap negri sendiri.
Saya juga membaca artikel dari surat kabar, sebenarnya pemerintah juga sudah berusaha sebaik mungkin dengan mendaftarkan hak ciptanya ke PBB yang bernama UNESCO, dan sampai saat ini sudah cukup banyak budaya dari Indonesia yang sudah diakui Internasional seperti batik parang, tahu tempe, dan keris dan sudah dicatat UNESCO sebagai kebudayaan dari Indonesia. Mungkin hanya butuh waktu untuk mendaftarkan seluruh kebudayaan dari indonesia di seluruh propinsi, dan ini semua perlu peran dari seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya peran pemerintah.
Mungkin dari kasus diatas ada satu pesan yang saya dapatkab bahwa.”Ketika kita melihat segala sesuatu dari sisi buruknya saja, maka hanya sisi buruknya saja yang bisa kita dapat. Padahal segala sesuatu walaupun seburuk apapun, pasti ada sisi posisifnya.Karena itu kita juga harus bisa melihat dari sisi positif.” Maju terus buat Indonesia.
Salam hangat
Denni Pascasakti

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic