Skip to main content

Prosedur Perpanjang Paspor di Imigrasi Yogyakarta

sumber : travel.detik.com

Tidak terasa passport kedua saya sudah habis masa berlaku-nya, sehingga saya harus memperpanjang passpor yang ketiga di Kantor Imigrasi Yogyakarta. Sebelum menuju ke lokasi, saya sudah banyak membaca referensi di internet terlebih dahulu supaya tidak ada syarat yang kurang dan saya tidak perlu bolak balik ke kantor imigrasi.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai perpanjangan passport di Kantor Imigrasi Yogyakarta pada bulan Juni 2017 yang prosesnya cukup mudah dan cepat.

1.       Syarat apa saja yang perlu dibawa ?
a.       KTP (Asli dan Fotocopy)
b.       KK (Asli dan Fotocopy)
c.       Akta lahir / Akta Nikah / Izasah / Surat Baptis (Asli dan Fotocopy)
d.       Pasport lama (Asli dan Fotocopy halaman depan dan belakang)
e.       Saya tambahkan sendiri (Optional) = Fotocopy Work Certificate

2.       Bagaimana Prosedurnya di kantor imigrasi Yogyakarta ?
Oleh karena proses pendaftaran melalui system online belum bisa dilakukan (saya sudah mencoba sendiri dengan memilih link daftar online yang ada, namun hasilnya selalu error), maka semua pendaftaran dan perpanjangan passport dilakukan dengan system walk in / datang langsung ke kantor imigrasi.

Berikut langkah langkah perpanjangan paspor:
a.       Datang pagi hari sebelum pkl 06:00 pagi
Saya datang tepat pukul 06:03 pagi dan mendapatkan antrian nomor 61, jika anda datang pukul 05:30, seharusnya anda bisa mendapatkan nomor lebih awal.
b.       Pukul 07:30, setiap 4 orang akan dipanggil masuk sesuai nomor urutan.
c.       Pemeriksaan Berkas dan kita akan diberikan Map kuning.
d.       Mengisi Map kuning + Lembar fotokopi serta menunggu antrian
e.       Wawancara, Pengambilan sidik jari dan Foto
f.        Pembayaran di kantor BNI sebesar Rp 355.000
g.       Setelah dilakukan pembayaran, maka passport bisa diambil dalam waktu 3 hari kerja setelah pukul 13:00 siang.

3.       Berapa biaya pembuatan passport ?
Biaya pembuatan passport biasa 48 halaman adalah Rp 355.000, namun jika anda ingin membuat E-paspor 48 halaman, maka anda hanya bisa membuatnya di kantor imigrasi tertentu seperti Jakarta ,Batam, dan Surabaya. Harga E-pasport 48 halaman adalah Rp 655.000

4.       Dimana mengambil paspor yang sudah jadi ?
Anda perlu datang kembali ke kantor imigrasi Yogyakarta setelah pkl 13:00 dengan membawa bukti perpanjangan paspor dan bukti pembayaran paspor dari bank BNI. Anda dapat menumpuk berkas di keranjang pada loket pengambilan passpor, kemudian menunggu sekitar 15 menit dan passpor akan diserahkan kepada anda.

Setelah selesai, ada baiknya anda menuju loket fotokopi yang ada di lantai bawah untuk membeli sampul passpor yang saya ingat harganya sekitar Rp 5.000.

Menurut penilaian pribadi saya, pelayanan paspor di kantor imigrasi Yogyakarta sudah sangat baik. Penilaian secara lebih detail diantaranya adalah pelayanan cepat dan ramah, tempat nyaman dan sejuk, serta proses transparan dan professional. Saya sangat berharap semoga kinerja yang sangat baik ini bisa terus dipertahankan agar bisa semakin memberikan kepercayaan di masyarakat terutama di bidang pelayanan publik.

Bravo untuk Imigrasi Yogyakarta.

Comments

Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Saya telpon imigrasi jogja kalau perpanjang katanya cuma bawa paspor lama+ektp aja.yang bener yang mana ya,soalnya saya mau perpanjang.
@Bpk Eka : Tulisan saja sudah sekitar dua bulan yang lalu, Apabila bpk Eka mendapat konfirmasi terbaru, maka tulisan saya sudah tidak update lagi.

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic