Skip to main content

Prosedur Pajak 5 Tahunan di Samsat Maguwoharjo-Sleman


Sekitar pukul 08:00 pagi, saya datang ke Samsat Pembantu Maguwoharjo-Sleman untuk mengurus Pajak 5 Tahunan motor Yamaha yang sudah habis masa berlaku-nya, Oleh karena semakin banyak pemeriksaan kendaraan di Yogyakarta, maka saya tidak boleh menunda dan harus segera menyelesaikan-nya

Sebelumnya, saya sempat membaca pada beberapa blog untuk mengetahui alur prosedur dalam mengurus pajak 5 tahunan, namun karena tidak ada blog yang membahas secara lengkap dan rinci, maka saya berkeinginan untuk menulis kembali pengalaman pribadi yang telah saya lakukan.

Berikut ini daftar pertanyaan yang akan saya jelaskan secara rinci :

1.      Dimana Lokasi Samsat Pembantu Sleman :
di Jl. Jogja Solo, Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (dekat Hotel Sheraton di Jalan Jogja-Solo)

2.      Berkas berkas apa saja yang perlu dibawa? (Update Mei 2022)
a.    KTP Asli + Fotokopi 1 lembar
b.    STNK Asli + Fotokopi 2 Lembar
c.    BPKB Asli + Fotokopi 1 Lembar

3.      Bagaimana prosedur mengurus pajak 5 tahunan ? (Update Mei 2022)
a.    Parkir motor di lantai bawah dekat lokasi cek Fisik
b.    Ke loket Identifikasi : Masukkan Berkas
c.    Bawa lembar cek Fisik dan tunggu giliran cek Fisik (GRATIS)
d.    Kembalikan lembar cek Fisik ke loket Identifikasi,
e.    Menuju ke loket Formulir : Bayar Rp 160 rb(Motor) atau Rp 300rb (Mobil)
f.     Isi Formulir sesuai contoh pada dinding
g.    Menuju ke lantai 2 loket Pendaftaran : Serahkan berkas.
Apabila alamat STNK berubah, sampaikan kepada petugas.
h.    Tunggu di loket penetapan pajak sesuai nomor urut.
i.      Bayar Pajak STNK (Saya membayar Rp 183.500)
j.      Tunggu di loket penyerahan STNK sesuai no. urut
k.    Ambil STNK,
l.      Menuju ke loket TNKB lantai bawah dan mengambil Plat

Keseluruhan proses sangat cepat sekitar 45 menit saja, usahakan datang pada pagi hari supaya tidak terlalu banyak orang yang mengurus pajak 5 tahunan dalam waktu bersamaan. Menurut saya pelayanan sudah sangat cepat dan professional serta tempatnya nyaman.

Semoga artikel ini cukup jelas dan bermanfaat bagi pengendara yang akan mengurus pajak 5 tahunan di Sleman-Yogyakarta.



Comments

ofhendra said…
Maaf gan mau nanya itu pajak motor ap thn brp? Sama bisa minta rincian biaya dari pajak stnk,nya? Buat referensi,, thx
Unknown said…
Telusuri pajak mobil AB 7976 FN
Unknown said…
Mau tanya?kalau pajak 5 tahunan (mobil)telat baru beberapa bulan dendanya banyak tidak ya mas/pak??
Unknown said…
Kalau daerah Klaten apakah bisa di proses di samsat pembantu sleman
Oktavia Safitri said…
Bisa asal bawa ktp ktp sama stnk

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic