Skip to main content

Prosedur Mengurus Izin Lingkungan dan Mutasi SPPT PBB

Sumber : Dinas Perizinan

Saya bersyukur sekali setelah mengetahui bahwa Izin SKTBL dan Site Plan dari Kos Blue Pacific sudah disetujui hanya dalam waktu 2 bulan oleh Dinas Perizinan. Menurut saya, waktu tersebut  terbilang cepat dan dinas perizinan sudah bekerja secara professional, apalagi pada saat izin selesai, saya mendapat sms langsung dari dinas perizinan untuk mengambilnya di kantor dinas.

Setelah kita sudah mendapatkan izin SKTBL, maka langkah berikutnya adalah mengurus dokumen lingkungan, saya merasa sulit sekali mencari informasi tentang , “Dimana mengurus izin lingkungan?”, “Dokumen apa saja yang dibutuhkan?” dan beberapa pertanyaan lainnya, saya sudah mencoba mencarinya di google namun usaha saya masih belum berhasil. Oleh karena itu melalui tulisan ini, saya ingin membahas mengenai bagaimana mengurus izin lingkungan yang sebenarnya cukup mudah.

Izin Lingkungan ( SPPL )
1.      Dimana mengurus Izin Lingkungan ?
Mengurusnya di Badan Lingkungan Hidup (BLH)

2.      Berapa biaya mengurus izin lingkungan ?
Biaya GRATIS, hanya dibutuhkan 2 materai Rp 6.000 dan fotokopi rangkap 6.

3.      Apa saja Dokumen yang dibutuhkan ?
-          Fotocopi SKTBL (1x)
-          Fotocopi Sertifikat Tanah (1x)
-          Fotocopi KTP (1x)
-          Mengisi Formulir UPL – UKL (didapat dari BLH) 

4.      Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengurus izin Lingkungan ?
-          Luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) > 20% Luas Tanah
-          Rasio Bangunan < 50% Luas Tanah

5.      Berapa lama proses kepengurusan Izin Lingkungan (SPPL) ?
-          Saya menunggu sekitar 3 hari kerja

6.      Apa perbedaan dokumen UPL - UKL dan dokumen AMDAL ?
-     Sejauh yang saya ketahui, untuk UPL – UKL dengan kepengurusan yang cukup mudah apabila luas tanah kurang dari 10.000 m2, sedangkan untuk AMDAL dengan kepengurusan yang cukup panjang apabila luas tanah lebih dari 10.000 m2

Formulir UPL – UKL memang cukup memakan waktu dalam mengisinya karena formulirnya dapat terbilang banyak dan diisi manual menggunakan bullpen, namun hanya dalam waktu 3 hari, izin lingkungan kos Blue Pacific sudah disetujui oleh kepala Badan Lingkungan Hidup.
Saya bersyukur setelah mendapatkan izin lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup, kemudian tahapan berikutnya, saya harus mengurus mutasi SPPT PBB supaya wajib pajak menjadi nama saya sendiri bukan nama pemilik lama.

Saya mulai mencari tahu kembali bagaimana cara mengurus Mutasi SPPT PBB. Masih seperti pengalaman sebelumnya bahwa cukup sulit mencari tahu informasinya melalui google, sehingga saya ingin menceritakan pengalaman pribadi dalam mengurus mutasi SPPT PBB yang juga terbilang cukup mudah.

Mutasi SPPT PBB
1.      Dimana mengurus Mutasi SPPT PBB ?
Mengurusnya di Dinas Pendapatan Daerah

2.      Berapa biaya mengurus Mutasi SPPT PBB?
Biayanya GRATIS.

3.      Apa saja Dokumen yang dibutuhkan ?
-          SPPT PBB Terbaru (Asli)
-          Surat kuasa bagi yang dikuasakan
-          Mengisi formulir SPOP & LSOP
-          Fotokopi KTP / SIM
-          Fotokopi Sertifikat tanah
-          Lunas PBB selama 9 tahun terakhir
-          Fotocopi SPPT tetangga terdekat ( jika persil sudah tergambar, tidak perlu)
-          Fotocopi SSP & SSPD BPHTB ( saya tambahkan sendiri )

4.      Berapa lama proses kepengurusan Mutasi SPPT PBB ?
Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 hari, setelah SPPT PBB selesai, kita akan ditelfon / SMS oleh petugas dari Dinas Pendapatan Daerah.

Menurut saya dokumen perizinan sangat diperlukan untuk diurus supaya kita sebagai warga negara Indonesia memiliki kepastian hukum dan payung hukum, sehingga ketika usaha yang kita rintis dari awal sudah berjalan, maka usaha bisa terus berkembang dengan tenang dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

Sekian tulisan dari saya dan semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengurus izin lingkungan dan mutasi SPPT PBB.

Comments

Belum tau pentingnya dokumen AMDAL? Kamu harus tau apa itu dokumen AMDAL
Artikel yang sangat bagus

Apakah anda sedang mencari tahu cara memilih lembaga jasa konsultan amdal terpercaya? Jika iya silahkan kunjungi http://jasakonsultanamdal.com untuk ciri lembaga jasa konsultan amdal terpercaya.
Apakah anda ingin tahu apa itu dokumen ukl upl? Jika iya anda bisa mengunjungi http://jasakonsultanamdal.com untuk informasi lebih lanjut.

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic