Thursday, January 12, 2017

Libur Akhir Tahun Bersama Keluarga


Libur akhir tahun 2016 ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal Pertama, karena tahun ini saya berwirausaha di Jogja sehingga saya bisa lebih dekat dengan keluarga dan memiliki lebih banyak waktu. Saya merasa nyaman dengan situasi saat ini sehingga saya tidak perlu lagi cemas karena sebelumnya saya harus menghitung hari di waktu liburan yang terbatas.

Pada saat saya masih bekerja si bidang oil and gas, waktu libur saya hanya 5 minggu di rumah dan masih harus dipotong waktu untuk pembuatan visa serta persiapan dokumen lainnya, sehingga otomatis waktu efektif hanya sekitar 30 hari saja untuk bisa bersama keluarga. Sejak tahun 2013, 2014, dan 2015, saya beruntung dapat diberikan kesempatan untuk merayakan natal dan tahun baru di rumah, namun waktu yang ada tetap terasa singkat, sedangkan di tahun 2016 ini, saya lebih bisa menikmati waktu bersama keluarga tanpa mencemaskan waktu untuk segera berangkat kembali bekerja di laut.

Hal kedua tahun ini terasa berbeda, karena saya bisa mempunyai pengalaman untuk menyetir mobil dari Jogja ke Jakarta, begitu pula sebaliknya dari Jakarta menuju Jogja. Saya sudah membeli mobil sejak tahun 2015, namun mobil jarang sekali terpakai apalagi untuk perjalanan jarak jauh. Bisa dibayangkan sebelumnya ketika 5 minggu saya bekerja di laut, mobil tidak terpakai sama sekali dan apabila sebelumnya saya menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil, maka akan sangat menyita waktu, sehingga dulu saya belum berani membawa mobil untuk perjalanan jauh. Tahun 2016 ini saya dibantu oleh kakak dalam menyusuri jalan darat menuju kota Jakarta, ternyata untuk medan perjalanannya tidak sesulit seperti yang saya bayangkan.

Perjalanan di Alas Roban sudah dibuat jalan baru yang hanya berupa jalan lurus tanpa kondisi teraain yang curam, kemudian setelah perjalanan sampai Brebes, kondisi jalan bahkan lebih mudah lagi karena kita tinggal masuk ke pintu tol dan perjalanan menjadi nyaman bebas hambatan sampai di kota Tangerang. Waktu total perjalanan Jogja - Jakarta kami tempuh kurang lebih sekitar 12 Jam dengan catatan makan 2 kali dan beberapa kali beristirahat di SPBU.

Selama liburan di kampung halaman, kami memanfaatkan waktu dengan se-efektif mungkin. Saya dan istri kebetulan berasal dari daerah yang sama di Kota Tangerang, namun karena kami sudah merasa nyaman dengan Yogyakarta, sehingga kami memantapkan diri untuk berdomisili dan berbisnis di Yogyakarta. Liburan selama 2 minggu kami manfaatkan dengan mengunjungi keluarga besar kami di Tangerang, tidak lupa mengunjungi beberapa keluarga yang ada di kota Jakarta. Bahkan kami juga menyempatkan untuk mengunjungi mal mal baru yang sedang nge-hits di kota Tangerang yaitu AEON Mall, pemandangan taman di depan mall yang berwarna warni sangatlah cantik dan romantis, sehingga sangat direkomendasikan sebagai tempat yang wajib dikunjungi.

Tanpa terasa waktu 2 minggu sudah berlalu di Tangerang dan kami harus pulang kembali ke Kota Yogyakarta, kembali lagi berjuang untuk membangun pondasi pondasi wirausaha dan membangun relasi untuk memantapkan usaha. Semoga kehidupan keluarga kami selalu dilancarkan dan selalu diberikan perlindungan untuk menatap masa depan keluarga yang lebih baik.

Salam,
Denni Pascasakti
12 Januari 2017

No comments: