Wednesday, September 21, 2016

Modus Penipuan Iklan Properti di OLX


Saya ingin menceritakan kembali pengalaman pribadi saya mengenai modus penipuan baru Iklan Properti di OLX, Semoga semakin banyak pembaca yang mengetahui modus baru penipuan pada iklan properti secara online ini, sehingga pembaca tidak tertipu di kemudian hari.

Berikut ini kronologisnya :
Pada tanggal 24 Agustus 2016, saya membuat Iklan Properti di OLX mengenai rumah pribadi saya yang  akan disewakan di komplek Candi Indah, Yogyakarta.
Lalu 1 bulan kemudian pada tanggal 21 September 2016 pukul 08:12 WIB, Ada orang menelfon atas nama Akmal dengan nomor HP : 085340093131 yang mengaku bekerja di salah satu perusahaan BUMN besar di Jakarta dan Akmal berminat mengontrak rumah untuk 2 tahun karena ingin mengerjakan proyek besar di Yogyakarta. Akmal menanyakan kepada saya, “Bisa tolong saya di SMS ancer ancer rumah? Karena Istri saya di Jogja langsung mau melihat ke lokasi.”.Karena saya berfikir positif, saya membalas melalui SMS untuk ancer ancer rumah saya yang dikontrakkan di Candi Indah.
Lalu pada siang hari di hari yang sama tanggal 21 September 2016 pukul 10:57 WIB, Ada orang lain yaitu ibu Sinta yang menelfon dan melaporkan ke saya bahwa Iklan Rumah saya diduplikasi oleh orang lain di Iklan OLX, dan Rumah saya tiba tiba iklannya berubah dari DIKONTRAKKAN menjadi DIJUAL, lalu nomor telf/HP nya berubah menjadi nomor telf Akmal tetapi tetap menggunakan Akun Palsu OLX atas nama saya.
Jadi sebelumnya Ibu Sinta diiming-imingi Rumah dijual dengan harga sangat murah oleh Akmal, dan dipaksa oleh Akmal untuk segera membayar DP ke Akmal sebelum rumah terjual ke pihak lain, Namun Ibu Sinta tetap mendatangi ke lokasi dan memeriksa ternyata Nomor HP di Spanduk depan rumah BERBEDA dengan nomor HP Akmal pemilik Akun Palsu ini. Oleh karena alasan tersebut Ibu Sinta langsung melaporkan kepada saya.

Action dari saya :
Saya langsung melaporkan akun palsu "Akmal" ke pihak OLX supaya segera ditutup dan diblokir. Saat ini Iklan Properti Palsu dan Akun palsu yang menggunakan nama palsu saya sudah diblokir oleh pihak OLX. Selain itu saya menceritakan pengalaman saya di media social dan saya laporkan kejadian ini kepada kepolisian divisi cyber crime.
Oleh karena belum pas rasanya kalau saya tidak memperingatkan langsung ke Akmal sang penipu ini,Saya langsung SMS kepada Akmal berisi , “Akmal, Tolong Iklan Properti Palsu di OLX yang memakai property saya dan memakai nama palsu saya segera DIHAPUS, karena saya akan segera melaporkan kepada Polisi dan mensharekan di Media Sosial.” dan sesaat kemudian Akmal menjawab SMS saya, "Maaf pak saya Khilaf dan saya tobat."

Modus Penipuan Properti Akmal mudah di tebak :
Akmal mencoba menawarkan rumah Baru dan Bagus namun dengan harga sangat murah melalui iklan OLX. Uang DP dari  calon Pembeli rumah akan Akmal serahkan kepada Pemilik rumah sebagai Uang Sewa selama 2 Tahun. Setelah pembayaran, Akmal menerima kunci rumah dan menyerahkan kunci tersebut kepada calon pembeli rumah. Akmal pun selain meminta uang DP, dia tetap meminta cicilan setiap bulan-nya kepada calon pembeli rumah.
Setelah 2 tahun, Akmal sudah hilang tanpa jejak dan membawa uang sisa DP rumah termasuk cicilan bulanannya langsung ke kantong pribadi Akmal..

(****)
Saat ini semakin banyak iklan iklan properti palsu yang dibuat oleh akun palsu dan orang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu sebagai pihak pembeli dan penjual sudah SEHARUSNYA semakin teliti dan jangan mau terburu buru karena diiming imingi harga murah. Jangan lupa juga untuk selalu meneliti Legalitas dan bertemu dengan pemilik langsung di lokasi.
Semoga sharing modus penipuan baru ini bisa semakin dibaca oleh banyak pembaca, sehingga harapan-nya kita semakin teliti dan tidak tertipu lagi oleh orang orang seperti Akmal yang penipu dan tidak bertanggung jawab ini.

Salam,
Denni Pascasakti

No comments: