Skip to main content

Adventure in Pindul Cave and Oyo River, Yogyakarta





Apakah anda memiliki rencana liburan ke Yogyakarta namun sedikit bosan dengan tempat wisata Kaliurang dan Parangtritis? Apakah anda menginginkan suasana berbeda seperti eksplorasi gua bawah tanah dengan panorama yang menajubkan dan petualangan menyusuri sungai ber-arus kencang sejauh 2 km dengan hanya menggunakan ban mobil?

Jika anda menjawab YA dari kedua pertanyaan diatas, maka rekomendasi dari saya, anda harus mengunjungi Tempat Wisata GUA PINDUL dan SUNGAI OYO yang terletak sekitar 7 km dari Kota Wonosari atau 37 km dari kota Yogyakarta.

Dimanakah Gua Pindul dan Sungai Oyo ?

a. Menggunakan Motor / Mobil =
Rute Normal : melewati jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

Rute Alternatif: melewati jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba – Desa Wisata Bobung (kerajina topeng) – Sambipitu – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

b. Menggunakan Bus =
Dari Janti ( Yogyakarta ) naik bus Jogja – Wonosari, turun di kota Wonosari. Kemudian tinggal cari Ojek yang bersedia mengantarkan sampai ke Gua Pindul. ( hanya 7 kilometer dari Kota Wonosari ke Gua Pindul )

c. Menggunakan GPS =
Koordinat : 7 55’50.4” S ; 110 38’58” E
Desa Bejiharjo , Karangmojo.

Cerita dibalik keindahan Gua Pindul dan Sungai Oyo :

a. Eksplorasi Gua Pindul :






Tiket untuk masuk ke Gua pindul seharga 25.000/orang, harga tersebut sudah termasuk fasilitas seperti pemandu, jaket pelampung, sepatu karet, ban.
Tim kami berjumlah 10 orang, sebelum memasuki gua kami diwajibkan untuk brifing awal, berdoa dan mengecek kelengkapan masing masing.

TIPS : Terdapat 1 peralatan yang kurang disediakan yaitu HELM Safety. Pemandu memang sudah memastikan bahwa didalam gua sangat aman, namun menurut saya, sangatlah berbahaya memasuki gua yang dipenuhi batu stalaktit tanpa Helm.


Di dalam gua, kami duduk diatas ban dan memakai jaket pelampung. Sang pemandu menjelaskan arti dan makna dari setiap stalaktit yang sebenarnya menurut saya seperti dongeng dan membuat tertidur..:)

Pemandangan didalam gua sangatlah menajubkan, terdapat beberapa kelelawar dan stalaktit dengan berbagai bentuk. Gua dari sejak awal masuk dipenuhi dengan cahaya, namun lama kelamaan menjadi gelap gulita tanpa cahaya sedikitpun.

Diakhir gua terdapat tempat loncat setinggi 3 meter dan kita bisa berfoto sambil meloncat indah dengan berbagai macam gaya. Cheesee....

b. Rafting di Sungai Oyo =





Tiket untuk rafting di Sungai Oyo seharga 35.000/orang, Setelah selesai berwisata di gua pindul,untuk menuju sungai Oyo, kami harus berjalan disepanjang selokan irigasi dan melewati tengah tengah sawah sekiar 15 menit. Setelah itu anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah menajubkan dibandingkan gua pindul.

Disana saya melihat sungai dengan aliran cukup deras dan disepanjang kiri kanan dari sungai oyo terdapat relief dengan bentuk yang sangat unik. Tanpa basa basi kami segera dduk diatas ban pelampung kemudian meluncurrr merasakan kuatnya dorongan arus di Sungai oyo.

TIPS : Ketika musim kemarau, Rafting di sungai oyo hanya bisa dilewati sejauh 2 kilometer. Namun jika anda datang ketika musim penghujan dan air sungai sedang pasang, maka anda bisa menikmati rute sungai Oyo sejauh 4 km.


Di tengah-tengah rute sungai , kami melihat tangga menuju bukit. Ya, Bagi anda yang cukup memiliki nyali tinggi, anda bisa mencoba tantangan untuk meloncat dari tebing setiggi 9 meter dan langsung terjun ke air sungai dengan kedalaman 10 meter. Memang perasaan ketika meloncat untuk pertama kalinya sangatlah menyeramkan, namun setelah itu, dijamin Ketagihan deh..hehe

Diakhir rute sungai oyo, ada warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Setelah kami makan nasi kucing, berbagai gorengan dan pastinya kopi hangat, kendaraan pickup pun datang untuk menjemput kami pulang menuju areal awal kami datang pertama kali.

(****)

Wisata gua pindul dan Sungai Oyo sangatlah recomended buat dicoba. Buat saya sendiri yang mencintai wisata alam dan backpacker,sebenarnya sangat banyak tempat wisata yang menajubkan di Indonesia namun sayangnya belum terpublish dan kurang mendapat dukungan dari pemerintah. Bahkan ketika saya mencoba searching di Google mengenai gua pindul, ternyata semua fasilitas yang ada di gua pindul merupakan hasil dari swadaya dan patungan dari masyarakat desa tanpa adanya dana bantuan dari pemerintah.

Semoga dengan tulisan ini bisa sedikit membantu publikasi tempat tempat wisata yang sangat indah di Indonesia dan patut dicoba..

Best Regards
Denni pascasakti

Yogyakarta, 15 Januari ; pk 22:10
www.dennipasca.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic