Skip to main content

Perjalanan Sebuah Catatan DInding

( Mungkin Buat temen temen gardep yang mau baca cerita lengkapnya ada di Bucur 34)

Ya.. saya akan menceritakan kembali perjalanan hidup saya menjadi gardep di PT Aseli Dagadu DJogja.. Bulan Bulan awal sangatlah berat buatku,, karena aq yang belum pernah punya pengalaman sama sekali dalam dunia part time..Tapi saya dituntut harus bisa menjual kaos dengan pelayanan sebaik mungkin... Pada awal awal.. saya hanyalah seorang gardep bodoh yang lambat dan tidak bisa apa apa.. Pernah suatu ketika, pada saat saya sedang sift pagi, ada gardep angkatan senior yang sedang menceritakan tentang diri saya dan berkata ," Deni itu gede badannya doang.. tapi sama sekali gag punya otak,, gag berguna." saya yang mendengar hal itu secara langsung sedih.. aq pingin sekali bisa memberikan yang terbaik.. tapi kenapa...kenapa kinerja saya selalu saja buruk...
Selama kurang lebih 2 bulan pertama.. hampir semua orang memandang ku sebagai orang yang kurang cak cek,, lambat di gerai,, banyak bercanda..apalagi ditambah saya masuk dalam daftar "blacklist" angkatan atas.. Jadi setiap kali saya ke gerai, pasti selalu saja ada tatapan curiga terhadap diri saya.. banyak yang menjauhi, malah pernah juga ada yang bilang, " Duh.. kenapa aq malah satu sift sama kamu to..??",,saya seolah olah gag pernah ada.. hanyalah gardep bayangan.. waktu ini semangatku buat melanjutkan gardep juga sudah mulai hilang.. Tetapi itu semua masih belum sebodoh hal yang kulakukan berikutnya di bulan ke 3 ini... Yaitu saya MANGKIR.... ya .. saya telah melakukan kesalahan terbesar dalam dunia gardep .. apalagi yang paling membuat parah.. di angkatan 34.. sayalah orang "pertama" yang mangkir.. jadi selama 2 bulan pertama itu , angkatan 34 masih "bersih" dari yang namanya makir.. tapi aqlah orangnya.. yang sudah membuat aib untuk pertama kalinya buat angkatan 34.
Pada saat itu adalah saat saat terberat yang pernah saya alami.. karena pertama saya harus membersihkan gudang yang sangat kotor dan panas, kedua saya harus merekap dan menulis ulang stok gudang yang sangat banyak, ketiga saya harus melihat ekspresi kekecewaan di teman angkatan saya sendiri 34, keempat saya harus mendengar komentar komentar yang kurang baik dari angkatan atas,, kelima pada saat shift 4an bareng OT saya dijadikan sebagai contoh gardep yang tidak baik.. keenam pada saat internalan SPV.. lagi lagi saya menjadi contoh yang tidak baik sebagai gardep.. dan disebut sebagai GOM alias Gardep Of Mangkir... Jujur saya Emosi,, saya marah,, tapi gag ada 1 orangpun yang mendukung aq pada saat itu... Yak. jujur saat itulah saat saat terberat dalam hidupku...
Dan suatu hari pada saat saya ngesift pagi.. saya melihat foto bodoh saya dalam WORST WANTED yang kira kira sudah dipajang selama 3 mingguan... saya malu sekali.. karena itu saya melewati jejeran foto foto best.. mulai dari best cheers sampai dengan GOM.. waktu itu GOM masih dipegang oleh mbak Septi.. saya memandangi foto itu.. dan dalam hati saya berbisik.." Tuhan , Saya berjanji Tuhan.. Bahwa suatu saat nanti,, sebelum masa kontrak saya berakhir saya harus bisa berada dalam posisi ini.. ya.. dalam posisi sebagai GOM..." saya kemudian mengepalkan kedua tangan saya.. dan kemusian berlalu ke belakang...
Tepat pada tanggal 1 April 2009, saya membuat sebuah catatan dinding yang bertuliskan:
Kata mutiara :
- Kesuksesan adalah memanfaatkan waktu yang disia siakan oleh orang lain
- Seorang pemenang adalah orang yang sudah menyelesaikan setengah pekerjaannya, ketika orang lain sedang terlelap

Denni Pascasakti : Best Improvement Bln April dan GOM Bulan Mei...( denni, Kamu PASTI BISA !! )


Itulah kutipan catatan dindingku yang seumur hidup gag akan pernah saya lupakan.. catatan dinding itu setelah saya selesai menulisnya saya tempel di deket tempat tidur saya,, sehingga setiap kali akan tidur maupun bangun tidur , saya selalu membacanya terlebih dahulu dan mengingatnya... OPada saat di geraipun saya bekerja 2x lipat dari yang biasannya.. bahkan terkadang sampai merasa lelah sekali..
Dan ternyata keajaiban demi keajaiban terjadi.. Pada tanggal 5 Mei 2009.. Saya berhasil mendapat "Best Improvement"./// dan pada tanggal 12 Juni 2009... saya berhasil melengkapi keseluruhan catatan dinding saya menjadi kenyataan... ya betul !!... saya terpilih Menjadi Gardep Of The Month alias GOM...
Saya kemudian langsung pergi ke gereja.. duduk paling depan dan berlutut.. saya berdoa" Tuhan,, Terima kasih.. karena Engkau telah mengabulkan doa saya.." Kemudian saya menangis.. ya.. saya menangis bahagia dan tidak mempercayai keajaiban ini...
Pada saat itu ada teman saya yang berkata bahwa " Den,, Gag semua dari impian kita bisa kita wujudkan menjadi kenyataan.." Dan saya baru menyadarinnya bahwa pernyataan itu salah!!!.. yang benar adalah.." Setiap manusia mempunyai kesempatan untuk mewujudkan impiannya menjadi kenyataan,, asalkan ia harus sabar,, Percaya,, Bekerja keras,, dan tidak berkecil hati pada saat mengalami kegagalan...
Terimakasih Buat semua,,karena saya bukanlah apa apa Tanpa kehadiran kalian,,


Salam Hangat,
Denni Pascasakti

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic