Skip to main content

The Power of Giving


Pada suatu hari yang sangat terik.. aq ingin pergi mencari makan siang, dan ketika kulihat jam tanganku, waktu menunjukkan pukul 15.10.. oh.. lapar sekali aq hari ini... karena itu kuputuskan untuk mencari makanan padang yang nasinya bisa ambil sendiri.. dan dengan segera aq naik motor untuk menuju ke masakan padang daerah gejayan..Sesampainya disana aq langsung memesan nasi yang sangat banyak dan lauk yang cukup banyak juga.. mungkin pada saat itu aq hanya memikirkan perutku sendiri yang kelaparan saja... aq belum menyadari kalau diluar sana masih banyak orang orang yang kelaparan dan sedang mencari sesuap nasi..

Pada saat aq ingin duduk untuk makan, datanglah seorang pengemis yang sedang menggendong anaknya,, ohh.. aq kaget bukan kepalang.. ia kasihan sekali.. tampak lusuh, lapar,, usang,, dikarenakan ia berjemur sepanjang hari untuk mengemis dari satu orang ke orang lain.. sedangkan aq,, hidup dengan sangat mudah, mendapatkan uang dari orangtua, uang dari pekerjaan, bisa makan enak siang ini..Tapi aq tidak pernah bersyukur akan hidup ini... Ternyata memang benar, Jika ingin mensyukuri hidup ini, maka kita harus melihat orang yang berada di bawah kita.. bukan orang yang berada di atas.. Karena ketika kita selalu melihat ke atas, maka kita tidak akan pernah mensyukuri hidup yang sangat indah dan sudah diberikan oleh Tuhan kepada Kita...

Kulihat pengemis itu bukan datang ke warung padang ini untuk mengemis, ternyata pengemis itu datang untuk menukarkan uang receh yang ia dapatkan selama mengemis hari ini dari pagi sampai sore ini... dan.. WoW... Tidak kusangka cukup banyak juga uang receh yang ia dapatkan.. Ketika dihitung.. aq terus memperhatikannya sambil memegang sendok kosong di tangan kananku, dan ternyata ia mendapatkan Rp 50.000.. bayangkan.. jika dalam pecahan 100 rupiah.. maka ia membawa 500 koin uang 100 Rupiah...!! Mungkin pada saat itu, ada orang lain yang berkata.. “Dasar Pengemis , Hanya dengan berpura pura mengemis, Ia bisa mendapatkan 50.000 dalam sehari.. maka dalam sebulan ia mendapatkan Rp 1.500.000,, Mudah sekali pekerjaannya..” Tapi waktu itu yang ada di pikiranku berbeda, bukan hal itu.. melainkan..”Ternyata masih banyak orang di dunia ini yang masih memperhatikan kehidupan para pengemis dengan memberikan sedekahnya... Dan Pengemis itu, memang pantas mendapatkan uang 50.000 sesuai dengan kerja keras yang ia berikan.. bayangkan menggendong anaknnya dari pagi sampai sore,, ditengah terik dan debu yang sangat menyakitkan... ya.. karena pengemis itu memang pantas mendapatkan lebih..”

Dari peristiwa itu aq mulai teringat kembali akan kata kata bijak yang memang seharusnnya saya camkan dalam diri saya yaitu, “Orang yang bijak itu, Lebih banyak memberi, Bukan Banyak menerima.” Mungkin jika semua orang bisa saling memberi.. maka secara tidak langsung,, kita sudah membantu jutaan orang yang masih hidup dibawah garis kemiskinan... dan kita bisa paling tidak memberikan mereka makan pada hari ini...

Terima kasih Tuhan, Karena engkau sudah memberi hidup kepada saya sang sangat berkecukupan ini,, semoga saya bisa lebih banyak memberi,,karena dengan memberi,, maka saya bisa mensyukuri arti hidup ini...

Salam Hangat,

Denni Pascasakti

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic