Skip to main content

PT Freeport Indonesia


Gambar disamping adalah suasana wilYAH pertambangan PT Freeport di Papua.. Image tersebut saya crop secara langsung pada www. wikimapia.com,, image tersebuat adalah suasana real dan nyata pertambangan disana.. padahal foto tersebut diambil wikimapia.com kirA KIra sekitar 3 tahun yang lalu.. lalu bagaimanakah kondisinya sekarang???
Yang pasti lebih parah dan mengenaskan..
Saya terkadang tidak mengerti.. mengapa pemerintah indonesia masih saja menjual aset aset negara yang sangat berharga ke tangan korporasi asing...
Mengapa bangsa kita masih saja terjajah dan belum merdeka..Tapi kita tetap tidak dapat berbuat apa2x..

Beberapa Kenyataan tentang PT Freeport yang harus diketahui :
1. PT Freeport sudah terikat kontrak dengan pemerintahan Indonesia dalam mendirikan perusahaan pertambangan sampai dengan 2041.
2. SIstim bagi royalti dengan pemerintah indonesia adalah 1-3,5% intuk tembaga dan 1% untuk emas dan perak.. dan sistem perhitungannya menggunakan keuntungan bersih..
nb: Di Afsel.. Sistim bagi royalti seharusnya berkisar antara 5% - 15 %.itupun keuntungan kotor. indonesia merupakan sistem bagi hasil yang termurah
3. Angkatan darat Amerika dan CIA berusaha mendekati Angkatan darat Indonesia melalui PT Freeport dngan selalu memperbaharui sistem persenjataan dan alat transportasi perang di Papua, sehingga kekuatan militer indonesia sepertinnya lebih berpihak kepada PT Freeport
4. Indonesia tidak mempunyai catatan yang pasti seberapa besar volume bahan tambang yang diambil oleh PT Freeport,, dan ada beberapa catatan yang sangat rahasia yang tidak boleh diketahui oleh pemerintah indonesia.. Secara tidak langsung.. adannya suatu negara di dalam negara.
5. Gunung jaya wijaya semakin lama semakin tergerus habis.. Puncak jaya wijaya yang dulu pernah terdapat salju dan merupakan salah satu keajaiban dunia sekarang tinggallah dongeng belaka..
6.Digusurnya ruang penghidupan suku-suku di pegunungan tengah Papua. Tanah-tanah adat tujuh suku, diantaranya suku Amungme dan Nduga dirampas awal masuknya PT FI dan dihancurkan saat operasi tambang berlangsung.
7.Limbah tailing PT FI telah meniumbun sekitar 110 km2 wilayah estuari tercemar, sedangkan 20 – 40 km bentang sungai Ajkwa beracun dan 133 km2 lahan subur terkubur. Saat periode banjir datang, kawasan-kawasan suburpun tercemar Perubahan arah sungai Ajkwa menyebabkan banjir, kehancuran hutan hujan tropis (21 km2), dan menyebabkan daerah yang semula kering menjadi rawa. Para ibu tak lagi bisa mencari siput di sekitar sungai yang merupakan sumber protein bagi keluarga. Gangguan kesehatan juga terjadi akibat masuknya orang luar ke Papua
8.Timika, kota tambang PT FI , adalah kota dengan penderita HIV AIDS tertinggi di Indonesi

Dari cerita cerita diatas penulis jadi berfikir... Banyak warga di papua yang menjerit jerit karena kelaparan.. tapi buat pejabat pejabat di jakarta yang merupakan pengambil keputusan hanya dianggap sebagai angin lalu..
Penulis merupakan mahasiswa dari teknik geodesi yang sudah hampir lulus.. dahulu penulis ingin sekali bekerja di PT Freeport dengan gaji Fresh Graduate 10juta/ bulan.. tapi dengan keadaan yang sebenarnya.. penulis jadi mengurungkan niatnnya untuk bekerja di PT Freeport.. karena sama saja dengan bekerja sama dengan pihak asing ntuk menjajah indonesia...

Hidup adalah pilihan.. walaupun tindakan kita mungkin tidak akan berpengaruh pada PT freeport.. tapi penulis hanya ingin lebih mendukung indonesia.. untuk lebih bisa membangun bangsa Indonesia dan lepas dari pihak asing..

SAlam hangat
Denni Pascasakti

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic