Skip to main content

1 Hari Perpanjangan BOSIET (FOET)



Saya pernah mengambil BOSIET pertama kali di SMTC Singapura pada tahun 2011, Kemudian pada tahun 2015 saya mengambil BOSIET di Samson Tiara Cilegon. Oleh karena berbeda provider, pada waktu itu saya harus kembali mengambil paket lengkap BOSIET selama 3 hari.

Tanpa terasa waktu 4 tahun sudah hampir berlalu di tahun 2019, saya ingin mengambil paket perpanjangan BOSIET yang hanya 1 hari training saja, jadi tidak perlu kembali mengambil 3 hari training supaya tidak wasting time. Bagi pembaca yang bertanya tanya bagaimana mengambil paket perpanjangan BOSIET yang hanya 1 hari?

Saya mempersingkatnya dalam bentuk pertanyaan dibawah ini.
1.      Apa syarat untuk 1 hari perpanjangan BOSIET?
-          Belum habis untuk masa berlaku Sertifikat BOSIET sebelumnya
-          Mengambil di provider yang sama
-          Melampirkan MCU terbaru ke provider

2.      Berapa biaya perpanjangan BOSIET ?
Biaya cukup terjangkau hanya 5,5 juta. Untuk menghindari kesalahan dalam pembayaran, saya melakukannya secara langsung di lokasi training. Bisa menggunakan cash maupun transfer dan sangat efektif.

3.      Berapa hari waktu pelatihan dan dari jam berapa sampai jam berapa?
Perpanjangan BOSIET dilakukan hanya dalam 1 hari. Training dimulai pada pukul 08:00 pagi sampai dengan 15:30 sore.

4.      Apakah bisa penjemputan dari Jakarta?
Bisa. Saya dijemput di halaman parkir Hotel Atlet Century pada pukul 06:00 pagi, kemudian perjalanan selama 2 jam dan sampai di Samson Tiara pukul 08:00 pagi. Kemudian setelah selesai training pada pukul 15:30, kita akan diantar kembali menuju Hotel Atlet Century dan sampai pukul 18:00 sore.

5.      Dimana alamat Samson Tiara Cilegon ?
Samson Tiara - Cilegon
Kawasan Krakatau Industrial Estate (KIEC)
Jl. Australia II Kav. O no.1/2, Cilegon, Banten, Indonesia
Tel: +62254311676 ; Fax: +62254311675

6.      Apa saja yang dipelajari selama perpanjangan BOSIET?
Pukul 08:00 pagi dilakukan training di dalam kelas untuk membahas First Aid dan CPR, kemudian coffee break dan melakukan practical untuk fire fighting dan berjalan di dalam confined space.
Siang harinya ada makan siang di Hotel Krakatau, kemudian setelah itu adalah pelatihan di kolam renang untuk sea survival dan HUET. Hal yang saya senang untuk perpanjangan BOSIET adalah latihan di dalam helicopter hanya 3 kali saja. Sedangkan untuk program 3 hari harus mencobanya selama 6 kali.

7.      Berapa hari sertifikat selesai dan dimana mengambilnya untuk Personal?
Sertifikat selesai pada 1 hari berikutnya setelah jam makan siang, Namun sertifikat harus diambil di kantor Samson Tiara Jakarta yang beralamat di :
Kawasan Komersial Cilandak
The Garden Center #6-03 Jl. Raya Cilandak KKO
Jakarta 12560 - Indonesia
 Phone: +62217801388
 Email: office@survival-systems.com
 Email: marketing@survival-systems.com

8.      Berapa lama masa berlaku BOSIET?
Masa berlaku untuk 4 tahun, dan untuk perpanjangan harus dilakukan sebelum masa berlaku habis.

Training di Samson Tiara sangat professional dan nyaman, tenaga pengajarnya juga sangat pengalaman dan baik. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang akan melakukan perpanjangan BOSIET di Samson Tiara.

Salam, Di Laut kita Jaya !



Comments

Ananda said…
Maaf mau tanya Pak Denni, utk perpanjangan BOSIET di Samson Tiara ini, course yg diambil namanya 'FOET' ya? Tapi untuk sertifikat & card nya nanti tetap BOSIET? Terimakasih.

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic