Skip to main content

10 Tips Lolos Tes Medical Check Up


Sepanjang perjalanan saya bekerja di offshore sejak tahun 2010 lalu, saya sudah banyak melihat teman teman saya yang gagal ketika sudah memasuki ke tahap medical check up. Pengalaman pertama ketika saya menjalani proses seleksi di salah satu tambang batu bara terkenal di Indonesia, saya memiliki seorang teman dari universitas terkenal di Bandung, kami berjuang bersama sama dari sejak tahap awal tes IQ, wawancara, tes diskusi sampai dengan wawancara dengan direksi di Jakarta. Tahap selanjutnya, kami bersama sama sudah memasuki seleksi akhir yaitu medical check up, namun sayang sekali langkah dia justru harus berakhir di tes kesehatan ini karena salah satu tingkat gula darah-nya yang tinggi.

Pengalaman kedua, saya pernah mengikuti tahap seleksi perusahaan migas, kemudian saya memiliki teman dari universitas terkenal di Yogyakarta yang sudah lulus segala macam tes dari administrasi, wawancara, bahkan kami sudah selesai mengikuti training selama beberapa hari di Jakarta, namun lagi lagi sangat disayangkan karena langkah dia harus tersandung di medical check up hanya karena masalah kolesterol tinggi.

Oleh karena beberapa pengalaman gagal medical check up teman saya yang sudah dijelaskan sebelumnya, saya ingin sekali sharing beberapa tips supaya anda bisa lolos dari seleksi Medical Check Up. Apalagi jika anda sudah bekerja di perusahaan minyak dan gas, maka dapat dipastikan bahwa anda harus melakukan annual medical check up, atau sesuai standar OGUK / UKOAA maka setiap dua tahun sekali anda harus melakukan medical check up dan mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk Fit To Work.

10 Tips untuk Lolos Tes Medical Check Up
  1. Olahraga secara teratur selama minimal 20 – 30 menit dalam sehari, persiapkan diri sejak dua minggu sebelumnya
  2. Jaga makanan yang dikonsumsi, kontrol tingkat karbohidrat dan lemak. Perbanyak makan sayur sayuran dan buah buahan.
  3. Sebelum medical check up anda harus puasa 10-12 jam sebelumnya.
  4. Sebelum medical check up, istirahat minimal 8 jam (jangan begadang)
  5. Sebelum medical check up, jangan minum obat obatan.
  6. Sebelum medical check up, jangan melakukan aktifitas berat yang berlebihan.
  7. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari.
  8. Kelola stress dan jaga pikiran supaya badan tetap sehat.
  9. Kurangi merokok dan jangan minum minuman berakohol.
  10. Minum susu Beruang 1 hari sebelum medical check up.
Sebelumnya saya juga banyak berdiskusi juga dengan tenaga medis yang pernah bekerja di bagian medical check up, Pada intinya bahwa faktor faktor penting yang harus diperhatikan di dalam medical check up adalah tingkat kolesterol, trigliserida, gula darah, dan ECG. Apabila hasil dari factor terpenting diatas tersebut ada yang melewati kadar normal, maka besar kemungkinannya anda akan gagal di dalam medical check up.

Semoga artikel ini banyak membantu para pencari kerja yang akan berjuang melewati tahapan medical check up, sehingga semoga setelah mengetahui tips tips yang sudah dijelaskan, anda bisa lolos tahapan seleksi medical check up untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.


Semangat berjuang dan Good luck.:)


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic