Skip to main content

Pengalaman Menjadi Juri di acara LOGIN 2016


Pada tahun 2016 ini saya diberikan kepercayaan untuk menjadi Juri di acara LOGIN (Innovative Geospatial National) yang diselengarakan oleh teman teman KMTG (Keluarga Mahasiswa Teknik Geodesi).

Sebenarnya saya sudah sering diundang oleh teman teman KMTG dari sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2016, saya tidak bisa hadir menjadi pembicara hanya di tahun 2015 dikarenakan jadwal di tempat saya bekerja tiba tiba berubah, sehingga janji saya untuk menjadi pembicara dengan sangat menyesal harus dibatalkan.

Namun pengalaman di tahun 2016 ini sangatlah spesial, Hal pertama dikarenakan di tahun ini saya mendapat kesempatan sebanyak empat kali untuk berperan di acara kemahasiswaan dan kampus diantaranya acara JEJAK 2016, GEOID 2016, mengisi mata kuliah bpk Andi Arsana, dan acara LOGIN 2016. Biasanya paling banyak hanya satu kali dalam setahun saya bisa hadir di acara KMTG. Hal kedua, dikarenakan saya diberikan kesempatan pertama kali-nya menjadi juri di acara LOGIN 2016. Sebelumnya, saya menjadi juri hanya di acara pertandingan bola basket, namun sekarang sudah berubah menjadi acara formal untuk menentukan pemenang lomba karya ilmiah SIG dari 11 finalis.

Pelaksanaan acara LOGIN 2016
Keseluruhan Juri terdiri dari lima orang, tiga orang juri  ditempatkan untuk finalis mahasiswa, dan ada dua orang juri ditempatkan untuk finalis pelajar SMA. Saya termasuk juri di ajang mahasiswa dan saya cukup terkejut setelah mengetahui juri lainnya sudah bergelar professor dan magister. Namun tidak apa apa, yang penting prinsip saya dalam menghadiri acara apapun harus totalitas dan memberi yang terbaik. J

Pada saat acara berjalan, saya sangat mengapresiasi program aplikasi dan SIG yang telah dibuat oleh ke 11 finalis mahasiswa, menurut saya mahasiswa sekarang memang cerdas cerdas. Ada beberapa karya ilmiah yang saya ingat yaitu system pelaporan kebakaran yang terintegrasi dengan software di android, sehingga jika ada kebakaran, maka pelapor cukup melaporkan melalui HP Android, dan pelapor bisa  menyertakan gambar di lokasi kejadian. Hal terpenting lainnya bahwa laporan diteruskan langsung kepada petugas pemadan kebakaran. Luar biasa kreatif ide nya.

Peserta lainnya memberikan karya untuk lokasi lokasi pariwisata di Yogyakarta yang mudah diakses hanya dalam genggaman HP Android dan menyajikan gambar lokasi, informasi jam buka dan deskripsi secara lengkap.
Ada peserta berikutnya yang memiliki ide kreatif yaitu mencoba memotong jalur distribusi ikan dari nelayan langsung ke pihak pembeli yang dinamakan dengan aplikasi fishshore, hal ini bertujuan supaya harga ikan tidak melambung terlalu tinggi. Kemudian di saat tampilan peserta terakhir yang ke 11, mereka menyajikan data bangunan pariwisata 3D yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa perlu harus datang langsung ke lokasi wisata, sehingga pengguna aplikasi sudah merasa seperti berada di lokasi pariwisata tersebut dengan penampilan secara 3 dimensi dan tampilan interior dalam bangunan yang sangat lengkap. Luar biasa !

Menurut saya,semua karya tulis finalis mahasiswa di acara LOGIN 2016 ini memang sungguh luar biasa, saya sendiri sebagai juri terkadang merasa kesulitan memberi nilai ketika banyak dari antara mereka yang memiliki ide ide kreatif ditambah aplikasi yang sangat baik. Bahkan oleh karena saya baru pertama kali menjadi juri, salah satu hal tersulit adalah menemukan pertanyaan , bisa dibayangkan presentasi yang hanya sekitar 15 menit, kemudian saya harus sudah langsung menemukan pertanyaan yang berkualitas, belum lagi jika pertanyaan yang sudah saya siapkan, ternyata sudah ditanyakan oleh juri lainnya, jadinya saya harus extra kreatif dalam menemukan pertanyaan lainnya. J

(****)
Setelah berakhirnya acara LOGIN 2016, saya mendapat informasi bahwa peserta dengan tampilan 3D mendapatkan juara 1, peserta dengan aplikasi fishshore mendapatkan juara 2, dan peserta dari UGM dengan tampilan pariwisata di Yogyakarta mendapatkan juara 3.

Saya sangat mengapresiasi karya karya mereka yang sangat kreatif, semoga tahapan ide dan aplikasi ini dapat terus dikembangkan menjadi karya yang lebih besar lagi dan bisa dipergunakan oleh seluruh bangsa Indonesia. Sebagai penutup artikel ini, saya juga turut memberikan rasa terima kasih saya kepada KMTG yang telah memberikan banyak kesempatannya kepada saya untuk mendapatkan pengalaman sebagai juri, semoga selalu sukses dan lancar untuk acara acara KMTG ke depannya, dan saya mohon maaf apabila selama acara yang saya pernah isi di kampus, didalamnya ada kesalahan kesalahan saya dalam berbicara.

Salam Sukses !




Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic