Friday, April 04, 2014

Betterlife Fitness Flamboyan Yogyakarta



Liburan kali ini termasuk liburan yang paling banyak menguras energi, pikiran, waktu dan juga menguras kantong J. Padahal kalau dihitung-hitung, cukup lama liburan ini saya tinggal di Jogja yaitu sekitar 5 minggu, namun entah mengapa waktu terasa berjalan begitu cepatnya, sehingga walaupun setiap hari pikiran saya selalu terfokus untuk membangun betterlife Fitness, ternyata tetap saja waktu 5 minggu tersebut belumlah cukup.

Segala perjuangan dimulai pada awal Maret 2014 . Sepulangnya saya dari laut Afrika, saya langsung mengadakan pertemuan dengan Manager kontraktor yang membangun ruko untuk penyerahan kunci. Penantian panjang proses pembangunan ruko sejak Agustus 2013 pada akhirnya bisa selesai dengan tepat waktu. Namun masih ada beberapa hal yang memang perlu diperbaiki salah satunya adalah kebocoran di eternit, kemudian masih ada eternit yang terlihat retak, dan lampu yang tidak menyala. Pokoknya semua hal harus beres ! Satu per satu dari masalah kecil sampai masalah besar saya perhatikan sampai semuanya tuntas.

Setelah ruko sudah siap untuk dipakai, saya kemudian melakukan perjalanan ke Jakarta untuk datang langsung ke lokasi fitness Delta Gym. Barang barang disini termasuk berkualitas dan salah satu alasan saya memilihnya karena reputasi deltagym di internet sudah sangat baik dengan konsumen tersebar dari instansi pemerintahan maupun swasta, serta Deltagym sudah memulai bisnisnya sejak tahun 1999. Saya lantas mengecek satu per satu alat alat fitness yang sudah dipesan dari cat, ketebalan besi, proses pengerjaan, tali beban, accesoris. Menurut pandangan saya memang cukup memuaskan proses pembuatan alat dari deltagym, dan yang menjadi concern saya bahwa mereka juga memiliki layanan purna jual dan semua sparepartnya dibuat langsung dari pabrik yang ada di Jakarta. Sehingga apabila ada beberapa spare part yang rusak, saya masih bisa memesannya langsung dari Jakarta untuk dikirim ke Yogyakarta.

Proses pengiriman alat fitness menuju Yogyakarta ternyata mencapai 63 koli, Banyak juga ya ? dan yang mengejutkan saya bahwa alat mulai dikirim hari senin jam 8 pagi, kemudian sekitar jam 5 sore telf saya berdering. “Hallo pak Denni, saya sudah siap kirim barangnya.” Saya jawab,”Apa maksudnya kirim barang? Bukan-nya sudah dikirim td pagi dari Jakarta?” dan orang ekspedisi itu mengatakan,”Maksud saya saya sudah di Jogja pak Denni dan siap mengantarkannya ke rumah bapak sekarang.”

Hebat juga ya proses pengiriman barangnya cepat sekali. Baru jam 8 pagi dikirim, kemudian  jam 5 sore sudah sampai di Yogyakarta, semua barang yang dikirim lengkap tidak ada kekurangan satu hal apapun. Proses pembungkusannya menggunakan karung dan diikat oleh tali rafia diseluruh permukaan besi alat fitness sehingga tidak ada alat alat yang tergores.

Pemasangan Alat dan Interior
Saya sudah diinformasikan oleh deltagym bahwa sebelum teknisi dikirim, saya harus sudah memasang karet maupun karpet di ruangan fitness. Tanpa berfikir panjang, saya segera menuju LIMAN untuk memesan karpet tebal ukuran 8 x 5 meter. Memang harga karpet sungguh mengejutkan . Mahal euy! Tapi tidak apa apa, karpet kan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Setelah semua alat alat sampai di Yogyakarta dan karpet terpasang, langkah selanjutnya saya meminta deltagym untuk mengirimkan teknisi ke Yogyakarta dengan tujuan merakit semua alat sehingga bisa dipergunakan dengan baik. Teknisinya bernama Pak Ade, beliau menginap 3 hari 2 malam , sehingga saya yang bertanggung jawab untuk menjemputnya di terminal bus Jombor. Pak Ade orangnya sangat ramah dan informatif dalam memberikan tips tips menjalankan bisnis usaha fitness dan banyak menginspirasi saya untuk terus maju.

3 hari sudah terlewati , Pak Ade melakukan tugasnya dengan sangat baik dalam merakit alat alat fitness beserta kuliah singkatnya mengenai,”Bagaimana untuk merawat alat alat fitness.” Sehingga tidak lupa saya titipkan bakpia dan makanan khas Jogja yaitu Gudeg dan mie jawa yang sangat disukai oleh Pak Ade. Semoga kapan kapan di lain waktu pak Ade bisa kembali ke Jogja dan banyak memberikan masukan kembali ke saya.

(****)

Masalah ternyata timbul pada saat hujan deras datang, Tangga menuju ke lantai 2 masih terkena hujan yang datang dari arah selatan, sehingga ada pekerjaan tambahan bagi saya untuk memasang kanopi yang lebih panjang untuk mengurangi henbusan angin membasahi tangga. Setelah ketika kanopi terpasang dan hujan deras datang, ternyata air sudah tidak masuk ke tangga dan masalah sudah terselesaikan dengan baik, tangga selalu kering sehingga nyaman bagi member fitness nantinya untuk berolahraga di ruko atas.

Pemasangan Kaca ruangan
Dari semua proses instalasi interior, tahapan ini yang paling menguras energi dan waktu. Bagaimana tidak! Saya mengawalinya dengan pergi ke toko kaca, namun toko tersebut ternyata hanya menjual kaca namun tidak bisa memasangnya dan tidak menjual profil kayu. Langkah berikutnya, saya mencari tukang profil kayu di seluruh Jogja yang pada akhirnya saya temukan di istana profil dengan jenis yang beraneka ragam dan harga yang terjangkau, Namun masalah yang terjadi pada toko profil masih sama yaitu mereka menjual profil kayu namun tidak bisa memasangnya. Kenapa ya rata rata toko hanya menjual barangnya saja, namun mereka tidak memiliki tukang yang bisa memasangnya?

Langkah terakhir saya mencari tukang kayu, dan saya diberikan keberuntungan karena menemukan tukang kayu bernama Adjie yang sudah professional dan berpengalaman 10 tahun dalam pemasangan kaca dan kayu. Tidak menunggu lama langsung saja saya pesan kaca, kayu dan mengatur jadwal tukang kayu untuk segera memasang kaca berukuran 7 x 2 meter di ruko atas.

Tantangan yang terjadi adalah ketika membawa masuk kaca berukuran sangat besar ke dalam ruangan yang berada di lantai 2. Saya saja yang melihatnya sudah gregetan karena takut pecah. Solusinya kaca dibagi menjadi 4 lembar dan dimasukkan satu per satu ke lantai 2. Pekerjaan pak Adjie cukup baik dan rapi sehingga setelah pemasangan saya tidak lupa untuk meminta nomor HP-nya sebagai jaga-jaga apabila lain waktu saya menggunakannya lagi. Tipe saya dalam berbisnis adalah saya percaya dari HASIL yang dikerjakan seseorang, bukan apa yang diucapkan oleh seseorang dengan janji-janji. Ketika orang yang saya percaya bisa memberikan hasil yang terbaik dan tidak mengecewakan, maka saya siap mempekerjakannya dengan salary yang memuaskan, namun ketika orang tersebut suka berbohong dan mengecewakan, maka saya tidak akan pernah memakainya lagi!

(****)

Rencana saya pada awalnya, Betterlife Fitness Flamboyan akan saya buka pada akhir maret 2014, namun kenyataan yang terjadi masih banyak hal yang belum selesai diantaranya konblok yang masih dalam proses pembuatan, saya mengira konblok bisa langsung dipasang dengan cepat, ternyata konblok harus memesan terlebih dahulu dan menunggu proses pembuatannya baru kemudian pemasangannya. Hal kedua yang membuat grand opening tertunda karena lemari loker untuk penyimpanan barang juga masih dalam proses pembuatan dari salah satu toko kayu terpercaya yang ada di Klaten.

Saya kemudian kembali merencanakan Grand Opening Betterlife Fitness pada tanggal 20 Mei 2014 dengan program promo untuk 30 pendaftar pertama akan bebas biaya registrasi dan akan ada tambahan kaos Betterlife Fitness. Semoga usaha fitness ini ke depannya bisa memberikan manfaat kepada para member dan manfaat kepada Part time dari mahasiswa sebagai karyawan.Untuk informasi lainnya bisa mengirimkan email ke : denni_pascasakti@yahoo.co.id

Lokasi Betterlife Fitness juga cukup mudah ditemukan yang beralamat lengkap di Jalan Flamboyan CTX/12, Karang Asem Sleman. Lokasi sangat dekat dengan café Yogurtku Selokan Mataram dan juga dekat denga Peternakan UGM dan Fakultas Teknik UNY.

Selamat mencoba dan menjadi member untuk teman teman yang berada di Yogyakarta.
Salam Sehat,

Denni Pascasakti
Yogyakarta, 3 April 2014



5 comments:

Rendhy Putra V said...

kemarin sempet lewat depan rumah dan gak sengaja lihat batterlifenya..
klihatannya belum buka ya mas den?

denni pascasakti said...

@Rendhy : Betul Rendy, mas rencana akan membukanya pada tanggal 20 Mei 2014, Untuk 30 pendaftar pertama akan FREE biaya registrasi dan mendapatkan kaos putih berlogo betterlife fitness. Kalau Rendhy pas di Jogja, main main ya kesini. :)

Monalisa Abuere said...

Betterlife Fitness deket kost sy nih.. tp 20 Mei lama banget yaa.... sdh gak sabar ^_^

joe baptista said...

Saya sering lewat situ mas, untuk tarifnya berapa ya mas, saya minat jadi pelanggan :)

cafe said...

semoga lancar terus usaha fitnesnya yah