Skip to main content

Hiburan selama pelayaran di Vietnam



Empat minggu sudah terlewati di Vietnam, bosan bercampur perasaan rindu sudah memuncak dan ingin bertemu keluarga di rumah. Teman teman di kapal yang ingin merayakan lebaran juga  harus rela  mengurungkan niatnya. Beginilah suka duka pelaut yang segala sesuatunya harus bisa dipandang secara positif.  :)

Saya memahami bahwa hari raya adalah event yang tidak boleh terlewatkan. Sekitar 2 bulan yang lalu secara “tiba tiba” jadwal rotasi saya di kapal dirubah dan saya menyadari bisa bisa Natal dan Tahun baru 2014 ini dirayakan diatas kapal .

Namun karena saya menganggap segala sesuatu bisa diperjuangkan, saya mencoba mengirimkan email ke Singapura dan Perancis untuk mengembalikan saya kepada rotasi awal.
Beruntung buat saya setelah perdebatan yang cukup panjang, akhirnya saya dikembalikan lagi ke jadwal semula sehingga saya bisa merayakan Natal dan tahun baru 2014 ini di rumah bersama kelurga.  :)

(****)



Trip di Vietnam kali ini didominasi oleh kru orang Indonesia, sehingga banyak hiburan yang bisa dilakukan . Saya bekerja shift malam dari jam 12 malam sampai 12 siang untuk mengawasi navigasi kapal secara aman dan melakukan prosesing data positioning.  Setelah pekerjaan selesai, kami orang orang Indonesia biasanya berkumpul di ruangan bioskop.

Ruangannya cukup luas sekitar 6m x 4m dilengkapi sound system serta pendingin ruangan. Film Film yang sering kita tonton biasanya Film Indonesia mulai dari yang horror, komedi, serius, action. Pokoknya hampir semua film-film dari yang bermutu sampai tidak bermutu sudah habis kita tonton semua.

Untuk film bioskop Indonesia khususnya yang berbau horror, saya baru sadar bahwa film film kita banyak dihiasi oleh wanita wanita seksi bahkan salah satu film  dibintangi oleh Maria Ozawa dan Aoi Sora .Walaupun bisa dibilang film tersebut tidak ada jalan ceritanya dan mutunyapun dibawah rata rata, tapi selama pemerannya seksi, tetap saja penontonnya banyak dan bioskop penuh.hahaha
Untuk mengisi waktu luang, Saya juga senang membaca buku buku biografi. tokoh tokoh politik dari Soekarno, Jusuf Kalla, Jokowi sampai tokoh pebisnis seperti Chairil tanjung, Dahlan Iskan. Tempat tinggal saya di jogja juga sudah disesaki oleh buku buku yang mulai “menggunung”. Entah mengapa semenjak saya bekerja di Kapal,  Hobi membaca saya semakin tinggi. Kemana mana selalu membaca . Ketika sedang liburanpun , sekalinya pergi ke Shopping mall, Mungkin pengunjung mall biasanya menenteng plastik bag berisi baju baru dan sepatu. Lain halnya dengan saya yang sekali ke shopping mall bisa menenteng  5 - 10 buku buku Gramedia.

Ada satu buku yang baru selesai saya baca sebelum menuliskan artikel ini. Buku tersebut berjudul “Ken & Kaskus” ,  Buku tersebut menceritakan tentang perjuangan Andrew Darwis dalam mempopulerkan website Kaskus yang hanya dimulai dari tugas kuliah di Seattle USA.

Hanya dalam 2 tahun berselang, Kaskus berkembang menjadi Forum terbesar dan tersukses di Indonesia. Kemudian Andrew dibantu oleh teman kuliahnya Ken dalam mengumpulkan modal 5 milliar untuk  membuat Kaskus menjadi sangat powerful.
Hebat Ken sama Andrew !, salah satu orang muda bersemangat yang mampu memberi manfaat untuk orang lain.

Ada Salah satu kalimat Ken yang cukup membuat saya terkesan, Ken berpesan “Hidup adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan.” Tiba tiba ingatan saya melihat 6-8 tahun yang lalu pada saat saya masih kuliah. Ibu saya menaruh kata kata motivasi di dinding kamar kos yang bertuliskan “Apa yang kamu tanam dan kerjakan hari ini, akan kamu tuai di hari depan.” Betul. Hidup adalah sebuah proses dan pastinya harus dipertanggungjawabkan dan tidak menyulitkan orang lain di hari depan.

(****)

Salah satu hiburan lainnya di kapal adalah Ruangan Fitness Centre. Ruangannya cukup luas sekitar 8m x 5 m yang juga didukung fasilitas lainnya seperti televisi , Sound system disekeliling ruangan dan kulkas besar yang berisi minuman soda serta minuman berenergi.

Untuk alat alatnya semua ada, mulai dari treadmill, rowing, sepeda, angkat angkat beban .Memang pada Awal awal mencoba berolahraga disini, badan terasa sangat pegal, namun setelah melakukannya secara rutin, lama kelamaan malah membuat badan selalu bugar dan ingin terus berolahraga.
Bagaimanapun menurut saya , kesehatan akan selalu berbanding lurus dengan pola olahraga, pola makanan dan pola istirahat. Walaupun saya masih belum sempurna dalam memanagemen ketiga pola tersebut, namun paling tidak pola berolahraga sudah dilakukan dengan cukup teratur dan rutin, dan memang khasiatnya sangat terasa ketika bekerja di kapal, kondisi badan saya selalu terjaga dan belum pernah sakit.

Fitness Center di kapal pun telah menginspirasi saya untuk membangun Fitness Center di Jogja yang proses pembangunan rukonya sudah dimulai sejak 2 bulan yang lalu. Pada saat libur biasanya saya selalu nongkrong di Jogja untuk mengawasi dan mengontrol pekerjaan yang dilakukan oleh tukang bangunan dan mandor bangunan, kemudian pada saat di kapal, progress pembangunan selalu bisa dikontrol menggunakan email dan telephone satelit.
Harapan saya semoga pada saat fitness center tersebut telah selesai dan termanagement dengan baik, selain bisa mengasah kemampuan berbisnis saya dan memberikan manfaat untuk orang lain, harapan lainnya juga supaya saya bisa ikut berolahraga pada saat di rumah sehingga bisa selalu menjaga kondisi dan kesehatan badan dengan baik.

Saya rasa cukup sekian tulisan ini, Mata mulai mengantuk dan saya harus beristirahat di hotel yang tepat berada di jantung kota Singapura ini. Pekerjaan sudah tinggal 5 hari lagi kemudian tinggal menikmati liburan panjang di rumah selama 5 minggu.

See u at Shore..
Singapura, 13 Agustus 2013
04:51 Pagi

Comments

madesapta said…
Tulisan yang menarik mas den,, ternyata menarik juga ya hiburan yang ada di kapal offshore,,
salam kenal mas,, saya made sapta,geodesi angkatan 2012. :)
@madesapta : Halo made, salam kenal juga.

masden pernah juga membaca tulisan tulisan made sapta di http://madesapta.blogspot.com/ tulisannya menarik dan mas mendukung untuk terus berbagi ilmu melalui tulisan,

karena menurut masden, tidak banyak tulisan tulisan bahasa indonesia terutama mengenai geodesi. sehingga mumpung masih muda, selain belajar juga harus didukung dengan kemauan untuk saling berbagi dengan menulis.

Salam geodesi, sukses buat kuliahnya
madesapta said…
Terimakasih atas dukungannya mas, saya akan terus belajar untuk menuliskan ilmu geodesi melalui blog, saya juga banyak belajar dari tulisan2 mas den di blog

terimakasih sekali lagi mas den,salam geodesi :)

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic