Skip to main content

Tahapan membuat Visa Norwegia



Tahun 2013 ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti training Global Positioning System (GPS) di Norwegia. Memang kalau ditimbang timbang, “Jauh banget belajar GPS saja sampai ke Norway?” , namun saya menyadari bahwa kesempatan ini tidak datang dua kali, dan mumpung umur saya masih muda serta masih kuat untuk travelling ke Eropa, “Mengapa tidak saya ambil.” :)

Ketika saya melihat teman teman di kapal yang berkebangsaan Australia, Malaysia, Singapura. Mereka sungguhlah beruntung, karena setiap kali mereka melakukan perjalanan ke Eropa, mereka tidak perlu susah-susah membuat Visa yang  prosesnya sekitar 2 minggu,membayar sekitar 1 juta rupiah bahkan masih ada kemungkinan pengajuan visa ditolak oleh kedubes.

Oleh karena negara yang akan saya kunjungi adalah Norwegia, maka saya perlu membuat Visa Schengen. Jujur saja pada saat itu, saya masih bingung  harus memulai dari mana?. Tapi jaman sekarang kan sudah jaman-nya teknologi, masa masih bingung bingung. “Mau bertanya ke siapa?” Jawabannya bertanya ke mbah Google pastinya! 

Untuk mempermudah pembaca dalam mengapply Visa Norway, saya menjabarkan informasi dalam bentuk pertanyaan pertanyaan yang mudah dimengerti :

1.       Apa nama website untuk mengakses Visa Norway ?
-          Kedubes Norwegia : (menjelaskan informasi mengenai pembuatan visa)
-          Immigration Norwegia/UDI : (untuk membuat account daftar secara online)
-          Norwegian Visa Application Center : (untuk mengecek apabila proses visa telah selesai)

2.       Dimana lokasi Kedubes Norwegia beserta Agen Visa Norwegia ?
Royal Norwegian Embassy in Jakarta
Menara Rajawali Building, 20th floor
Kawasan Mega Kuningan
Jakarta 12950
Tel: + 62 21 2965 0000.; E-mail: emb.jakarta@mfa.no

Norway Visa Application Centre
Lt. 22, Zone A
Plaza ABDA Jl. Jenderal Sudirman Kav.59
Jakarta – 12190
Helpline Number – 6221- 29340102
Email – info.nrid@vfshelpline.com

3.       Kapan saya bisa menyerahkan dokumen dokumen visa Norwegia ?
-          Hari dan Jam ketika  anda mendaftar langsung di Kedubes Norwegia :
Tuesdays and Thursdays between 09.00 - 12.00 only. (make appointment first to VFS)
-          Hari dan Jam ketika  anda mendaftar di Norway Visa Application Centre :
Application Submission – 08.00 to 12.00 and 13.00 to15.00, Monday to Friday

4.       Apa saja Persyaratan dokumen yang dibutuhkan ? (Visa Business)
Semua persyaratan dibawah ini harus diprint dalam format kertas A4 diantaranya :
-          Cover letter dari application portal
-          Foto passport (2 x 2 Inch) dengan background putih
-          Passport asli
-          Fotokopi semua halaman passport
-          Travel isurance asli
-          Formulir Completed Iterinary to Schengen Countries (download)
-          Invitation Letter dari perusahaan Norwegia
-          Letter of Guarantee dari Perusahaan tempat bekerja.
-          Konfirmasi Booking hotel
-          Checklist Form (download)
-          Tanda bukti telah membayar secara online dari Application Portal (Optional)

5.       Dokumen apa saja yang perlu didownload dan apa nama websitenya?
Anda dapat mendownload dokumen yang dibutuhkan di link dibawah ini  :
Dokumen yang perlu didownload :
-          CHECKLIST (Jenis Visa)
-          Form Iterinary to Schengen country

6.       Apa saja Tahapan yang harus dilalui untuk apply visa Norway ?
-          Mendaftar secara online di Application portal (https://selfservice.udi.no/)
-          Membayar secara online dengan kartu kredit dan book appointment.
-     Datang dan menyerahkan dokumen-dokumen pendukung ke Norway Visa Application Center di Wisma ABDA
-     Menunggu proses Visa Schengen dan mengecek di Website VFS apabila Visa sudah selesai.
-          Mengambil Visa di Wisma ABDA dengan membawa tanda bukti penyerahan visa.

7.       Berapa biaya yang dikeluarkan ?
a.       Biaya dari Application Portal :
            Biaya normal untuk mendaftar visa Norway = 60 EURO
            Biaya untuk anak berumur 6 s/d 12 tahun = 35 EURO

b.      Biaya dari Norway Visa Application Center :
Biaya administrasi = Rp. 200.000

8.       Berapa lama prosesnya?
Pada saat saya menyerahkan dokumen di Norway Visa Application Center, saya dijelaskan bahwa paling cepat sekitar 2 minggu. Namun Visa saya sudah selesai hanya dalam waktu 12 hari.

(****)

Menurut saya, pada awalnya memang terlihat rumit tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan visa Norway, namun setelah semua tahapan berhasil dilalui, ternyata prosesnya sangatlah sederhana dan mudah asalkan dokumen yang kita persiapkan sudah lengkap.

Berdasar pengalaman pada saat saya datang ke Wisma ABDA untuk menyerahkan dokumen visa, peserta sebelum saya ada 2 orang, namun karena dokumen dokumen yang mereka bawa tidak lengkap, berkasnya ditolak dan mereka harus melengkapinya lagi.

Begitu pula pada saat saya akan mengambil Visa dan Passport, lagi lagi peserta sebelum saya dokumen dokumennya ditolak karena ketidaklengkapan berkas yang dibawa.

Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen yang dibawa sudah lengkap sebelum anda datang ke Wisma ABDA daripada berkas anda ditolak dan harus kembali lagi keesokan harinya.

(****)

Semoga informasi-informasi dalam membuat visa Norwegia yang telah saya jabarkan sebelumnya dapat membantu pembaca untuk mempermudah mendapatkan visa Norway dan membuat tahapan tahapan yang terlihat rumit menjadi lebih mudah.

Happy Travelling!

Best Regards,
Denni Pascasakti
Jakarta, 30 Juni 2013

Comments

raga said…
Mas denny dulu waktu tes masuk elnusa, dari BoD presemtasi keterimanya berapa persen? yang dites berapa n yang diterima berapa? maaf OOT
@raga : Walaupun pertanyaan dengan judul posting tidak saling berkaitan, namun tidak apa apa kali ini mas coba menjawabnya.

dari BOD presentasi, mas kan bukan bekerja di bagian HRD, jadi tepatnya yang diterima berapa persen ya mas kurang paham. Asalkan percaya diri dan mampu menguasai topik, jangan takut gagal. pasti kalau rezekinya tetap ada jalan.
mohon maaf kalau jawaban mas kurang seperti yang diinginkan.
raga said…
terima kasih mas, atas infonya hehehe, soalnya elnusa unik.mas. kan biasanya abismedceck udah beres tahapannya tapi elnusa abis medceck ada BoD.


Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic