Skip to main content

Proses Visa India di Jakarta (Employment Visa)


Bulan April 2013 ini saya akan melakukan perjalanan untuk pertama kali-nya ke India, namun dalam trip ini tujuannya bukan untuk backpacker, melainkan untuk pekerjaan. Jadi jenis visa yang saya ajukan adalah Employment Visa. Berdasarkan pengalaman sebelumnya ketika meng-Apply visa seperti Schengen Visa, UK Visa, Philiphina Visa, mungkin visa India inilah yang membutuhkan dokumen paling banyak dan memakan waktu proses pengumpulan dokumen yang cukup lama juga, walaupun pada akhirnya bisa juga visa India ini saya dapatkan. :)

Tujuan menulis artikel inipun selain untuk berbagi pengalaman kepada para pembaca, sebenarnya saya juga ingin mempermudah secara step by step ketika suatu hari nanti saya harus melakukan perjalanan kembali ke India. Untuk mempersingkat tulisan, maka saya langsung jabarkan pertanyaan pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika mengajukan Visa India berserta penjelasannya.

Apa alamat Website resmi untuk mengajukan visa India di Jakarta?
Untuk pengajuan Visa india, sebelum datang ke Embassy, Pelamar harus mendaftar secara Online. Sehingga yang dilakukan pertama kali adalah mengisi Formulir Online di halaman Website = http://indianvisaonline.gov.in/visa/

Formulir tersebut harus diisi secara lengkap dan benar sesuai dengan identitas diri dan keterangan pendukung lainnya, kemudian pelamar mencetak Formulir , menandatangan dua kali di halaman depan dan halaman berikutnya, dan menempel 1 pasfoto di tempat yang sudah disediakan.

Untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan dan informasi informasi terbaru mengenai kedutaan besar India di Jakarta, pelamar dapat mengakses di halaman website = http://indianembassyjakarta.com/consular_visa.html


 Dokumen apa saya yang dibutuhkan untuk pengajuan Employment Visa?
Untuk Employment visa, syarat yang dibutuhkan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan tourist visa. Sehingga Pelamar bisa mempersiapkan minimal 6 minggu sebelum hari keberangkatan ke India. Dokumen yang dibutuhkan diantaranya :


  1.  Appointment Letter  : specifying the terms and conditions of employment, from the prospective employer in India including the pay structure, nature of  job, period.
  2. Recommendation Letter ( Letter of Guarantee dan Letter of Invitation )
  3. Curriculum Vitae
  4. Certificate Registration of India
  5. Tiket Pulang Pergi
  6. Justification Letter
  7. Pelamar harus menunjukkan Minimal Sallary sesuai yang ditentukan Embassy
  8. MOHA (Proses membutuhkan waktu sekitar 4-5 minggu)
  9. 2x Pasphoto sesuai Requirement
  10. Passport
  11. Formulir online Visa India
  12. BG Pass (Proses membutuhkan waktu sekitar 2 minggu)
  13. Insurance Certification

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan Employment visa ?
Ketika saya mengajukan Visa india jenis Employment, saya membayar sebesar Rp 964.000, namun untuk pengajuan Visa India Jenis lainnya , maka pelamar dapat mengecek di halaman website berikut ini = http://indianembassyjakarta.com/visa_fees.html

Bagaimana Spesifikasi untuk Pasphoto ?
Karena spesifikasi pasphoto visa India sedikit complicated, maka pelamar dapat membuatnya menjadi mudah dengan mengakses website berikut ini = http://123passportphoto.com/

Melalui website tersebut, pelamar bisa menentukan berapa ukuran pasphoto sesuai requirement, dan bisa juga menentukan Negara mana untuk pengajuan visa, sehingga proses dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
Jika Pelamar ingin mengetahui spesifikasi Pasphoto yang dibutuhkan , berikut ini akan saya jabarkan

  1. Format JPEG
  2. Size minimum 10KB, maksimum 300 KB
  3.  Lebar dan tinggi dari foto harus sama. ( min 350x350 piksel ; max 1000x1000 piksel )
  4. Photo should present Full face, front view, eyes open
  5. Center head within frame and present full head from top of hair to bottom of chin
  6. Background harus berwarna putih
  7. Tidak terdapat bayangan pada foto dan tidak ada border.

Dimana Lokasi Kedubes india di Jakarta dan Jam Operasionalnya ?
Posisi koordinat kedubes India terletak di Lat : 6° 14’ 2,38”S ; Long : 106° 49’ 45,59”E

Alamat =  Jl H.R. Rasuna Said, Kav. S-1, Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Tel 62-21-5204150 /52 /57 /5264931 ; Fax 62-21-5204160, 5265622, 5264932, 5226833
Jam Operasional = Senin sampai Jumat kecuali Hari Libur
9:00 -12:00 : Untuk Submit Document dan 16:00 -16:30  : Untuk pengambilan Document

Bagaimana prosedur yang dilakukan ketika berada di Kedubes India ?
a.       Submit dokumen :
-          Pelamar datang ke kedubes india di Kuningan diantara jam 9 Pagi sampai 12 siang
-          Masuk lewat pintu samping dan mengantri masuk
-          Tanda tangan dan menitipkan tas dan HP
-          Masuk ke Gedung kedutaan dan mengambil nomor antrian
-          Menunggu panggilan sesuai nomor
-          Pengecekan kelengkapan dokumen
-          Pembayaran dokumen sebesar Rp. 964.000
-          Mendapatkan tanda bukti untuk pengambilan keesokan harinya

b.      Pengambilan dokumen
-          Pelamar datang ke kedubes india di Kuningan diantara pk 16:00 sampai 16:30
-          Masuk lewat pintu samping dan mengantri masuk
-          Tanda tangan dan menitipkan tas dan HP
-          Masuk ke Gedung kedutaan dan menunggu panggilan sesuai nomor.
-          Menyerahkan tanda bukti dan mengambil passport serta visa

Bagaimana Tips Tips ketika melakukan perjalanan ke India ?
Karena sebelumnya saya belum pernah melakukan perjalanan ke India, sehingga tips tips yang saya sebutkan ini berdasarkan masukan dari teman teman yang pernah sebelumnya mengunjungi India.
Tips tips tersebut diantaranya :


  1. Belilah makanan dan minuman di tempat yang terjamin kebersihannya, terutama untuk minuman yang masih tersegel dengan baik.
  2. Jangan membawa uang berlebih , dan membawa perhiasan ataupun jam tangan mewah yang dapat menarik perhatian, karena ada beberapa petugas yang bandel meminta uang dan barang yang terlihat menarik.
  3. Eksplore terlebih dahulu lokasi lokasi bandara, lokasi wisata di Internet sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan perencanaan yang baik dan Terstruktur.

Sekian Tulisan saya mengenai pembuatan visa India di Kedutaan India di Jakarta, Selamat Travelling dan Selamat bekerja serta Utamakan Keselamatan Kerja karena keluarga selalu menunggu di rumah. :)

Best Regards,
Denni Pascasakti
Jakarta, 16 Maret 2013

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic