Skip to main content

6 Fakta mengenai Kondisi Migas di Indonesia

Beberapa hari lalu, saya sempat membaca buku “Habibie dan Ainun” yang ditulis sendiri oleh Prof. B.J Habibie, ada beberapa point yang membuat saya terkagum kagum dengan sosok Habibie, Salah satunya kerena beliau memiliki peran besar dalam membangun Indonesia jauh sebelum menjadi presiden, dan menyumbang ilmu pengetahuan berharga bagi dunia internasional, salah satunya beliaulah yang menjadi pemrakarsa didirikan nya BPPT, RISTEK, Bapenas, dan Puspitek, serta PT Dirgantara Indonesia, dan juga beliau menyumbang suatu “Konstanta Habibie” yang dipakai sampai sekarang sebagai konstanta dalam dunia penerbangan internasional. Baru tahu kan? Saya juga baru tahu…

Padahal sebelumnya, Pak Habibie sudah bekerja di Jerman dengan gaji yang luar biasa, Namun karena mendapat permintaan dari presiden Soeharto untuk memimpin Indusrti penerbangan di Indonesia, Pak Habibie langsung menyangupi nya, walaupun dengan gaji yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan gaji ketika di Jerman.. Mengapa ? Jawaban nya karena Pak Habibie memiliki Loyalitas yang besar untuk memajukan Bangsa Indonesia..

Namun coba bandingkan dengan keadaan jaman ini, Perusahaan asing yang bertebaran puluhan bahkan ratusan di Indonesia, masih menjadi impian para sarjana dan lulusan lulusan baru dengan gaji yang selalu diatas perusahaan nasional. Karena saya bekerja di Perusahaan Migas nasional, selama beberapa minggu ini saya menyempatkan waktu di malam hari untuk melahap buku buku yang membahas mengenai Keadaan migas di Indonesia. Perasaan saya agak miris setelah banyak yang saya ketahui bahwa di Negara sendiri kita masih seperti dijajah oleh perusahaan asing,

Fakta – Fakta tersebut diantaranya adalah :

1. Hanya sekitar 25% Kepemilikan Blok Migas yang dikuasai oleh perusahaan Migas milik negara.



Saya memiliki peta blok persebaran migas di Indonesia, setelah saya cermati ,ternyata dari 279 blok migas di Indonesia, hanya 72 blok yang dikuasai oleh Negara ( 25 % ) , selebihnya sebanyak 207 blok migas (75%) masih didominasi oleh pihak swasta yang hampir seluruhnya dipegang oleh perusahaan asing seperti Chevron, Total, Hess, Petrochina, Cnooc, dll.

2. Produksi Minyak mentah No.1 di Indonesia dipegang oleh Chevron, dan Produksi Gas No.1 di Indonesia dipegang oleh Total



Untuk Produksi minyak mentah di Indonesia, Tertinggi masih dipegang oleh Chevron yaitu perusahaan asing dari Amerika,yang dalam satu hari berhasil memproduksi 476 MBPD , di posisi kedua ditempati pertamina dengan produksi minyak mentah sebesar 135,6 MBPD

Untuk Produksi gas di Indonesia, tertinggi masih dipegang oleh Total yaitu perusahaan asing dari Perancis, dalam satu hari berhasil memproduksi 2.300 MMSCFD, di posisi kedua ditempati pertamina dengan produksi gas sebesar 1.107 MMSCFD.

Aneh bukan,,? Di Negara sendiri, produksi tertinggi minyak dan gas dipegang oleh perusahaan asing….

3. Kemampuan produksi Migas nasional yang sudah diolah hanya berjumlah 1.031.000 barel / hari, padahal kebutuhan migas dalam negeri sebesar 1.300.000 barel / hari



Dari keenam Kilang minyak milik Pertamina yaitu di Dumai , Plaju, Cilacap, Balikpapan, Balongan, Kasim hanya mampu memproduksi 1.031.000 barel per hari, padahal kebutuhan migas dalam negeri mencapai 1.300.000 barel per hari.. Lalu kekurangan nya bagaimana ? Ya sudah pasti impor dari Negara lain.

Coba bayangkan, dalam satu hari, Indonesia harus mengimport minyak 269.000 barel, dalam 1 bulan Indonesia harus Mengimport 8.070.000 barel. Apalagi dalam beberapa hari ini karena terjadi krisis di Libya,menyebabkan harga 1 barel dapat mencapai sekitar 100 USD. Berarti dalam 1 bulan,, ada pemborosan devisa Negara sebesar (8.070.000 barrel) x ( 100 USD )… diitung saja sendiri..hehe… yang pasti Negara rugi besar, dan biaya nya pakai apa? Ya pasti pakai APBN yang berasal dari Pajak2 rakyat Indonesia…

NB : 1 Barrel = 158, 9873 Liter

4. Produksi Minyak dan Gas di Indonesia ataupun seluruh dunia selalu menurun setiap tahun nya. ( Jika tidak ditemukan cadangan baru, maka dalam 30 tahun ke depan, ,minyak bumi akan habis )



Saya pernah membaca dalam suatu penelitian, bahwa jika mulai tahun ini tidak ditemukan lagi cadangan-cadangan minyak baru, Maka dalam 30 tahun ke depan, cadangan minyak di dunia akan mengalami krisis dan hampir habis.

Kenapa? Jelas saja,, Cadangan Minyak bumi ibaratnya seperti balon yang berisi air, lalu terdapat lubang sebesar jarum di balon tersebut. Maka lama kelamaan balon tersebut akan kempis dan air didalam nya habis. Oleh sebab itu saat ini gencar dilakukan survey seismic, yaitu suatu survey untuk mengetahui cadangan-cadangan minyak bumi yang baru, dan sedang dilakukan penelitian menemukan sumber daya alam terbarukan seperti bioethanol dari tanaman jarak, Tenaga surya, dll

5. Kandungan CBM ( Coal Bed Methana ) di Indonesia berpotensi sangat besar ( Tujuh Terbesar di Dunia ), namun Indonesia belum memiliki teknologi untuk mengeksploitasi nya



Apakah itu CBM ? CBM yang merupakan kepanjangan dari Coal Bed Methana adalah suatu Sumber Daya Alam yang bisa dijadikan sebagai Bahan baku pengganti Gas Alam. Dari berbagai penelitian dalam dan luar negri, diprediksi di wilayah Kalimantan Timur dan Sumatra Selatan berpotensi terdapat kandungan CBM yang sangat besar (terbesar ke 7 di dunia ).

Namun dikarenakan belum ada teknologi untuk memproduksi CBM,, maka sampai sekarang CBM masih dalam tahap penelitian di Indonesia. Yang pasti jangan sampai terulang kembali kejadian seperti di Papua yaitu gunung emas Indonesia diambil oleh PT Freeport,.., Berapa milyar USD kekayaan Indonesia yang lari ke negara paman Sam, Bahkan bagi keuntungan dengan pemerintah Indonesia hanya dibawah 1%..Luar biasa…


6. Mengapa dilakukan Konversi Minyak Tanah ke Gas ?.




Pemerintah melakukan konversi dari minyak tanah ke Gas, dikarenakan dalam 1 barrel minyak mentah, setelah diolah ke dalam beberapa jenis diantaranya Bensin, aftur, aspal, bahan kimia, minyak tanah , dll. Kandungan Minyak Tanah merupakan yang paling sedikit ( sekitar 1%) dalam 1 barrel minyak mentah.

Semakin sedikit kandungan dalam 1 barrel minyak mentah, sudah dapat dipastikan harganya semakin mahal. Namun apa yang terjadi di Negara kita sebelum dilakukan konversi? harga minyak tanah masih sangat murah seharga Rp 1.500/ liter.. Kok bisa murah ? Ya pastinya disubsidi pemerintah, sehingga beban pemerintah menjadi besar dalam mensubsidi minyak tanah.

Karena itu Pemerintah Indonesia atas perintah Pak Jusuf Kalla mencoba melakukan konversi dari Minyak tanah ke gas, dan memberikan subsidi ke tabung gas 3 kg yang saat ini justru banyak membawa malapetaka bagi banyak orang.. Kenapa? Karena orang Indonesia banyak yang cerdik.Dikarenakan harga tabung 12 Kg lebih mahal, maka tabung 3 kg yang disubsidi pemerintah justru disuntik dan dipindahkan gasnya ke tabung 12 kg.. Jadilah banyak kejadian tabung 3 kg yang meledak..


Ketika Indonesia Harus Berubah


Ada suatu pepatah,”Kita tidak bisa merubah dunia,juga tidak bisa merubah saudara dan teman teman sendiri. Yang bisa kita lakukan hanyalah merubah diri kita sendiri .

Saya sampai saat ini masih kagum dengan Pak Habibie yang berhasil membuat pesawat komuter Gatot Kaca ditengah cemoohan dunia internasional dan pandangan meremehkan bangsa Indonesia ketika pesawat tersebut masih dalam tahap pembuatan. Namun Pada tahun 1997, ternyata Pak Habibie berhasil membuatnya dan memamerkan di hadapan seluruh dunia iternasional bahwa Indonesia Bisa!.

Saya sendiri yang bekerja di perusahaan oil service nasional, terkadang mengakui bahwa terdapat keterbatasan dalam hal SDM dan peralatan,.Memang di perusahaan dimana saya bekerja, masih ada Proyek kerjasama dengan perusahaan Asing. Lalu pertanyaan nya,”Mau sampai kapan kita selalu kerjasama dengan asing dan tidak bisa berdiri sendiri??? apalagi kita tidak bisa mengambil keputusan , dimana semua keputusan sudah ditangan Perusahaan Asing karena baik kapal, dan peralatan semuanya milik perusahaan asing.”

Namun apa kita menyerah begitu saja ! Saya yang ingin belajar seperti pak Habibie, mencoba untuk terus maju, dan ingin menunjukkan bahwa suatu hari nanti, Indonesia bukanlah Bangsa yang bisa begitu saja diremehkan oleh bangsa Asing.

Tidak akan pernah….

Maju Terus Indonesia..
Best Regards,
Denni Pascasakti.

Comments

Anto said…
Saya sangat setuju dengan anda, mimpi saya sebagai seorang pendidik juga bahwa generasi muda nanti memiliki kemampuan yang lebih dari pada pendahulunya ini, agar lebih peduli untuk memajukan negaranya,
belajar terus menerus untuk dapat menghasilkan manfaat bagi banyak orang. Generasi yang tidak hanya sekedar bisa menuntut, mengeluh dan berunjuk rasa, tapi generasi yang mampu menunjuukan bahwa dirinya mampu bermanfaat dan ikut memberikan pemecahan masalah bagi negeri tercinta ini,
Saya ikut sebarisan bersama anda!
Seaman Life said…
Terus maju pak Denni, bangsa ini akan maju apabila kita tidak melupakan sejarah. Dan kita dituntut/ditugaskan belajar dari sejarah. Mengapa Indonesia masih tertinggal dalam bidang IPTEK, karena sistem di Negara kita masih mengutamakan sistem Nepotisme bukan sistem skill. Di negara tetangga, mereka labih mengutamakan skill. Misalnya mereka melakukan suatu kontrak dengan negara lain tidak dalam jangka waktu yang panjang, dalam masa perjanjian tersebut mereka mempelajari teknologi yang digunakan oleh kontraktor. Dan apabila masa kontrak habis, mereka sudah dapat berdiri sendiri dan langsung dikelola oleh anak bangsa. Seharusnya kita bisa seperti mereka, bahkan putra/i indonesia adalah bibit yang unggul kalau di kelola dan dimamfaatkan dengan betul-betul. Ini adalah pengalaman pribadi saya juga, karena saya juga pernah bekerja diperusahaan offshore (supply Vessel) di negara tetangga. Terus maju putra/i bangsa, berhentilah memakmurkan bangsa lain. Jadilah tuan rumah dirumah sendiri.
Anonymous said…
setuju pak.
Unknown said…
Indonesia bisa berjaya dengan Khilafah.......

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic