Saturday, January 15, 2011

2 Juta-an Keliling Bangkok, Pinang Island, dan Kuala Lumpur



Banyak teman yang bertanya tanya ke saya,” Kamu kok bisa sih jalan jalan terus,emangnya murah ya keluar negri ?” bahkan ada yang bertanya,” Gaji kamu berjuta juta ya Den sampai bisa jalan jalan terus gitu?”

Sebenarnya gaji saya sama seperti pegawai lainnya di Jakarta, dan rahasia saya untuk bisa jalan jalan murah terdapat dalam kalimat berikut ini = ”The most important thing for backpacker is a PLAN, so, you can save much money.”

Ya,, perencanaan… Saya sudah merencanakan ingin bepergian dari Malaysia kemudian menuju Bangkok dari sejak 2 bulan yang lalu.

Banyak orang yang agak takut ke luar negri karena didasari 3 hal berikut ini:
a. Takut mahal :
Saat ini air asia sering membuka jalur penerbangan murah, salah satunya ke Bangkok hanya 200rb, Malaysia biasanya 100rb dan Singapura 50 ribu..Cara bookingnya?? Sering2 aja liat promo di website resminya air asia..(www.airasia.com). Selain air asia, masih ada penerbangan murah lainnya seperti Lion Air dan Mandala yang menawarkan berbagai promo murah ke luar Negri.

b. Gak ada temen yang mau diajak Backpacker
Memang sih,,Agak sulit mencari teman yang mau diajak backpacker, karena biasanya style pergaulan sekarang banyak lebih senang membeli2 barang.. Ingin beli HP Terbaru, Laptop Terbaru, shooping baju terbaru. Tapi jangan menyerah, Join saja dengan berbagai macam milis backpacker di Indonesia.. (ibackpackerclub@yahoogroups.com). Kalau masih belum dapet teman untuk pergi keluar negri,,backpacker sendiri aja. Banyak banget backpacker yang jalan keluar negri sendirian, jadi kamu pasti bakal dapet temen banyak juga di jalan.

c. Belum Punya Pasport.
Mau bikin passport?? Berdasarkan pengalaman gw sendiri.. Kalau mau Jujur sesuai prosedur,, emang sih murah Cuma 270 ribu, tapi kita harus bolak balik 3 kali ke kantor imigrasi. Kalo mau Instan,, sekitar 600rb an – 1 juta… Mau tau bikin passport yang sesuai prosedur,,ini linkny(http://www.facebook.com/home.php#!/note.php?note_id=409226149750)

Saat ini Terdapat 11 negara yang bisa dikunjungi tanpa menggunakan Visa,, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei, Filiphina, Hongkong, Makao, Chile, Maroko, Peru, dan Vietnam. ( Dikutip dari buku Naked Traveller )

Wanna Try backpacker to abroad ?? ini Tipsnya buat yang baru pertama kali backpacker :
1. Bawalah tiket Pulang-Pergi kamu ( diprint ) : Karena pasti ditanya oleh petugas Imigrasi.
2. Alamat Teman / Bukti Booking Motel : dItanya juga oleh petugas imigrasi
3. ID Card Kantor : Kalau kamu sudah disangka TKI,, Langsung aja tunjukin ID Card Kantor.
4. Pasport ( WAJIB Hukumnya ) dan jangan sampai hilang
5. Uang yang sudah ditukar sesuai Negara tujuan : Tukarlah Rupiah ke mata uang Negara Tujuan DI Indonesia, Karena di Luar Negri, Harga Rupiah Terjun Bebas.. Saya mengalami menukar kurs rupiah di Bangkok,, 1 Baht harusnya 300 Rupiah, malah menjadi 550 Rupiah.
6. ATM yang berlogo VISA, atau kamu nabung di bank yang sudah go Internasional ( CIMB atau MAYBANK,dll) , jadi kalau sewaktu waktu kehabisan uang, bisa narik langsung di ATM,, Tapi sekali narik di ATM luar negri, kena potongan 45 ribu rupiah.T.T
7. Bawa Bulpen, untuk mengisi Departure card dan Arrival Card..

Saya ingin mensharekan pengalaman backpacker dari Jakarta  Kuala Lumpur Penang Island  Bangkok  Kuala Lumpur  Jakarta. Perjalanan selama 10 hari ini hanya menghabiskan uang sekitar 2 juta-an Rupiah dan sudah saya buktikan sendiri.
Setelah beberapa hari mencari teman yang bisa diajak backpacker, akhirnya dapat juga teman yang tinggal di Kuala Lumpur, namun ternyata sangat sulit menyusun jadwal kita berlima diantaranya saya yang bekerja sebagai navigator kapal seismic, Shafuan bekerja sebagai pilot Air Asia, Jonatan dan Bridget sebagai mahasiswa di Universitas Tazmania, Australia. Dan Rozan sebagai mahasiswa Universitas Lim Kok Wing, Malaysia. Setelah berbagai perdebatan panjang, kami memilih bulan Januari 2011 sebagai awal perjalanan panjang backpacker munuju bangkok :

A. Day 1 : Total : 10 RM
Bus LCCT ke KLIA : 2 RM
LRT from KLIA – Putrajaya : 6 RM
Putrajaya – Cyberjaya : 2 RM
Saya sendirian naik Air asia dari Jakarta menuju LCCT, Kuala Lumpur Malaysia. Ya,, Seperti biasa,, di bagian imigrasi ditanya berbagai macam pertanyaan coz dikira TKI, Tetapi akhirnya saya bisa lolos juga masuk ke wilayah Malaysia. Setelah itu saya naik LRT ( Semacam monorel berkecepatan 100km/jam) ke Putrajaya , kemudian naik bus ke kosan nya Rozan di wilayah Cyberjaya.

FACT day 1 : Di Cyberjaya saya banyak berbincang dengan mahasiswa Malaysia, dan banyak dari mereka yang tidak mengetahui perseteruan antara Indonesia dengan Malaysia ( Karena jarang diekspos seperti berita di Indonesia ).. Bahkan yang saya aneh, Teman saya ternyata sejak SD sudah sering main ke Pulau SIpadan dan Ligitan “TANPA PASPORT Indonesia” selain itupun kurs yang beredar di SIpadan dan Ligitan sebelumnya adalah Kurs “Ringgit” dari sejak 10 tahun yang lalu, dan dibiarkan begitu saja oleh Indonesia.

B. Day 2 : Total : 200 RM
Tiket Kreta KL Sentral – Butterworth : 30 RM
Tiket Kreta BW – Bangkok : 130 RM
Ferry BW to Pineng Island : 1 RM
Hotel di Pineng Island : 30 RM ( Hutton Lodge Motel )
Makan siang dan Malam : 9 RM
Setelah perjalanan 5 jam dari KL Sentral ke ButterWorth, Sampai juga kita di Pineng Island,, Mungkin anda bertanya.. Apaan tuh Penang Island.?? Ya, Pulau tersebut berada dekat perbatasan antara Malaysia dan Bangkok..Dulunya merupakan pusat perdagangan dan central bisnis dari orang orang china, kalau kamu kesana, pemandangan nya bagus banget, udara sejuk, dipadu dengan hamparan bangunan bangunan tua tahun 1800-an.. Malamnya , kita membeli Tiger beer khas Malaysia, dan duduk di pinggir pelabuhan yang dipadati belasan kapal pesiar…

C. Day 3 : Total : 12 RM
Sarapan : FREE dari Motel Hutton Lodge ( 1 ROti Tart dan 2 potong Roti bakar )
Makan siang dan makan malam : 8 RM
Ferry Penang to BW : Free
Setelah sarapan pagi, kami menyempati mengelilingi penang Island bersama Rain dan Teman nya dari Universitan Tun Abdul Razak. Pulau tersebut sebenarnya Nampak seperti China Town yang dipadu unsur2 bangunan arsitektur yang indah dan klasik.

FACT day 3 : Di Malaysia, Kalau kita memesan tea dengan bilang ,” Es Teh..”.. Maka kamu akan dikasih Es Tea dicampur Susu.. Jadi kalau mau Es tea seperti di Indonesia.. Cukup Bilang “ Ice O Tea “..

D. Day 4 : Total : 1270 Baht
Booking Hotel 5 Days : 1000 Baht ( White Orchid Hotel daerah China Town )
Makan : 50 Baht
Taksi to MBK : 20 Baht
Night Club : 200 Baht
Setelah sampai di Bangkok, Ternyata Bangkok hamper sama seperti Jakarta,, Maceettt,, Selain itu banyak bajaj ( mereka sebut Tuk-Tuk), dan yang paling aneh,, Waria, Gay, Lesbian sepertinya diakui di Thailand, coz saya banyak banget menjumpai lelaki tulen mengenakan seragam sekolah, berangkat ke sekolah mengenakan hak tinggi dan rok.. OMG..

Sorenya,,Kita jalan jalan ke mal terbesar di Thailand, MBK… Cewe cewe Thailand bener2 bikin mata cukup jernih,, selain mereka cantik-cantik, sebagian besar menggunakan rok mini … mmmm………

Malamnya, Pergilah kita ke night Club yang kabarnya menampilkan para Lady boy yang akan menari seperti di video clipnya aura kasih “Mari Bercinta”,, Setelah melihat,, Wow.. Ternyata Ladyboy di Thailand bener2 cantik.. Saya sendiripun sangat sulit membedakan antara cewe beneran dengan cewe jadi jadian..hahaha.. Jadi, hati2 buat cowo2 yang mencari cewe di Thailand… Be Aware..

E. Day 5 : Total : 290 Baht
Taxi : 200 Baht
Makan siang : 40 Baht
Makan Malam : 50 Baht
Hari ini kita menyewa Taxi yang bisa digunakan seharian untuk berjalan jalan mengelilingi Bangkok.. Tempat wisata yang kami ambil 1.) Floating market : Pasar tradisional terapung yang menjual berbagai macam makanan dan souvenir dengan harga miring.. 2.) Cobra Show : Seperti atraksi orang menangkap Cobra yang masih berbisa, kemudian membuatnya menjadi jinak. 3.)Gim’s Jewellry Factory : Merupakan pabrik perhiasan terbesar di dunia.. Pas saya kesana,, saya sampai terheran heran,, karena satu ruangan sangaat besar berisi perhiasan dari anting, cincin, gelang dari emas asli 18 karat dan berlian yang berkilauan dimana mana.. Harganyapun?? Sangaaat murah.. Karena semua pengerjaan dikerjakan semua disini.. 4. Chatucak Market : Pasat terbesar di Thailand yeng menjual berbagai macam produk dari souvenir, hewan, tumbuh-tumbuhan, daging, pokoknya dari A-Z dengan harga murahhh meriah..Tapi karena kami sampai sudah malam, jadinya di chatucak hari ini hanya 2 jam saja.

FACT day 5 : Di Bangkok,, Kemana mana gunakan lah Taksi,, JANGAN GUNAKAN Tuk-Tuk.!! Banyak supir tuk tuk yang mebawa kita ke tempat2 souvenir gag jelas dan menaikkan harga semena mena..

F.Day 6 : Total : 140 Baht
MRT : 40 Baht
Taksi : 20 Baht
Makan siang dan Malam : 80 Baht
Hari ini kita dari pagi sampai sore pergi lagi untuk yang kedua kalinya ke chatucak Market.. Pasar yang super duper besar ini memang gag bakalan cukup dijelajahi hanya dalam 1 hari… Pasar ini juga hanya buka dari Hari Jumat sampai Minggu.. So , Hari ini kembali mencari barang2 aneh dan unik di chatucak market.. Saya mendapatkan sandal menyerupai kaki macan,, dan rozan membeli panah busur serta senjata bintang yang digunakan oleh ninja..

Malamnya, kita pergi ke Khaosan Road.. Tempat ini hampir 80% dipadati turis2 bule.. Bahkan sampai jam 12 tengah malampun,, tempat ini masih sangat ramai.. Kita ber 5 mencari tempat nongkrong dan memesan shisha.. yang membuat gw terheran heran,, ada 1 orang cowo yang cukup handsome seperti beckham, mau tau siapa yang dia gandeng??? Ya benar.. seorang Ladyboy.. Alias BAnci, yang ancurr… Parah.. Kita Berlima Tertawa terpingkal pingkal melihat mereka berciuman di restoran shisha ini.. Sumpah ,, Pingin Muntah Ngeliatnya..

g.Day 7 : Total : 650 Baht
Booking Taksi : 200 Baht
Grand Palace : 350 Baht ; Reclyning budha dan golden budha : Free
Makan Siang dan malam = 100 Baht
Hari ke 7, kita membooking Taksi kembali selama 1 hari.. Kalau anda menyempati berkunjung ke Thailand, maka anda harus melihat dan masuk ke Grand Palace.. Wajib hukumnya.. Tempat ini merupakan kuil terbesar di Thailand.. Setelah itu, kami menuju ke Wat Pho  Reclyning Budha  Golden Budha..
FACT day 7 : Kalau anda orang asli Thailand, kamu bisa masuk ke candi2 ( Wat ) di Thailand secara gratis.. Karena wajah kita ber 5 mirip2 muka orang Thailand.. jadilah kita bisa masuk ke beberapa candi secara gratis..hehe..lumayan buat ngirit

h.Day 8: Total : 201 Baht
Air Mineral = 15 Baht
Ferry to Wat Arun = 6 Baht
Makan Siang dan Malam = 80 Baht
Hari ini buat saya hari yang paling melelahkan.. Why?? Karena saya memisahkan diri dari teman2 dan mencoba untuk mengelilingi Bangkok sendirian dengan berjalan kaki ( karena persediaan uang mulai menipis ) alhasil… Berikut ini tempat2 yang berhasil saya capai dengan berjalan kaki sendirian di Bangkok dengan hanya berbekal peta :
Grand Swing  Democracy Monument  Wat Arun  Sanam Luang Park  Rama 8 Bridge  Anantasamalehon palace  Phanan Fortress  The Golden Mountain..
Rasanya pegell banget.. sampai di hotel pukul 7 malam, kemudian makan malam, dan jam 9 sudah tertidur pulass…brukkk….

FACT day 8 : Sekitar 70% Warga di Bangkok tidak bisa bahasa Inggris, dan semua penunjuk jalan serta nama jalan dalam bahasa seperti sangsekerta.. So siap2 bawa peta, lihat matahari, dan membawa kompas kalau gag mau nyasar di Bangkok.

i.Day 9: Total : 1560 Baht
Tiket Kreta Bangkok – Butterworth : 1200 Baht
Bus Butterworth – KL : 300 Baht
Makan siang dan malam : 60 baht
Hari ini kami menempuh perjalanan yang sangat panjang di dalam kereta dari Bangkok kembali menuju Kuala Lumpur.. Perjalanan selama 27 Jam di kereta kami habiskan dengan mendengarkan music, bermain kartu, menonton film , dan tidur… This Day is Very Bored…..

j.Day 10: Total : 8 Baht
Makan siang dan malam : 8 RM
Bus : FREE
Hari ini saya menyempatkan diri melihat lihat Universitasnya Rozan di Lim Kok Wing University daerah Cyber Jaya. Hampir 70% Mahasaiswanya dari luar negri yang didominasi India dan Australia,.. Setelah itu, saya menuju LCCT dan kembali ke Jakarta..

TOTAL Pengeluaran
4111 baht * 300 rupiah = 1.333.300
230 RM * 2900 rupiah = 667.000
Total = 1.900.300 Rupiah..
Kalau Pesawat, saya mengambil Rute Jakarta KL = 300.000 ; dan KL Jakarta = 300.000
Total Pengeluaran dan Tiket PP = 2.500.300 Rupiah..


Memang sih, pengeluaran saya seharusnya masih bisa diminimalisasi,, coba saja cek air asia sekarang untuk bulan maret 2011 ke Phuket ( Dekat Bangkok ) Hanya 240 Ribu Rupiah… Kemarin saya memilih menggunakan kereta dari KL ke Bangkok, dikarenakan harga tiket Pesawat Jakarta – Bangkok sudah mencapai 1,5 Juta, jadinya saya memutuskan untuk menempuh menggunakan jalur kereta..

So,, Sudah ada Gambaran kan mengenai Dunia backpacker,, Selain kita bisa mengetahui berbagai budaya yang berbeda dari Negara tetangga, kita juga bisa kenal dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia yang kita jumpai pada saat bacpacker..Sayapun masih mempunyai impian berikutnya untuk mengunjungi Filipina, Korea Selatan, Sampai Jepang,,

“Percayalah, ketika kita mulai mengambil langkah untuh memulai sesuatu, dan yakin bahwa kita pasti bisa melakukan nya.. Maka pada akhirnya, kita memang pasti bisa melakukannnya.” Karena Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini..

So Let’s Backpacker, and see how beautiful is our world…

Best Regars
Denni Pascasakti

3 comments:

sylvia said...

menarik ! langsung mencuat pikiran backpacking ke rute yg sama :D . postingannya bagus.. LANJUTKAN :)

nadita said...

oh ya mau tanya
dapet temen2 backpacknya jadinya darimana?
soalnya saya sangat ingin backpack, tapi kendalanya cewek, takut juga sendirian.

dennipascasakti said...

@Silvia : Terima kasih SIlvia.. Semoga lancar backpackeran ke thailandnya...

@Nadita: Coba cari temen di milist backpacker..ibackpackerclub@yahoogroups.com ....sebutkan aja daerah tujuan,, tanggalnya,, terus tanya ada yang mau gabung backpackeran gag... biasanya ada beberapa yang pada mau ikutan asal tanggalnya pas...