Skip to main content

34 hours for Python Programming and Macro VBA courses

 

The last time I learned about programming was 16 years ago when I was still at university, learning about C++. This time, I was curious to learn more about computer programming and found the courses in Alfabank. I have taken two courses; the first one is Python programming, and the second one is Macro VBA for Excel.

Python was more accessible and consistent in terms of computer language; I was learning both in Alfabank and at home from YouTube. Using Python, we can automate things and create projects to calculate mathematical formulas and many other things faster. I enjoyed learning Python, and I can do a project to rename the files inside the directory just by double-clicking the Python file.

I finished the Python course in 20 hours. I was mostly learning about Basic syntax, Variable, Functions, Classes, Modules, Using PyQt5, Input and Output File, Database connection, and SQL Query.

Once the Python course was completed, I continued taking the Macro VBA course. The Macro VBA language was slightly more complicated than Python, but I still understood the pattern. In programming, most of the structure is about conditional and loop statements; it is just about the language being a bit different, but the programming knowledge is the same.

In Macro VBA, we can automate repetition and complicated tasks just by clicking one button, which will save the users a lot of time, and there is no need to do the same task repeatedly if it has the same pattern. Also, by using macro VBA, we can reduce the typo error.

The Macro VBA course was completed today, the total time is about 14 hours. Macro VBA learning focuses on writing macros, object-oriented programming, creating functions, working with cells and user forms, inputting and outputting files.

I was lucky because I completed the total course of 34 hours before joining the vessel onboard to improve my programming knowledge. My next target after I have made my trip onboard is to take PHP and MY SQL programming because I am excited to learn more about computer programming.


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic