Skip to main content

ArcGIS Training Course

 


Terakhir kali saya mengambil training course secara intensif sudah sekitar 3 tahun yang lalu. Setelah pandemi Covid berakhir, saya langsung gas penuh untuk mengambil banyak short course. Di awal tahun 2023 ini, saya mengambil training EIVA di Jakarta, kemudian saya mengambil training design grafis yang banyak menggunakan software Corel Draw dan Adobe Photoshop. Setelah itu, di bulan November, saya kembali mengambil training ArcGIS.

Saya mengambil Training ArcGIS di LPK Unigama karena dekat dengan rumah dan biayanya masih terjangkau, metode training secara privat sebanyak 12x pertemuan. Mengapa saya mengambil training ArcGIS padahal backround saya di bidang Teknik Geodesi? Karena jam terbang saya dalam menggunakan software ArcGIS masih cukup rendah. Ketika jaman perkuliahan di tahun 2008 lalu, pembelajaran software masih banyak menggunakan autocad untuk pemetaan, kemudian software GIS yang digunakan masih Map info, sehingga sekarang-lah saat yang tepat untuk kembali mempelajari ArcGIS secara intensif.

Materi yang saya pelajari selama 12x pertemuan :

1.      Membuat project dengan data frame koordinat sesuai lokasi peta (ex: UTM zona 49S)

2.      Digitasi obyek spasial berupa titik, garis dan polygon

3.      Membuat tabel attribute

4.      Membuat Georeferensi peta

5.      Transformasi dan pengolahan data vector dan raster

6.      Membuat Query peta

7.      Symbology peta

8.      Membuat Grafik dan animation

9.      Membuat Layout peta

10.   Export dan import data

Saya tidak hanya mempelajari ArcGIS di lokasi training saja, namun setiap kali saya sampai di rumah, saya kembali mengeksplore ArcGIS melalui youtube. Ada banyak sekali tutorial di youtube yang berbahasa inggris dan Bahasa Indonesia.

Tidak terasa, hari ini saya telah menyelesaikan 12x pertemuan training ArcGIS, dan saya beruntung mendapatkan nilai A untuk mata pelajaran ArcGIS. Untuk training berikutnya saya ingin lebih banyak mengeksplore ke bidang pemrograman berupa Python, PHP MY SQL serta C++

Tetap semangat belajar dan langsung dipraktekkan ilmunya untuk hasil terbaik. All the best


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic