Skip to main content

Selangkah demi selangkah


Nikmati setiap proses-nya dan raih tujuan-nya.

Tanpa terasa tiga bulan telah berlalu, proses demi proses telah saya lewati dengan penuh kesabaran, kerja keras, dan pengawasan yang ketat. Saya menyadari bahwa investasi di bidang property memang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi, Karena properti tidak bisa selesai hanya dalam waktu singkat, sehingga kita tidak boleh terburu buru apalagi tergesa gesa.

Saya sendiri sudah memulai berinvestasi di bidang properti sejak tahun 2012. Mungkin ada yang mengatakan,Mengapa harus berinvestasi di bidang property? jawabannya mudah sekali, Karena investasi di bidang properti tergolong investasi yang aman dengan catatan legalitasnya terjamin. Selain itu, harga property terus meningkat, property juga tidak bisa hilang dan bisa disewakan ataupun dikontrakkan. Memang ada beberapa instrumen investasi lainnya seperti saham, reksadana, dll. Namun sejauh ini saya masih belum berani mencobanya,Karena investasi tersebut menurut saya pribadi masih tergolong high risk dan kontrol bukan berada ditangan kita.

Saya memiliki pengalaman membangun rumah, kontrakan, ruko, bahkan pondokan. Pada tahun ini saya diberi kesempatan memiliki pengalaman untuk membangun pondokan, dan menurut saya bahwa fokus untuk mendirikan pondokan memang dibutuhkan tenaga yang extra besar dalam hal Kepengurusan sosialisasi dengan warga masyarakat, Kepengurusan ijin dengan dinas perijinan, dan Pengawasan terhadap kontraktor.

Untuk kepengurusan sosialisasi dengan warga masyarakat telah saya lakukan dengan baik, walaupun menurut saya untuk melaksanakan acara sosialisasi tergolong membutuhkan biaya yang relatif mahal dikarenakan banyaknya peserta yang harus diundang dan tingginya biaya akomodasi yang harus ditanggung pemilik pondokan, selain itu untuk melengkapi berita acara, saya harus bolak balik lebih dari tiga kali ke rumah rumah perangkat desa dari tingkatan paling bawah sampai tingkatan atas.

Sedangkan untuk kepengurusan ijin dengan dinas perijinan, saya telah bolak balik tiga kali ke kantor perijinan sampai akhirnya berkas saya diterima. Tujuh hari setelah berkas saya diterima, saya menemui petugas lapangan yang melakukan cek lokasi. Dalam waktu satu bulan kemudian, hasil berkasnya sudah selesai kemudian dilanjutkan dengan kepengurusan IMB. Dalam hal kepengurusan ijin saat ini, menurut saya sudah cukup bersih karena petugas di kantor perijinan dan petugas lapangan sama sama bekerja professional dan tidak memungut biaya untuk kepengurusan SKTBL, sehingga saya cukup terkesan dengan cara kerja yang sangat baik dari dinas perijinan. Saya berharap bahwa pemerintah bisa terus mempertahankan cara kerja yang sangat professional ini.

Untuk pengawasan dengan pihak kontraktor juga harus teliti dan jeli, kita memiliki pedoman yaitu RAB untuk spesifikasi bangunan, sehingga hampir setiap satu minggu sekali maupun dua kali, saya selalu menyempatkan datang mengecek lokasi proyek untuk memastikan bangunan dibangun sesuai dengan RAB untuk segala spesifikasi yang ada. Jangan sampai terjadi bahwa kita membayar dengan kualitas yang sangat baik, namun pada kenyataannya di lapangan justru pihak kontraktor menggunakan kualitas kurang baik. Sejauh ini hal tersebut tidak terjadi dan pondokan yang dibangun keseluruhannya menggunakan bahan bahan yang berkualitas sangat baik.

(****)
Disinilah kesabaran kita perlu diuji untuk terus mengontrol selangkah demi selangkah pembangunan yang ada sambil menyelesaikan segala jenis perijinan yang ada supaya ke depannya usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan memiliki payung hukum.

Menurut saya pribadi, perijinan memang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha, Karena saya pernah mengalami sebelumnya bahwa akan ada selalu kejadian beberapa orang yang berkeinginan menggoyangkan usaha yang telah kita rintis, namun dengan adanya payung hukum yang ada dan niat baik dari pengusaha untuk mematuhi segala peraturan yang berlaku di Indonesia, maka seorang pengusaha dapat menjalankan usahanya dengan tenang serta dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang yang memerlukannya dengan baik. J



Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic