Skip to main content

Prosedur Masuk Menjadi Penduduk Sleman (Yogyakarta)


Rencana saya untuk masuk menjadi penduduk Sleman sebenarnya sudah direncanakan sejak 1 tahun yang lalu, namun rencana hanyalah sebuah target diatas kertas jika tidak segera dijalankan.

Saya baru menyadari setelah dalam waktu dekat ini, keluarga kami akan memiliki anak. Yang menjadi permasalahan, saya dan istri masih memegang E-KTP Kota Tangerang dan KK kami masih  ikut masing masing orang tua, padahal kami sudah tinggal dan menetap di Sleman, apalagi saya sendiri sudah tinggal di Sleman sejak tahun 2012.

Mau tidak mau saya harus segera mengurus KK baru dan E-KTP Kabupaten Sleman. Melalui tulisan ini saya juga ingin mensharingkan pengalaman pribadi saya sendiri dalam melalui tahapan demi tahapan yang cukup panjang namun terasa puas setelah kita memegang KTP dan KK yang kita inginkan.

Saya mendapatkan informasi, jika memakai jasa Agency harganya hampir seragam yaitu untuk mendapatkan Surat Pindah dari daerah asal akan dikenakan biaya Rp.200.000, kemudian untuk mendapatkan Surat Datang sampai dengan E-KTP dan KK akan dikenakan biaya Rp.300.000, Akan tetapi saya sudah meniatkan untuk mengurus semuanya sendiri untuk mendapatkan pengalaman dan mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan dan berapa lama proses untuk menyelesaikan semua tahapan-tahapan ini tanpa melalui jasa Agency.

A.Tahapan di Kota Tangerang (Banten)

Tujuan : Mendapatkan SPWNI ( Surat Pindah Warga Negara Indonesia) dan Biodata Penduduk WNI

Proses :
  1. Meminta Surat pengantar dari Ketua RT ( gratis ) 
  2. Meminta tanda tangan dan cap stempel dari Ketua RW ( gratis )
  3. Meminta Pengantar Pindah dari Kelurahan ( F-1.33 & F-1.34 )
  4.  Meminta Pengantar Pindah dari Kecamatan ( F-1.35 & F-1.36 )
  5. Menuju ke Pencatatan Sipil Kota Tangerang untuk mendapatkan SPWNI (Proses : 1 minggu dan biaya Gratis)
Pada saat mengurus SPWNI di Pencatatan sipil Kota Tangerang, ada beberapa dokumen yang perlu dibawa yaitu :
Pengatar RT,RW, Pengantar dari kelurahan, Pengantar dari Kecamatan, KTP, KK, Jika ada perubahan identitas harap melampirkan FC Surat nikah, FC Ijasah, FC Akta kelahiran. Semua berkas harus sudah difotocopy 1 kali sebelum diserahkan ke loket.

Setelah Satu minggu kemudian, saya sudah mendapatkan SPWNI dan Biodata Penduduk WNI dari Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Kemudian saya menuju ke Kabupaten Sleman (Yogyakarta).

B.Tahapan di Kabupaten Sleman ( Yogyakarta)

Tujuan : Mendapatkan SDWNI ( Surat Datang Warga Negara Indonesia) dan E-KTP serta KK Kabupaten Sleman.

Proses :
  1.  Meminta surat pengantar dari RT
  2. Meminta tanda tangan dan stempel dari RW
  3. Meminta tanda tangan dan stempel  dari Pak Dukuh, Mengisi Formulir Permohonan KK (F-1.06), Mengisi Formulir isian biodata (F-1.01), Mengisi Formulir permohonan menjadi Penduduk, Mengisi Formulir permohonan E-KTP (F-1.07), Mengisi formulir penerbitan KTP elektronik.
  4. Meminta Surat Pengantar dari Kelurahan (gratis)
  5. Meminta Surat Pengantar dari Kecamatan (gratis)
  6. Menuju ke Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman untuk mendapatkan Surat Datang Warga Negara Indonesia (SDWNI), Prosesnya sekitar 1 jam dan bisa ditunggu.
  7. Menuju Ke Kecamatan untuk mendapatkan E-KTP dan KK Kabupaten Sleman (Prosesnya 2 minggu, namun untuk kasus saya, hanya dalam 1 minggu sudah selesai setelah saya tanyakan ke pihak kecamatan)

Pada saat mengurus SDWNI di Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, ada beberapa dokumen yang harus dibawa diantaranya :
Surat permohonan menjadi penduduk, Surat Pindah WNI dari daerah asal, Biodata penduduk dari daerah asal, Pasfoto 4x6 sebanyak 2 lembar (Merah untuk tahun lahir ganjl dan biru untuk tahun lahir genap), serta semua berkas difotocopi 1 kali.

Setelah kita mendapatkan SDWNI, tahapan berikutnya (point ke 7) yaitu kita harus menuju ke Kecamatan, maka diperlukan dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut :

Syarat-Syarat Kartu Keluarga di kecamatan :
  • Formulir permohonan KK (F-1.06)
  • Formulir isian Biodata (F-1.01)
  • Formulir permohonan menjadi penduduk
  • Surat pindah WNI daerah asal
  • Surat datang WNI kabupaten Sleman
  • FC Akta Nikah, FC Akta lahir, FC Ijasah
Syarat Syarat E-KTP di Kecamatan :
  • Formulir permohonan E-KTP (F-1.07)
  • FC Kartu Keluarga
  • Formulir penerbitan KTP Elektronik
  • Pasfoto 4x6 sebanyak dua lembar (Merah untuk tahun lahir ganjl dan biru untuk tahun lahir genap)
Setelah 1 minggu, saya dan istri sudah mendapatkan Kartu keluarga yang baru dan E-KTP Kabupaten Sleman. Saya sungguh bangga dengan pelayanan terutama di Kabupaten Sleman dari tingkat RT sampai dengan Kecamatan bahkan Pencatatan Sipil Sleman yang sangat cepat dan proffesional, bahkan tidak dipungut biaya sama sekali.

Tips dari saya jika pembaca memiliki cukup banyak waktu, maka tidak ada salahnya untuk mengurus pindah KK dan E-KTP sendiri karena saat ini prosesnya sudah cepat, tidak dipersulit dan gratis. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Salam,
Denni Pascasakti
Kabupaten Sleman (10 Juni 2016)

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic