Friday, June 10, 2016

Prosedur Masuk Menjadi Penduduk Sleman (Yogyakarta)


Rencana saya untuk masuk menjadi penduduk Sleman sebenarnya sudah direncanakan sejak 1 tahun yang lalu, namun rencana hanyalah sebuah target diatas kertas jika tidak segera dijalankan.

Saya baru menyadari setelah dalam waktu dekat ini, keluarga kami akan memiliki anak. Yang menjadi permasalahan, saya dan istri masih memegang E-KTP Kota Tangerang dan KK kami masih  ikut masing masing orang tua, padahal kami sudah tinggal dan menetap di Sleman, apalagi saya sendiri sudah tinggal di Sleman sejak tahun 2012.

Mau tidak mau saya harus segera mengurus KK baru dan E-KTP Kabupaten Sleman. Melalui tulisan ini saya juga ingin mensharingkan pengalaman pribadi saya sendiri dalam melalui tahapan demi tahapan yang cukup panjang namun terasa puas setelah kita memegang KTP dan KK yang kita inginkan.

Saya mendapatkan informasi, jika memakai jasa Agency harganya hampir seragam yaitu untuk mendapatkan Surat Pindah dari daerah asal akan dikenakan biaya Rp.200.000, kemudian untuk mendapatkan Surat Datang sampai dengan E-KTP dan KK akan dikenakan biaya Rp.300.000, Akan tetapi saya sudah meniatkan untuk mengurus semuanya sendiri untuk mendapatkan pengalaman dan mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan dan berapa lama proses untuk menyelesaikan semua tahapan-tahapan ini tanpa melalui jasa Agency.

A.Tahapan di Kota Tangerang (Banten)

Tujuan : Mendapatkan SPWNI ( Surat Pindah Warga Negara Indonesia) dan Biodata Penduduk WNI

Proses :
  1. Meminta Surat pengantar dari Ketua RT ( gratis ) 
  2. Meminta tanda tangan dan cap stempel dari Ketua RW ( gratis )
  3. Meminta Pengantar Pindah dari Kelurahan ( F-1.33 & F-1.34 )
  4.  Meminta Pengantar Pindah dari Kecamatan ( F-1.35 & F-1.36 )
  5. Menuju ke Pencatatan Sipil Kota Tangerang untuk mendapatkan SPWNI (Proses : 1 minggu dan biaya Gratis)
Pada saat mengurus SPWNI di Pencatatan sipil Kota Tangerang, ada beberapa dokumen yang perlu dibawa yaitu :
Pengatar RT,RW, Pengantar dari kelurahan, Pengantar dari Kecamatan, KTP, KK, Jika ada perubahan identitas harap melampirkan FC Surat nikah, FC Ijasah, FC Akta kelahiran. Semua berkas harus sudah difotocopy 1 kali sebelum diserahkan ke loket.

Setelah Satu minggu kemudian, saya sudah mendapatkan SPWNI dan Biodata Penduduk WNI dari Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Kemudian saya menuju ke Kabupaten Sleman (Yogyakarta).

B.Tahapan di Kabupaten Sleman ( Yogyakarta)

Tujuan : Mendapatkan SDWNI ( Surat Datang Warga Negara Indonesia) dan E-KTP serta KK Kabupaten Sleman.

Proses :
  1.  Meminta surat pengantar dari RT
  2. Meminta tanda tangan dan stempel dari RW
  3. Meminta tanda tangan dan stempel  dari Pak Dukuh, Mengisi Formulir Permohonan KK (F-1.06), Mengisi Formulir isian biodata (F-1.01), Mengisi Formulir permohonan menjadi Penduduk, Mengisi Formulir permohonan E-KTP (F-1.07), Mengisi formulir penerbitan KTP elektronik.
  4. Meminta Surat Pengantar dari Kelurahan (gratis)
  5. Meminta Surat Pengantar dari Kecamatan (gratis)
  6. Menuju ke Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman untuk mendapatkan Surat Datang Warga Negara Indonesia (SDWNI), Prosesnya sekitar 1 jam dan bisa ditunggu.
  7. Menuju Ke Kecamatan untuk mendapatkan E-KTP dan KK Kabupaten Sleman (Prosesnya 2 minggu, namun untuk kasus saya, hanya dalam 1 minggu sudah selesai setelah saya tanyakan ke pihak kecamatan)

Pada saat mengurus SDWNI di Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, ada beberapa dokumen yang harus dibawa diantaranya :
Surat permohonan menjadi penduduk, Surat Pindah WNI dari daerah asal, Biodata penduduk dari daerah asal, Pasfoto 4x6 sebanyak 2 lembar (Merah untuk tahun lahir ganjl dan biru untuk tahun lahir genap), serta semua berkas difotocopi 1 kali.

Setelah kita mendapatkan SDWNI, tahapan berikutnya (point ke 7) yaitu kita harus menuju ke Kecamatan, maka diperlukan dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut :

Syarat-Syarat Kartu Keluarga di kecamatan :
  • Formulir permohonan KK (F-1.06)
  • Formulir isian Biodata (F-1.01)
  • Formulir permohonan menjadi penduduk
  • Surat pindah WNI daerah asal
  • Surat datang WNI kabupaten Sleman
  • FC Akta Nikah, FC Akta lahir, FC Ijasah
Syarat Syarat E-KTP di Kecamatan :
  • Formulir permohonan E-KTP (F-1.07)
  • FC Kartu Keluarga
  • Formulir penerbitan KTP Elektronik
  • Pasfoto 4x6 sebanyak dua lembar (Merah untuk tahun lahir ganjl dan biru untuk tahun lahir genap)
Setelah 1 minggu, saya dan istri sudah mendapatkan Kartu keluarga yang baru dan E-KTP Kabupaten Sleman. Saya sungguh bangga dengan pelayanan terutama di Kabupaten Sleman dari tingkat RT sampai dengan Kecamatan bahkan Pencatatan Sipil Sleman yang sangat cepat dan proffesional, bahkan tidak dipungut biaya sama sekali.

Tips dari saya jika pembaca memiliki cukup banyak waktu, maka tidak ada salahnya untuk mengurus pindah KK dan E-KTP sendiri karena saat ini prosesnya sudah cepat, tidak dipersulit dan gratis. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Salam,
Denni Pascasakti
Kabupaten Sleman (10 Juni 2016)

No comments: