Skip to main content

Peran Geodesi di Oil Company maupun Oil Services



Saya masih ingat beberapa tahun lalu ketika pengumuman UM UGM keluar dan saya melihat nama saya tercantum disana berserta Jurusan saya yaitu Teknik Geodesi. Ada beberapa teman yang berkata,” Kamu mau jadi apa Den?” bahkan ada juga yang berkata ,”Cita-Cita mu jadi Tukang batu y Den..” disertai tawa. Mungkin jaman jaman saya SMA dahulu, Jurusan Teknik Komputer dan Ekonomi yang dianggap orang pintar, namun saat ini Jurusan Geodesi justru banyak berperan dan bisa bekerja di berbagai macam bidang diantaranya Konstruksi , Batu bara, Migas, Kelapa sawit, PNS, dan masih banyak lagi.
Beberapa minggu yang lalu, Rekan rekan adik angkatan dari Geodesi mengirimkan email ke saya dan mereka mengatakan bahwa mereka tertarik bekerja di bidang Migas bahkan banyak juga yang ingin Kerja Praktek di perusahaan tempat saya bekerja.Oleh karena itu Saya ingin membahas lebih mendalam mengenai peran geodesi di perusahaan migas yang dibedakan atas Oil Company dan Oil Services.

Apa itu Oil Company dan Apa itu Oil Services ??

Oil Company adalah perusahaan yang memiliki blok Migas tersebar di Seluruh Indonesia, selain itu mereka juga yang memproduksi, mengolahnya sampai menjualnya untuk konsumsi BBM dalam Negri maupun luar Negri, Namun biasanya Oil Company tidak memiliki alat alat untuk melakukan Proses pengambilan Minyak, Sehingga Oil Company membayar Oil Services ( kontraktor) untuk mengerjakan di Blok Migasnya Tersebut. Peran geodesi disini biasanya sudah di level Supervisor atau QC dan pengelolaan basis data ( GIS ).
COntoh Oil Company di Indonesia : Pertamina, Medco, Total, Chevron, Petrochina, Petronas

Oil Service adalah perusahaan yang memiliki SDM yang sesuai di bidangnya ( Surveyor ) dan memiliki alat alat untuk pengerjaan operasi menyangkut Minyak dan Gas seperti Site survey, Seismik darat, Seismik laut dll. Untuk mendapatkan suatu proyek, Oil Service ini harus bersaing tender dengan oil Service lainnya agar bisa mengerjakan pengeboran di blok migas milik salah satu oil company.Peran Geodesi di Oil Services, sebagai surveyor ataupun coordinator lapangan dari sub kontraktor dan turun langsung ke lapangan untuk melakukan operasi secara teknical dan prosesing data lapangan.
Contoh Oil Services : Elnusa , Fugro, Seascape, Saripari, Kalmarine, EGS, Pageo.


Perbedaan bekerja di Oil Company dan Oil Services


A. Untuk geodet yang ingin bekerja di Oil Company,
Kelebihan yang didapat adalah :
• Penghasilan lumayan besar. Sebagai contoh gaji basic di Pertamina bisa mencapai 8,5 juta per bulan, di Medco mencapai 7,5 Juta / Bulan, Tunjangan lapangan mereka juga besar. ( 400rb/hari)
• Fasilitas lengkap dan memadai, seperti gaji pensiun besar dan Jaminan kesehatan untuk keluarga.

Namun di sisi lain :
• Geodesi yang bekerja di oil company sudah berada langsung di level supervisi, sehingga mereka jarang memegang alat alat geodesi dan mengolah software geodesi, karena semua data sudah dikerjakan oleh kontraktor.
• Lebih Banyak berada di kantor dibandingkan di lapangan untuk mengolah basis data ( GIS ) dan Mengecek Kualitas data ( QC ) yang dikerjakan oleh kontraktor.

B. Untuk geodet yang ingin bekerja di Oil Services ( Kontraktor )

Kelebihan yang didapat adalah :
• Kemampuan teknis dalam mengoperasikan alat sudah cukup memadai, karena geodesi di oil service langsung turun sebagai surveyornya dan sudah terbiasa mengoperasikan alat geodesi seperti GPS, TS, Echosounder,Multibeam dll. Bahkan software pengolahan nya pun dikerjakan sendiri seperti GP Seismik, TGO, Hydropro.
• Mental cukup kuat, karena sehari hari biasa mendapatkan tekanan dari oil company mengenai kualitas data dan target produksi.

Namun di sisi lain nya adalah :
• Gaji basic di perusahaan oil Services terbilang lebih kecil dibanding di Oil Company,Jika dalam satu bulan tidak ada proyek, hanya mendapat gaji basic antara 3,5 – 4 juta. Namun Jika ada proyek, Gaji satu bulan nya baru bisa menyamai gaji di Oil Company. Tunjangan lapangan oil services rata-rata 300 - 500rb/hari
• Tidak setiap bulan Oil Services mendapatkan proyek. Jika pas tidak ada proyek, berarti geodetic hanya stand by di kantor dan hanya mendapatkan gaji basic.

Saya rasa cukup gambaran yang saya berikan untuk peran geodesi di oil company dan oil services, semoga bisa membantu rekan rekan geodesi lain nya yang ingin berkarir di Perusahaan Migas..Selamat menentukan pilihan.. J

Regards,
Denni Pascasakti.

Comments

Anonymous said…
Il semble que vous soyez un expert dans ce domaine, vos remarques sont tres interessantes, merci.

- Daniel
Anonymous said…
makasih mas atas pencerahannya,
saya dari geodesi itb,dari dulu punya keinginan untuk bekerja di bidang migas,artikelnya sangat membantu.
mudah-mudahan kita bisa sharing lebih dalam lagi mas tentang peran geodet di migas.makasih banyak.
syahalam said…
waah..saya baca semua tulisan mas denni dan saya tertarik dgn semuanya..
apakah memang selama kuliah di geodesi dulu mas mendapat kuliah/pengetahuan mngenai survey seismik 2D,dll??
mudah2an mas bisa membagikan ilmu dan pengalamannya terus buat kami yg masih kuliah, trma kaih bnyak..
dennipasca said…
@anonim : salam kenal.. boleh saya tahu nama anda? saya beberapa kali main ke geodesi ITB dan punya beberapa kenalan juga disana.. Oke,, kapan2 kita bisa sharing..

@Syahalam : Terima kasih Syahalam,, salam kenal juga . Selama kuliah saya gag mendapatkan mata kuliah seismik.. Jadi cuma belajar otodidak aja sama berdasarkan pengalaman...
Dibaca terus blog saya ya.. semoga bisa banyak memberikan informasi... Terima kasih
syahalam said…
iya, jadi orang geofisika yang melakukan seismik 2D,dll rata2 ya mas?

terima kasih mas,,
saya dari geomatika ITS, mungkin ini bisa jadi inspirasi saya..
soalnya saya sempat sdkt kecewa ketika saya tidak bisa mendapat pengetahuan mengenai survey seismik ini di tempat saya belajar skrg..
tp setelah saya tau mas denni jg belajar otodidak, saya agak tercerahkan..hehe.

terima kasih infonya..
saya masih tertarik dengan semua tulisan2 mas denni..
mas permisi
wah bagus banget ini nih mas
maksudnya hanya stay di kantor pada oil service itu apa? hanya diam aja dan hanya absen gitu di kantor atau seperti yang dilakukan di oil company?
terima kasih sebelumnya

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic