Skip to main content

Cerita dan Tips dibalik Pama Persada dan Elnusa

Akhirnya setelah 2 bulan penuh bekerja sebagai bapak rumah tangga, tepat tanggal 13 February 2010 ,aq mendapatkan pekerjaan di PT Elnusa Tbk dan PT Pama Persada menempati posisi MT – Engineering ( kata orang2 sih posisi ini adalah cara cepet untuk masuk ke tingkat managerial) yang pada akhirnya saya memilih bekerja di PT Elnusa Tbk.Saya hanya ingin berbagi cerita dan pengalaman selama mengikuti tahapan tes yang super panjang,membosankan dan sampai berbulan bulan.Ketika itu, saya hanya bisa harap harap cemas dan berdoa menanti setiap panggilan telepon lolos dari satu tahap ke tahap berikutnya.

Perjalanan di PT Pama Persada Nusantara (http://www.pamapersada.com/)



Semua bermula di awal bulan Desember 2009 ketika aq melihat pengumuman di website akan ada Job fair di UNPAD bandung , yang salah satu diantara perusahaan nya adalah PT Pama Persada Nusantara. Perusahaan ini adalah Kontraktor pertambangan terbesar di Asia yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Internasional. Kemudian tanpa pikir panjang dan hanya berbekal Rp 100.000, berangkatlah saya menuju Bandung dengan nebeng di temen SMA yang kebetulan kosnya dekat dengan Unpad.

< Tes Hari 1 >Pagi itu saya datang ke Jobfair UNPAD dan sudah seperti yang saya ramalkan, bahwa yang daftar berjubel serta suasana nya seperti orang yang mau mengantri beras..Sesampainya di stan Pama, Gila yang daftar super duper banyak. Bayangkan baru tahap masukin CV aja , Tuh tumpukan CV udah setinggi 30 cm !! di hari pertama pula. Lalu ternyata pengumuman seleksi Administrasi baru 3 hari lagi.Setelah 3 hari, diantaranya ada 1000-an nama yang lolos seleksi, nama saya ada di nomor 748. Yah cukup senang dan lagi2 harus menunggu 1 hari untuk tes tertulis.

< Tes Hari 2 >.Pada saat tes tertulis yang dilaksanakan di gedung rektorat unpad.Pagi itu, saya tes Psikologi mulai jam 08.00 sampai jam 12.00. Soal2 seputaran padanan kata, lawan kata, itung2an, dan bangun ruang dengan waktu pengerjaan tiap bab yang sangat singkat. Lalu pengumuman hasil jam 13.00 dan saya menemukan nama saya ada disana. Lalu pada pukul 14.00 sampai 15.00 saya mengikuti tes kepribadian ( tes EPPS 225 soal ) yah cuman gitu2 doang, boong2 aja pilih yang bagus2.hehe. dan saya lolos tahap tes kepribadian.

< Tes Hari 3 > adalah tes wawancara HRD dari pukul 08.00 sampai 09.00. dan pengumumannya jam 10.00. Pada tes wawancara ini harus udah ada persiapan 1 hari sebelumnya. TIPS:Tes wawancara kan pertanyaan nya itu2 aja. Jadi siap2 hapalin jawabannya aja sblm wawancara , dan jangan sampai terjebak oleh pertanyaan HRD. Saya lolos tahap ini. Tetapi saya disuruh untuk menunggu sampai jam 13.00 untuk tes FGD alias Tes debat gitu sampai pukul 14.00.Disini kami diberi suatu kasus ada 10 orang dan 10 barang dalam sebuah kapal yang akan tenggelam dan hanya bisa membawa 5 orang dan 5 barang.Siapakah yang diprioritaskan? TIPS: Percaya diri, harus aktif, bisa kasih solusi, kalau bisa membawa jalan nya pembicaraan. Lalu malamnya saya di sms bahwa saya lolos tes FGD.

< Tes Hari 4 > Tes ini adalah tes wawancara User yang diadakan di PolBan Bandung, saya yang masih awan dengan daerah bandung awalnya cukup gelagapan. Namun dengan adanya Google Earth ternyata cukup membantu. Di tahap ini saya diwawancara oleh manager surveyor Pama persada Bpk Chandra. Yah yang ditanya tanya sih cuman seputaran Skripsi dan CV kita aja. Saha hal2 teknis. TIPS: Hapalin skripsi kamu diluar kepala, dan jawab secara meyakinkan. Setelah wawancara selesai. Saya disuruh menunggu telepon dari pama.

< Tes Hari 5 > Setelah 2 minggu, saya mendapat telepon untuk tes dengan manajer HRD Pama persada Bpk Kris di Hotel Jayakarta Bandung. Yang paling gila ditelpon nya hari Rabu pk. 19.00 dan tesnya di Bandung hari Kamis pukul 08.00. Mantapp!! Hari rabu pk.21.00 saya naik bis dari Tangerang ke Bandung. Sampe bandung pukul 01.00 dini hari ,bayangkan dingin nya kayak es!! Dan tes esok harinya berjalan lancar. Yang ditanya seputar pengalaman kerja, kepribadian, dan Visi misi bekerja di Pama. TIPS: ini juga harus ada persiapan, berlatih berbicara aja dpn temen atau dpn kaca. Setelah wawancara selesai, saya disuruh menunggu telp. Dari pama lagi.

< Tes Hari 6 > 2 Minggu kemudian datang lagi telpon dari pama yang menyatakan saya lolos dan tahap berikutnya adalah interview Direksi di Kantor Pusat Pama daerah Pulogadung. Lagi2 Google Earth telah membantu saya. Dan pagi itu saya bertemu dengan Bos besar sebagai Vice Presiden Director PT Pama Persada Bpk Dwi Priyadi. Disini deg2an dan grogi abis, karena disini adalah tes mental terbesar. Bayangkan setiap beliau bertanya dan saya menjawab. Pasti saya disalah salahin. Dijatuhkan mental nya dan dibilang saya tidak pantas untuk bekerja karena daya analisis yang sangat rendah dan Intelegensi rendah. Tapi saya dengan tenang menjawab,” Maapkan saya pak, saya akan belajar lagi.” TIPS: Jangan menyerang balik setiap dilakukan pertanyaan mental. Ini untuk mengetes tingkat kesabaran kamu.” Setelah wawancara, lagi2 menunggu.

< Tes Hari 7 > Setelah 1 minggu saya dinyatakan lolos dan maju ke tes kesehatan di OMNI Medical Hospital daerah pulogadung. DI tes ini dari ujung kepala sampai ujung kaki dilihat, dan tanpa busana pasti nya. Bahkan ada beberapa tes yang membuat diri agak malu. ( Tes kelamin dan Tes du**r). Yah sabar aja deh. TIPS: banyak minum air putih dan kelapa muda, istirahat cukup, olahraga.
Dan setelah itu 1 minggu kemudian saya mendapatkan kabar bahwa saya diterima dan harus menanda tangani kontrak. NAMUN ada hal lain yang menjadi pertimbangan saya. Yaitu... Baca dulu kisah selanjutnya.

Perjalanan di PT Elnusa Tbk. (http://elnusa.co.id/)



Elnusa adalah perusahaan yang bergerak di bidang Eksplorasi dan Eksploitasi Minyak dan gas yang juga merupakan anak perusahaan terbesar dari PT Pertamina.Perjalanan di Elnusa juga bermula di bulan Desember 2009 ketika saya melihat melalui milis geodesi UGM, bahwa ada bukaan posisi MT di Elnusa. Kemudian tanpa pikir panjang saya lamar secara On-line di websitenya elnusa dengan mengisi CV secara lengkap. Dan pada tanggal 4 January 2010 saya mendapatkan email yang menyatakan bahwa saya lolos tahap administrasi dan maju ke tes psikotes dan yang lolos ada sekitar 700an orang dari seluruh Indonesia.

< Tes Hari 1 > Hari pertama adalah tes psikotes yang diadakan di kantor pusat Elnusa daerah Cilandak Jakarta selatan. Diawal awal kami harus mengisi formulir CV sambil mendengarkan presentasi dari Elnusa. Dan pada pukul 13.00 dimulailah tes itu sampai pukul 17.00. tes juga masih sama seputaran gambar2, itung2an, bangun ruang, dan olah kata dengan waktu tiap bab yang sangat singkat. TIPS: harus konsentrasi dan fokus, dan perhatikan waktu kemudian kerjakan secepat mungkin. Pada pukul 17.30. keluarlah nama nama yang lolos, dan saya menemukan ada nama saya disana.
Lalu hari itu ternyata tes masih berlanjut, dari pukul 17.30 sampai 19.00 adalah tes kepribadian ( tes EPPS 225 soal) yah pinter2 ngisi yang bagus2 aja deh. Dan pukul 19.00 keluar lagi nama yang lolos. Disini tinggal 200 orang yang lolos, dan nama saya ada juga disana untuk tes keesokan hari nya.

< Tes Hari 2 > Tes ini adalah Tes wawancara HRD dan saya mendapatkan jadwal pukul 13.00 siang. Ada temen2 lain yang dapat pk.07.00 pagi, padahal mereka dari luar jawa , mungkin mereka menginap di kantin nya elnusa kali ya.. secara jakarta super macet kayak gini.
Namun di Tahap ini ada cerita menarik, saya yang waktu itu berangkat agak mepet dari rumah (Tangerang) jam 11 siang, kemudian dengan tergesa gesa dan menggunakan motor F1ZR. Saya menggeber gas dan membawa kendaraan pada kecepatan antara 80 – 100 km/jam di setiap jalan kosong karena takut terlambat. Padahal waktu itu hujan deras. Kemudian Terjadilah hal itu... BRAAAKKKKKK...!!!!!!!! ya.. saya menabrak mobil jeep di depan saya dengan sangat keras sampai motor bagian depan saya hancur berantakan dan kaki saya sedikit berdarah. Dengan akting saya memarah marahi orang tersebut karena berhenti mendadak walaupun sebenernya saya yang salah, akhirnya orang itu mau membayar Rp. 100.000 , Tapi kemudian saya bertanya tanya, “bagaimana dengan wawancara saya???”, “Bagaimana dengan kendaraan saya?” , “Bengkelnya dimana?” lalu saya menelpon ayah saya dan menceritakan dengan agak takut tentang kecelakaan ini, tetapi ayah saya malah berkata,”Kamu gag usah mikirin tentang motor itu karena biar papa yang ganti semuanya, sekarang cari bengkel, naik angot ke elnusa, terus tes wawancara disana, waktu kamu gag banyak Den. Dan papa yakin kamu bisa lolos wawancara itu!!” Dengan seketika saya berlari sepanjang 500m membawa motor rusak, naruh di bengkel, dan naik bus sampai elnusa.
Sampai di elnusa pukul 12.45 dengan kaki berdarah dan nyut2an namun saya berusaha tetap terlihat berwibawa. Dan pukul 13.00 dimulailah wawancara HRD sampai pukul 14.00. Disini yang mewawancara semuanya lulusan S2 dari Universitas Ternama di jurusan Psikologi,saya ditanya seputar kepribadian, organisasi, dan pengalaman kerja. TIPS: Kamu harus ada persiapan , dan terlihat meyakinkan. Setelah wawancara HRD selesai, kemudian pukul 15.00 keluar nama nama yang lolos dan langsung saat itu juga interview User. Interview dari pukul 15.00 sampai 16.00. Di wawancara User ini FULL menggunakan Bahasa Inggris dan ditanya seputar SKRIPSI dan Teknis Di Eksplorasi Minyak. TIPS: Latihlah bahasa inggris kamu, dan perlihatkan kelebihan2 kamu di depan User. Setelah selesai wawancara. Saya disuruh menunggu kabar dari Elnusa, dan saya pulang ke rumah menggunakan bis kota.

< Tes Hari 3 > 1 minggu kemudian, saya mendapatkan telp. Bahwa saya lolos Interview user dan maju ke tes kesehatan di PRAMITA Medikal Center daerah Kalibata, Jaksel dan saya mengetahui posisinya juga dari Google Earth. Yup sama seperti cerita diatas. Kamu akan dicek semua dari kepala sampai kaki dan tes di bagian2 “rahasia”.paru,jantung, THT, urine, darah,dll. Sial 2x gpp deh selama hidup. TIPS: Banyak minum air putih dan kelapa muda, istirahat jangan lebih pk 23.00, olahraga rutin. Setelah tes saya disuruh menunggu lagi kabar selanjutnya.

< Tes Hari 4 > 2 minggu kemudian, saya mendapatkan email bahwa saya lolos tahap medikal cek up, dan maju ke tahap berikutnya interview BOD alias Board of Director ( Jajaran Direksi PT ELNUSA ), tesnya dilaksanakan di Gedung Pusat Elnusa daerah Cilandak di lantai 16. Biasa Big boss kan maunya di lantai paling atas. Saya dan teman geodesi dari Undip berniat mengetes stamina kami dengan naik sampai ke lantai 16 tidak menggunakan lift, Tapi menggunakan Tangga!! Sampai di lantai 16 , wajah kami sudah bisa ditebak dengan napas tersenggal sengal dan loyo. Tapi itu jadi pengalaman tersendiri buat kami. Lantai 16 ternyata lain daripada yang lain, Design ruangan nya lebih elegan dengan lampu berwarna kuning terang dan furniture elit dimana mana. Didalamnya ada ruangan besar dan meja besar ditengahnya seperti yang dulu kita lihat di buku sejarah pada saat Konferensi Meja Bundar.
Di tahap ini ternyata kami diberi suatu kasus tentang suatu perusahaan yang akan bangkrut, lalu dibuat kelompok ( 1 kelompok 5 orang ) dan tugas kami adalah mencari masalah di perusahaan itu dan membuat program kerjanya selama 1 tahun. Kemudian nantinya kami harus mempresentasikannya. Disana ada beberapa orang yang diantaranya 3 orang BOD ( Direktur utama yaitu Bpk Eddy, Bpk Jauzi, dan Ibu Lucy) dan 2 orang General Manager yang akan menilai kami. Saat2 ini seperti biasa, Grogi abis dengan keringan bercucuran padahal ruangan dingin.sayapun ditunjuk sebagai ketua kelompok dan berhasil mempresentasikan nya dengan baik di depan para boss boss besar tersebut.
Setelah presentasi dengan para big boss, masih ada tahap selanjutnya. Karena saya berlatar belakang teknik geodesi. Maka khusus buat orang dari Teknik Geodesi dan dari Geofisika, ada wawancara dengan HRD dan GM dari Divisi Geoscience. Di tahap ini enjoy koq. TIPS: Harus waspada setiap kali ada pertanyaan jebakan seperti ,”Berapa lama kamu akan bekerja disini?” kalo kamu jawab 2 tahun saja.. mungkin itu dead end buat kamu. Jadi pinter2 baca situasi.

Tepat tanggal 13 February 2010, saya mendapatkan sms, dan email yang menyatakan bahwa saya telah lolos semua tahapan di PT Elnusa Tbk dalam posisi MT – Engineering dan diwajibkan datang untuk menandatangani kontrak tgl 16 February 2010.
Dengan dukungan dari orangtua dan teman2 ketika harus memilih antara PT Pama Persada dan PT Elnusa, akhirnya saya menetapkan hati untuk bergabung bersama PT ELNUSA. Tulisan ini aq persembahkan juga buat semua dan adik2 angkatan yang ada di GEODESI UGM yang ingin mendaftar di PT PAMA maupun PT ELNUSA, supaya ada gambaran. Karena Donald Trump Pernah berkata,”Kurang baik bagi seseorang jika belajar hanya dari pengalaman nya sendiri, Coba belajarlah dari orang lain dan jangan pernah menyerah ketika gagal. Karena kesuksesan akan menantimu di gerbang terdekat.”

Salam Hangat
Denni Pascasakti

Comments

sharing sap said…
Selamat bergabung Mas di Elnusa
divisi Geoscience Services
semoga dengan masuknya mas ke GSC akanbetah dengan situasi the Jungle dunia seismik dan jangan lupa main ke workshop elnusa GSC di BSD taman tekno, kan kl dari sampeyan tidak jauh

salam kenal
Agung
Planner Maintenance GSC
Terima kasih Bapak Agung,, Salam kenal dan saya mohon bim bingan nya untuk menapaki jalan di elnusa.. SAya juga pada saat waktu kosong, akan berkunjung ke taman tekno..
Sekali lagi terima kasih pak..
Anonymous said…
Wah bagus mas.. tips2nya...
sama sama alumni UGM kita..
saya bru sampai tahap wawancara user PT PAMA.. ada tips2 lg buat itu ga Mas.. mksh mksh..
mas...mau nanya..kalo penyakit ambeien yg tidak mengganggu apa masuk kriteria lulus MCU ? tks
oxygen said…
Klo saya boleh tahu, apa alasan Mas lebih milih Elnusa dibanding PAMA? atas pertimbangan seperti apa kok akhirnya pilihan jatuh di Elnusa? terimakasih atas informasinya :)
ANonim : Untuk Tips2 nya bisa dibaca di artikel ini..sudah lengkap semua ..:)

Meluangkan waktu : Kalau ada ambeien,, sepertinya belum lulus tahap MCU.. namun tidak ada salahnya mendaftar PAMA

Oxygen: Pertimbangan nya karena dulu ketika mahasiswa saya ingin bekerja di perusahaan minyak, jadi pas sekali menurut saya,, ditambah ada dukungan dari orang tua..
Anonymous said…
mas saya dah smp wwncara GM di pama..
kira2 ditawarin gaji br mas..?
apa boleh nego..?
terus isi kontraknya apa yg memberatkan..

terima kasih banyak..
Afrizal said…
Bagus sekali mas postingnya, semoga bermanfaat bagi saya dan yang lain.. Sukses untuk karirnya!
Anonymous said…
mas mau tanya,,,saya baru lolos tahap intervw hrd,di posisi GSO. tinggal nunggu di contact oleh pihak Pama untuk test selanjutnya biasanya ampe berapa lama ya mas? solanya saya D3 jadi beda pola test nya seperti S1 seperti yang telah diuraikan sebelumnya..
terimakasih y mas
Anonymous said…
abang, kalo test user pama itu bhs indonesia apa enggres bang???
mas kalo buat posisi junior field engineer ada BOD gak ya?
mas kalo buat posisi junior field engineer ada BOD gak ya?
Anonymous said…
oh gitu,, oh ya mz, mw tanya q kan belum mengeti wilayah jakarta, kalo dari stasiun gambir ke kantor Elnusa di jl. TB. simatupang itu lewat dan pakai angkutan/bus apa ya???
Unknown said…
mantap sekali postingannya mas,,,kasian yang pada tanya blom d jawab,,,selamat dan sukses berkarier di elnusa.
@Harie Honesty : Terima kasih Harie sudah membaca blog ini, semoga informasinya bermanfaat. Mohon maaf juga cukup banyak yang belum mas jawab karena postingan ini sudah sekitar 5 tahun yang lalu dan saya sudah tidak lagi bekerja di Elnusa. Salam sukses.
kenapa tdk kerja di elnusa lg mas?

skrng kerja dimana?
Unknown said…
Gan maU nanya kalau mengundurkan diri setelah sign kontrak di elnusa ada dendanya kah?jika ada brapa banyak?penting banget ni info gan.makasih ya
Unknown said…
mas mau tanya kok ada pegawai elnusa yg baru ketrima pegawai langsung boleh nikah? apa tidak ada sistem on job training atau apa gt? dan cara masukknya kok ndak seperti bumn2 lain yang recrutimen secara bersamaan diseluruh indonesia begitu?
gumuruhsspj said…

http://fgroupindonesia.com/pelayanan/ujian-sertifikasi
https://youtu.be/-SQTKyNtiAk

Deskripsi:
Dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian yang pantas dan sesuai bagi suatu perusahaan. Dalam prosesnya setiap calon pekerja hendaknya mempersiapkan berbagai macam keahlian dengan target timing yang telah diperkirakan. Sehingga pada saat pembukaan pendaftaran lowongan kerja, baik itu secara massal (job fair), expo, maupun non-masal kesempatan untuk apply kerja dapat dengan segera terpenuhi secara langsung.
Kompetensi masing-masing calon pekerja menunjukkan kadar kemampuan yang akan menentukan suatu posisi dalam jenjang karir produktif.

Untuk itu, dalam memenuhi keadaan tersebut, telah tersedia Ujian Sertifikasi Aplikasi Perkantoran yang membantu anda dalam :

1) Bukti memiliki keterampilan skills komputer
2) Proses aplikasi penerimaan lowongan kerja
3) Hemat waktu dan ongkos total
4) Ujian Sertifikasi Online (akses dari berbagai lokasi)
5) Hasil Ujian Sertifkasi sehari sesudah dapat diambil

Beberapa pilihan materi Ujian Sertifikasi yang telah terdata hingga kini diantaranya:
1) Ms. Office (sepaket dengan Ms. Office, Word, Excel, Power Point dan Windows)
2) Pemprograman Java, VB.NET, dan Database Mysql
3) Desain Web (Php, CSS based)
4) Desain Grafis (Coreldraw, Photoshop)

Prasyarat:
a. Mendaftar sebelum penentuan jadwal pelaksanaan.
b. Memilih metode pelaksanaan (online / offline -ditempat).
c. Memilih tipe ujian sertifikasi (lokal -indonesia / internasional -bahasa inggris).
c. Submit foto warna 3x4 (2lbr), 2x3 (2lbr).
d. Melengkapi kelengkapan administrasi diawal

Address:
FGroupIndonesia.com
Jl. Parahyangan no.18,
Komp. panghegar permai I,
Ujung Berung, 40614 Jawa Barat,
Bandung, Indonesia.

Contact:
Astri. SMS.WA 085795569337 / 085721261437
BBM. 7CD59179 / 7DF95683


FB : https://www.facebook.com/fgroupindonesia/
Twitter : http://twitter.com/fgroupindonesia
Google Plus : https://plus.google.com/114414655045459603522/posts
Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

Service Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

Kami menerima barang2 seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484 Hp.081932377009 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com, import-export@hokahoki.co.id

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
PT. HOKA HOKI INDONESIA
Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
Email : andijm.logistics@gmail.com
Website : hokahoki.co.id

Mr. Andi JM
Hp.081932377009, 081385311679

Unknown said…
Makasih postinganya. Sangat. Membantu...yg akan tes
Unknown said…
Sangat membantu sekali postingannya gan,
Kemarin saya tes PT Pama dan lolos psiko test kemudian wawancara hrd, tinggal nunggu pengumuman untuk interview user. Semoga dpanggil
Yg saya tanyakan adalah d form lowongan kerja pama, saya menulis penyakit saya yaitu ambeien, apakah itu otomatis gugur dan tidak dpanggil saat interview user?
Mohon pencerahannya
Terimakasih

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic