Skip to main content

Prosedur Penggantian E-Paspor

Tidak terasa sudah hampir habis masa berlaku paspor saya yang tinggal 6 bulan lagi. Lho kok masih berlaku 6 bulan sudah mau ganti Passport lagi?

Jelas. Saat ini jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri, namun masa berlaku passport kurang dari 6 bulan, anda bisa diminta untuk pulang lagi ke Indonesia, padahal anda sudah berada di imigrasi luar negeri.

Hal ini terjadi dengan salah satu kawan saya yang akan melakukan perjalanan ke Eropa, kebetulan saat itu penerbangan dari Jakarta transit di salah satu negara di Asia tenggara. Kemudian setelah diperiksa oleh imigrasi di Negara tersebut, kawan saya tidak diizinkan untuk melanjutkan penerbangan ke Eropa dikarenakan passport yang masa berlakunya kurang dari 6 Bulan.

(****)

Saya segera melakukan penggantian Passport di salah satu imigrasi di Jakarta. Melalui tulisan ini, saya ingin merangkum beberapa point-point penting dalam penggantian E-Passport.

1.     Apa saja syarat penggantian E-passport?

a.     Passpor Lama

b.     E-KTP Asli

c.   Surat keterangan Bekerja di Indonesia ( Optional) 

2.     Bagaimana cara mendaftar Penggantian E-Passport?

Anda tinggal mendownload aplikasi Layanan Passport Online, Kemudian pilih Lokasi imigrasi yang dituju, pilih tanggal kedatangan berserta jam-nya. Kemudian anda tinggal datang pada tanggal dan jam yang telah dipilih.

3.     Apa saja yang ditanya pada saat wawancara

a.     Untuk keperluan apa keluar negeri?

b.     Kapan rencana akan keluar negeri?

c.     Negara mana tujuan keluar negeri?

Jawablah dengan jujur dan sesuai dengan keperluan anda pergi keluar negeri.

4.     Berapa biaya pembuatan E-Passport?

Biaya E-Passport adalah Rp 650.000

5.     Kapan passport bisa selesai dan diambil?

Passport bisa diambil setelah 3 hari kerja sejak anda melakukan pembayaran.

(****)

Cukup mudah bukan dalam penggantian E-Passport? Kalau saya pribadi lebih memilih E-Passport daripada Passport biasa karena E-Passport memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

a.     E-Passport memiliki chip yang tertanam di sampul belakang passport yang berfungsi untuk menyimpan data biometric, sehingga passport sangat sulit untuk dipalsukan dan disalahgunakan orang lain.

b.  Bagi pemegang E-Pasport di bandara Jakarta dan Bali, anda tidak perlu lagi mengantri untuk pemeriksaan imigrasi secara manual, karena anda bisa langsung menuju Autogate

c.     Pemegang E-Passport bisa mengunjungi Jepang selama 15 hari tanpa harus membayar visa. Anda hanya cukup mendaftarkan E-passport sebelum berangkat ke Jepang.

Semoga bermanfaat ya tulisan ini, dan bagi anda yang ingin melakukan penggantian E-Passport semoga semua proses bisa berjalan dengan lancar.

Salam.

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic