Skip to main content

12 Navigation Tools in Offshore

 


Sejak 2010 sampai dengan hari ini, saya sudah bekerja di banyak kapal kapal Seismik Offshore, salah satu pekerjaan yang banyak memerlukan keterampilan Skills adalah Konfigurasi Equipment Navigasi di pekerjaan awal. Setting dan konfigurasi hardware alat-alat offshore tidak akan berjalan lancar kalau tools yang ada kurang lengkap.

Oleh karena itu saya selalu membawa tas kecil milik pribadi yang berisi tools untuk konfigurasi alat alat navigasi. Jumlahnya tidak banyak dan harganya pun tidak terlalu mahal karena saya mixed antara Original dengan made in China. Sehingga jika di kapal ada kekurangan tools, saya sendiri bisa melengkapinya dengan peralatan yang saya bawa sendiri.

Berikut ini 12 peralatan Navigasi yang biasa saya bawa ke Offshore:

1.     Digital multimeter.

Tools ini sangat penting karena berfungsi untuk mengukur Tegangan, Arus, Hambatan, Capacitance, Continuity, dan lainnya. Sehingga kerusakan alat alat Navigasi bisa segera di troubleshoot dengan cepat.

2.     LAN Tracker

Alat ini bermanfaat untuk mencari kabel LAN dari satu titik ke titik yang lain. Sangat bermanfaat karena memiliki sound yang bisa mempermudah mencari kabel LAN di bagian ujungnya.

3.     Tang Kupas Kabel

Walaupun terlihat sederhana, tetapi tang ini bermanfaat supaya bisa cepat mengupas kabel dengan sempurna sesuai ukurannya.

4.     Solder 60 W

Terkadang solder yang ada di kapal sudah terlalu lama sehingga kurang panas atau bahkan tidak berfungsi lagi. Menggunakan solder 60 W ini bisa lebih cepat mencairkan timah dan bisa segera menyambung kabel yang putus.

5.     Kalkulator Scientific

Memang di setiap computer sudah ada kalkulator scientific, namun masih harus merubah dari radian ke derajat lagi. Jadi menggunakan kalkulator scientific bagi saya bisa lebih cepat dan sederhana.

6.     Obeng set

Untuk obeng biasanya kurang lengkap ukuran nya dikapal, ada yang kurang kecil ataupun kurang besar, dengan membawa obeng set semuanya bisa dipakai.


7.     Socket Hex set

Menggunakan Socket hex set juga bisa menghemat waktu karena bisa kita aplikasikan ke alat drill dan dapat digunakan untuk membuka alat yang memiliki banyak baut dengan cepat

8.     Kunci L

Kunci L di kapal juga terkadang kurang lengkap dan untuk mencari ukuran yang pas bisa memakan waktu lama, sehingga dengan membawa satu set, semuanya ada dan tidak perlu lagi mencari kesana kesini hanya untuk menemukan satu kunci L saja.

9.     USB to RS 232 Adapter

Adapter ini bermanfaat untuk mengecek data serial dari suatu peralatan Navigasi ke Host Computer. Biasanya saya menggunakan Adapter ini dari peralatan Navigasi kemudian saya hubungkan ke Laptop menggunakan Com 1. Sehingga bisa dipastikan apakah data serial sudah terkirim atau belum

10.  RS 232 to LAN Adapter

Adapter ini sangat berguna untuk mengkonvert dari kabel RJ45 LAN ke RS232 DB9, sehingga dapat menyambungkan data string dari peralatan navigasi yang outputnya menggunakan TCP/IP atau UDP ke Host Computer.

11.  RS 232 Tester

Alat ini berfungsi untuk memastikan apakah ada output dari alat navigasi melalui kabel RS232 DB9. Jika ada outputnya, maka cahaya lampu akan berwarna Hijau. Jika tidak ada output maka tidak akan ada cahaya lampu.

12.  Gender changer dan Null Modem

Gender changer berfungsi untuk mengkonvert konektor DB9 dari Male to Female maupun sebaliknya. Sedangkan Null modem berfungsi untuk meng-cross pin 2 dan 3 yang ada di konektor RS 232.

Memang dengan membawa 12 tools di dalam setiap trip Offshore akan membuat tas menjadi lebih berat dan juga menambah kapasitas di dalam tas. Tetapi untuk rencana jangka panjang akan sangat membantu ketika sudah bekerja di kapal Offshore dan kita tidak perlu habis waktu lagi untuk mencari tools tools yang tersebar di beberapa tempat.

Semoga artikel ini membantu.


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic