Skip to main content

Prosedur Booking Hotel Karantina dan Kedatangan di Bandara


Terakhir kali saya melakukan perjalanan ke luar negeri sudah 1,5 tahun yang lalu, dan sudah banyak prosedur karantina mandiri yang berubah-ubah mengikuti perkembangan pandemi Covid di Indonesia.

Ketika akan pulang ke Indonesia, saya lebih memilih untuk karantina Mandiri di Hotel daripada karantina gratis namun ditempatkan di Wisma Atlet / fasilitas pemerintah lainnya. Karena di awal tahun 2020 lalu, ketika belum diperbolehkan untuk karantina mandiri di hotel, saya sudah pernah merasakan menginap 3 hari 2 malam di wisma atlet Pademangan dan disana banyak sekali PMI  serta pelajar yang datang dari berbagai negara.

Melalui artikel ini, saya ingin menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan WNI untuk booking hotel karantina mandiri, diantaranya:

1.       Buka link resmi website PHRI = https://quarantinehotelsjakarta.com/

2.       Pilih Lokasi, tanggal dan klik Search

3.       Pilih hotel yang diinginkan sesuai budget dan pastikan statusnya Available

4.       Klik Detail. klik Book Now, kemudian chat pihak Hotel via Whatsapp/email.

5.       Setelah chat dengan pihak Hotel, ada 3 hal yang perlu diperhatikan :

a.       Mendapatkan barkode booking Hotel dari PHRI (via email)

b.       Mendapatkan confirmation Letter booking hotel dari pihak hotel.

c.       Melakukan pembayaran Guarantee Payment (DP)

Proses booking karantina hotel sangat mudah dan cepat, ketika saya masih di offshore beberapa hari sebelumnya, saya sudah bisa melakukan booking hotel dan semua dokumen yang diperlukan juga sudah saya print untuk persiapan ketika pulang ke Indonesia.

Prosedur Kedatangan di Bandara Jakarta

Sesampainya di Bandara CGK Jakarta, ada beberapa prosedur yang harus dilalui oleh WNI. Setelah turun dari pesawat dan anda berjalan di corridor panjang bandara CGK, anda akan mulai melihat banyak kursi duduk dan petugas akan mulai mempersilahkan anda untuk duduk dan mulai mengantri.

Saya ingin menjelaskan prosedur kedatangan di Bandara sampai ke Hotel :

1.       Loket I   : Pemeriksaan Passport dan Boarding Pass. Pastikan menerima barkode test PCR

2.       Loket II  : Pemeriksaan Passport, Sertifikat vaksin, dan hasil PCR dari luar negeri

3.       Loket III : Pemeriksaan Passport, Barkode Hotel dan Barkode test PCR.

Kemudian anda akan ke bilik PCR. Setelah selesai PCR, pastikan barkode PCR sudah distempel

4.       Pemeriksaan Imigrasi : bawa Passport dan Boarding pass

5.       Pengambilan Tas. Pada saat keluar, akan ada antrian panjang bagi yang akan menuju ke Wisma atlet. Jika anda karantina mandiri di Hotel, anda tidak perlu mengantri.

6.       Carilah agen hotel di dekat pintu keluar. Mereka akan menyerahkan beberapa formulir untuk diisi dan akan mengambil passport anda.

Note : Pastikan anda menerima bukti penyerahan passport (Receipt), dan minta KTP/SIM dari agen hotel supaya bisa anda dokumentasikan untuk kehati hatian apabila passport anda hilang.

7.       Perjalanan menuju ke Hotel menggunakan taxi yang diurus oleh agen hotel.

8.       Setelah sampai di Hotel, lakukan pembayaran untuk program hotel karantina

Menurut saya, sudah banyak kemudahan proses kepulangan WNI ke Indonesia. Hal pertama adalah kemudahan untuk booking hotel secara online. Hal kedua adalah tidak perlu menunggu hasil PCR di bandara, karena kita bisa langsung menuju hotel dan hasil PCR akan diberikan satu hari kemudian di Hotel.

Kemudahan, kecepatan, proses yang sederhana dan system berbasis internet adalah faktor terpenting yang harus diutamakan, sudah bukan lagi jaman-nya “kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah.”

Saya berharap bahwa semoga kemajuan ini bisa terus dipertahankan oleh pihak bandara, sehingga WNI yang akan pulang ke Indonesia selain melalui protokol kesehatan yang ketat, juga bisa mendapatkan kenyamanan dan bisa segera menuju ke hotel untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan panjang dari luar negeri.




Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic