Skip to main content

Kebiasaan Hutang dan Prinsip Keluarga



Setiap  orang memiliki pendapat masing-masing ketika ada teman yang datang untuk meminjam uang. Namun bagi saya, apabila ada teman yang datang untuk meminjam uang, maka mereka hanya akan membuang waktu dan tenaga yang pada akhirnya akan berakhir kecewa.

Karena sudah merupakan prinsip di keluarga saya bahwa kami tidak bisa lagi meminjamkan hutang, keputusan ini berangkat dari banyak pengalaman pahit sebelumnya dimana kami sudah berusaha untuk membantu teman, namun pada akhirnya justru memperburuk hubungan pertemanan kami karena hutang yang sudah dipinjamkan ternyata sulit untuk diminta kembali. Pengalaman berikutnya kami sudah meminjamkan hutang, dan ketika kami membutuhkan untuk keperluan mendesak, orang tersebut malah sulit dihubungi.

Menurut saya, jika ada teman yang mengejar-ngejar untuk berhutang justru kurang tepat, karena saat ini sudah banyak sekali lembaga/institusi yang dengan senang hati akan meminjamkan uangnya kepada anda melalui :

1.    Bank
Bank memiliki beberapa fasilitas kredit dalam meminjamkan uang kepada anda diantaranya Kredit Tanpa Agunan, Kredit Pendidikan, Kredit Usaha Rakyat. Namun memang anda harus melengkapi syarat syarat yang ada dan telah mendapatkan approval dari bank.

2.    Pegadaian
Tidak perlu bingung butuh uang, anda kan pasti punya sepeda motor, emas,  televisi ataupun speaker di rumah. Nah barang-barang tersebut bisa lho digadaikan di pegadaian dan akan menghasilkan uang. Kalau anda masih menggunakan sepeda motor untuk bekerja, maka anda cukup menjaminkan BPKB saja dan anda akan mendapatkan uang tunai.

3.    Koperasi
Koperasi juga menawarkan fasilitas pinjaman kepada anggota nya, memang ada batasan peminjaman uang, namun setidaknya hal ini bisa membantu anda mencari jalan keluar dengan cara yang aman.

4.    Pinjaman online
Memang saya tidak menyarankan untuk meminjam di pinjaman online, karena jika tidak bisa membayar maka mereka akan merusak nama anda dengan cara mengirimkan banyak sms ke seluruh teman teman yang ada di kontak HP anda.
Namun daripada anda kebingungan kejar teman sana sini, lebih baik mencoba keberuntungan di pinjaman online yang syaratnya hanya membutuhkan foto KTP anda dan KTP orang tua, maka uang akan segera dikirimkan ke rekening anda.

(****)
Masih banyak cara cara lainnya dalam meminjam uang, tetapi saya tidak menyarankan utang, karena cara terbaik adalah melakukan management keuangan yang benar diantaranya memperbesar penghasilan dan memperkecil pengeluaran.

Cara untuk memperbesar penghasilan bisa dilakukan dengan menyediakan bahan bahan kebutuhan pokok maupun pakaian serta menyediakan fasilitas antar ke rumah, apalagi di tengah pandemi korona saat ini, pasti banyak keluarga yang membutuhkan jasa dan layanan tersebut.

Cara lainnya dengan memperkecil pengeluaran. Kalau sebelumnya anda selalu makan di restoran mewah, ya saat ini dicoba berkorban dengan masak masakan di rumah atau makan makanan yang sederhana saja dan sisanya ditabung.

Sekali lagi mohon maaf jika ada teman yang datang untuk meminjam uang, karena bisa dipastikan anda akan kecewa. 

Daripada menghabiskan waktu untuk mencari pinjaman kesana kesini dari daftar teman teman, lebih baik anda menyalurkan tenaga untuk membuat usaha sampingan yang akan menghasilkan uang tambahan bagi keluarga.

Salam.
Denni


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic