Skip to main content

Vaksin Influenza 4 Strain


Pandemi Corona sudah masuk ke Indonesia sejak  Februari 2020, hal ini telah banyak menyulitkan banyak orang termasuk saya. Dimulai dari sulitnya pulang kembali ke Indonesia karena penerbangan Internasional dan domestik yang ditutup sejak bulan April, kemudian setelah dibukanya kembali semua penerbangan di bulan Mei, namun masih disertai berbagai macam persyaratan dokumen ditambah karangtina di Wisma Atlet yang telah saya ceritakan di artikel sebelumnya.

Setelah melalui proses yang panjang, saat ini saya sudah sampai di rumah dan saya telah menjalani 2 kali rapid test dan 1 kali swab test yang keseluruhan hasil nya Non-Reaktif (Negatif), namun pada saat saya keluar rumah hanya dengan memakai masker dan menjaga jarak sepertinya masih belum cukup, karena tetap saja belum ada antibody yang terbentuk di dalam tubuh untuk mencegah virus Corona.

Sejauh ini, hampir semua negara di dunia sedang berlomba lomba untuk membuat vaksin Corona yang masih harus melalui berbagai macam tahap fase pengujian dan akan memakan cukup waktu cukup lama serta diprediksi untuk vaksin influenza baru bisa diproduksi massal sekitar awal tahun 2021. Oleh karena itu sebagai proteksi awal, saya ingin melindungi keluarga dengan memberikan vaksin Influenza terlebih dahulu.

Apa itu vaksin Influenza ?
Vaksin flu yang sudah dinonaktifkan untuk membuat antibody terhadap virus flu di dalam tubuh. Antibody akan terbentuk dalam waktu 2 minggu setelah proses penyuntikkan vaksin.

Siapa saja yang perlu menerima vaksin Influenza ?
Sebenarnya lebih diutamakan kepada anak anak (6 bulan – 8 tahun) kemudian kepada lansia diatas 65 tahun dan ibu hamil, namun saya tetap menerima vaksin influenza walaupun diluar kategori yang diutamakan tersebut, karena saat ini sedang masa pandemi corona untuk meminimalkan menurunnya imun tubuh.

Apakah vaksin influenza bisa mencegah virus corona?
Tidak bisa. Namun vaksin influenza bisa untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap virus flu. Karena virus corona akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh ketika imun tubuh sedang rendah yang disebabkan karena sedang terkena flu, oleh karena itu saya tetap memberikan vaksin influenza kepada keluarga untuk meminimalkan resiko terkena virus Corona karena menurunnya imun tubuh.

Apa saja jenis vaksin Flu ?
Ada vaksin anak (dibawah tiga tahun) dan Vaksin Dewasa (diatas 3 tahun), kemudian jenisnya ada vaksin influenza 3 strain dan vaksin influenza 4 strain. Yang dimaksud dengan 3 strain adalah memberikan kekebalan terhadap 2 macam virus influenza A dan 1 macam virus influenza B, sedangkan 4 strain memberikan kekebalan terhadap 2 macam virus influenza A dan 2 macam virus influenza B

Berapa biaya vaksin Influenza ?
Untuk vaksin influenza anak (4 Strain) sekitar Rp 350.000, kemudian untuk vaksin influenza dewasa terbagi menjadi 2 yaitu vaksin influenza 3 strain sekitar Rp 275.000 dan 4 strain sekitar Rp 400.000

Berapa kali pemberian vaksin influenza ?
Untuk anak anak akan dilakukan 2 kali untuk pemberian vaksin influenza dengan jarak sekitar 1 bulan, kemudian setelah itu cukup 1 kali dalam 1 tahun. Sedangkan untuk dewasa cukup diberikan 1 kali dalam 1 tahun. Mengapa perlu diberikan vaksin influenza setiap 1 kali dalam 1 tahun? Karena virus flu selalu berubah ubah setiap tahun-nya sehingga vaksin flu akan selalu diperbaharui lagi setiap tahun.

Apa saja efek samping dari vaksin influenza ?
Kalau saya dan anak hanya merasa tangan pegal di hari pertama, setelah itu tidak ada efek samping sama sekali yang dirasakan. Namun beberapa artikel menyebutkan akan merasakan sakit kepala dalam efek yang ringan.

Dimana mengambil vaksin influenza ?
Vaksin influenza sudah banyak tersedia di rumah sakit, apotik, klinik dan rumah vaksinasi yang ada di berbagai kota. Di masa pandemi ini, saya menggunakan layanan homecare sehingga dokter yang mengunjungi rumah saya dan melakukan vaksin langsung di ruang tamu.

(****)

Saya dan anak telah mendapatkan vaksin influenza dan kami tidak merasakan gejala lainnya selain tangan pegal di hari pertama. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita semua dijauhkan dari virus Corona serta tetap disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak pada saat sedang di luar rumah.

Regards,
Denni Pascasakti.


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic