Skip to main content

Kepengurusan SKCK untuk Apply Visa

Sumber : www.expatsindonesia.com


Saya sudah sering membuat dokumen SKCK untuk keperluan Visa, pembuatan buku pelaut, maupun untuk keperluan melamar pekerjaan Freelance. Sekitar 5 tahun yang lalu, salah satu persyaratan SKCK adalah Surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan, kemudian ke Polsek, Polres, Polda yang menurut saya cukup panjang tahapannya dikarenakan kita harus menyesuaikan dengan jadwal tokoh masyarakat yang belum tentu setiap hari ada di rumah. Bahkan ketika domisili saya masih di Tangerang, Ketua RT dan RW sampai hafal sekali kedatangan saya yang selalu dipastikan untuk membuat SKCK.

Mengapa saya sering sekali membuat SKCK? Jangan salah, jika anda pekerja offshore, setiap kali membuat buku pelaut, maka anda memerlukan SKCK, lalu apabila pekerjaan anda di benua Afrika, maka anda juga memerlukan SKCK, begitu pula apabila pekerjaan anda ke beberapa negara tertentu ,maka anda juga memerlukan SKCK sebagai salah satu syarat pembuatan Visa.

Namun di tahun 2018 ini, saya banyak sekali mendapatkan kemudahan. Terutama di daerah Yogyakarta khususnya kabupaten Sleman, apabila anda ingin membuat SKCK, maka anda tidak perlu lagi meminta surat pengantar dari RT, RW, Dukuh, Kelurahan, Polsek. Lalu bagaimana tahapannya? Anda bisa langsung datang ke Polres Sleman dengan membawa beberapa persyaratan dokumen yang ada untuk meminta rekomendasi dari Polres, kemudian tahap berikutnya anda datang ke Polda DIY untuk mendapatkan SKCK untuk keperluan Apply Visa. Ringkas sekali kan. Mantap.

Untuk perpanjangan SKCK pun nantinya tinggal membawa SKCK lama yang masih berlaku tidak lebih dari satu tahun dan beberapa syarat lainnya, kemudian anda menunggu sekitar 20 menit dan SKCK sudah bisa diambil. Jika anda penasaran apa saja syarat syarat yang dibutuhkan? Saya akan coba jabarkan dibawah ini dengan singkat.

Syarat Surat Rekomendasi Polres di Polres Sleman =
1.       FC KTP, KK, Akta lahir
2.       FC Passport
3.       FC Rumus Sidik Jari (Jika belum ada maka anda perlu membuat dahulu di Polres)
4.       Foto 4x6 background merah (4 Lembar)
5.       SKCK Lama (Jika ada dan masih berlaku)

Syarat SKCK Visa di Polda DIY =
1.       FC KTP, KK, Akta lahir
2.       FC Passport
3.       FC Rumus SIdik Jari
4.       Foto 4x6 background merah (4 Lembar)
5.       Print out Registrasi Online (Jika Registrasi Online)
6.       Surat Rekomendasi dari Polres

Pada saat saya membuat Surat Rekomendasi Polres, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama yaitu sekitar 4 hari dikarenakan bertepatan dengan jadwal penerimaan CPNS. Saya masih ingat ketika datang ingin menaruh berkas, antriannya panjang sekali sampai keluar ruangan. Namun jika anda datang tidak bertepatan dengan jadwal penerimaan CPNS, maka anda beruntung karena biasanya sedikit yang membuat SKCK sehingga dalam waktu 20 menit saja SKCK sudah bisa selesai.

Kemudian proses di Polda juga cukup cepat, hanya sekitar 20 menit sudah selesai. Namun hal yang perlu improvement hanya di bagian kartu TIK dan pengisian formulir, karena Formulir dan kartu TIK yang ada di Polres sama persis dengan yang ada di Polda dan kita tetap harus mengisinya lagi walaupun sudah diisi sebelumnya di Polres, mungkin lebih baik jika hanya di salah satu tempat saja untuk pengisian formulirnya, sehingga bisa lebih mempersingkat waktu.

Secara keseluruhan, proses SKCK sudah sangat ringkas dan cepat karena tidak lagi memerlukan surat pengantar dari RT, RW, Dukuh, Kelurahan dan Polsek. Saya yakin banyak masyarakat yang senang dengan adanya perubahan yang sangan baik ini, Selain tujuan untuk mendapatkan SKCK tercapai, waktu yang diperlukan juga menjadi lebih cepat. Luar biasa.

Salam,
Denni.


Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic