Skip to main content

2 Days Snorkling in Tidung Island, Only 299rb, Mau ?







Anda jenuh dengan kegiatan sehari hari ? Butuh berlibur dengan pengeluaran minimum ? Anda punya hobi fotografi ? atau anda ingin mencoba tantangan snorkeling ?Di Indonesia, banyak sekali referensi yang bisa anda coba, diantaranya :
1. Raja Ampat : Papua (http://www.diverajaampat.org/ )
2. Taman laut Bunaken : Sulawesi (http://www.bunaken.org/ )
3. Karimun Jawa : Semarang (http://www.karimunjawa-islands.info/ )
4. Tidung Island : Kepulauan Seribu (http://www.tidungisland.com/ )

Namun kalau anda tinggal di wilayah Jakarta dan menginginkan pengeluaran minimum, mungkin menurut saya jawaban yang paling tepat adalah “Tidung Island”.. Kenapa ? Karena beberapa hari yang lalu , saya sempat kesana bersama rekan2 kantor, dan biaya yang ditawarkan memang sangat murah meriah yaitu 299 ribu ( 10 Orang ), kemarin sih karena kita ber 7 jadinya bayarnya 320rb/ orang. Lalu jika anda bertanya dimana tuh?? Jawabannya ,, lokasi berada sekitar 50 km sebelah utara Muara angke , Jakarta Utara, jadi kalo ditempuh pake kapal sekitar 3 jam.

Bayangkan fasilitas yang didapatkan seharga 299rb sudah termasuk :
- Tiket PP Kapal Feri
- Penginapan 1 malam
- Makan 3 kali
- Sewa peralatan Snorkling
- Sewa kapal nelayan
- BBQ
- Sewa sepeda 2 hari
- Masuk pantai di pulau Tidung
- Tour Guide.

Murah meriah kan !!… Pokoknya anda harus coba ngerasain deh kesana,, gw jamin gag bakalan nyesel. Nah daripada penasaran2, ini sekilas cerita gw 2 hari petualangan di pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Hari 1

( 07.00 ) Pagi itu gw, Ate, Diana, Sari, Joni, Denni, Lina udah sampe di pom bensin muara angke, gw kira yang ikutan cuman sedikit, ternyata oh ternyata, di pom bensin buanyaakk banget orangnya dari EO yang berbeda beda..Kita disana nunggu sekitar stengah jam-an, setelah itu kami masuk ke pelabuhan muara angke.Di depan kami, berjejerl kapal kapal feri yang cukup panjang, Namun jangan membayangkan kapal ferinya mewah dan bagus, karena kenyataan nya kita semua duduk lesehan beralaskan tiker, dan desek desekan kayak ikan teri..… Tapi bagusnya disini gag ada kelas2 seperti di kreta ekonomi, bisnis, eksekutif… Jadi seperti apa dong?? ya semuanya dari yang bos sampe kroco duduk membaur jadi 1..wkwkwk.. so..gag ada kecemburuan social…



(11.00) Setelah duduk 3 jam diatas tiker sampe bokong gw sakit, akhirnya sampai juga kita di tidung, perairan nya berwarna hijau dan pasir putih, lalu ada jembatan kira2 sepanjang 200 meter yang menghubungkan pulau tidung besar dan kecil. Gw jadi berkata dalam hati,”Baru tau gw ada pulau seindah ini di deket Jakarta… Gw kirain semua pulau udah tercemar limbah, ternyata masih ada pulau yang bersih kayak tidung .”

Kami turun dari kapal feri dan bertemu dengan tour Guide bernama Arya yang berperawakan kurus, kulit hitam berwajah orang jawa namun cukup ramah, Arya mengantarkan kami ke penginapan berisi 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga. Bwt gw tuh penginapan cukup bagus lah untuk tinggal 1 malam. Setelah semua barang ditaruh dikamar masing2, kita sepedaan deh. Di pulau seluas 3 km x 2 km ini salah satu kelebihan nya adalah semuanya sudah tersedia akses jalan yang mulus sehingga bisa dijadikan jalur track bersepeda…Mantap..!!



(14.00) Kami berangkat menggunakan kapal nelayan dengan membawa peralatan snorkeling lengkap mencakup kacamata, jaket pelampung, dan sepatu katak. Semuanya termasuk dalam biaya 299rb itu, so, kita gag usah keluar biaya lagi.Murah kan.. Kami diantarkan menuju pulau tidung kecil, kemudian ..Byurrr….. Kami semua menyelam dan menikmati keindahan alam pulau tidung.. dibalik kacamata renang, gw melihat puluhan ikan-ikan kecil berenang mengelilingi kami dan hamparan karang yang beraneka ragam serta berwarna warni…. Luar biasa..



( 20.00 ) KAmi berangkat menuju pinggir pantai, memasang kayu2 bakar, lalu Tour Guide kami Pak Arya datang membawa 10 ekor ikan bawal dengan ukuran cukup besar, lagi2 masih Gratis..tis..tis… bumbunya juga lengkap dari sambal, kecap, mentega.. ditambah bonus melihat kembang api,, pas banget lah suasananya buat nongrong kumpul bareng temen2, disana ada yang gitaran, main kartu, tebak tebakan, ketawa ketiwi, sampe ngegosip . Suasana sekitar pantai juga cukup indah, jadi kalau anda banyak pikiran, anda bisa merilekskan pikiran sejenak disini..



Hari 2

( 06.00 ) Kami bangun pagi hari untuk melihat Sunrise, yah, walaupun ternyata gagal karena mataharinya tertutup awan..gubrak.. so, sayapun berinisiatif mengeluarkan kamera kesayangan yang baru aja gw beli 2 hari sebelumnya tapi sayang nya, gw gag bisa ngoperasiin,hehe… Ditambah lagi kamera Nikon D90 ini cukup kompleks karena tombol2nya banyak dan buku manualnya tuebellll aja… Jadi daripada gag moto,, mendingan jeprat jepret aja langsung mencet tmbol exposurenya . Mungkin kata temen gw,”Trus ngapain lu beli kamera DSLR?”. jawaban gw simpel,”semua kan butuh proses.”wkwk.

Saya merasa tertantang dengan meloncat diatas jembatan dengan ketinggian sekitar 8 meter, adrenalin gw tetep terpacu untuk mencobanya, setelah ngajak temen si Ate, dia mengiyakan. Trus kita segera naik ke atas jembatan 8 meter tsb. Sesampainya di atas, kepala gw cukup muter muter..”Tinggi Juga yah..”…” Oke,, satu…. Dua… Tiga” Gw pun melompat ke bawah .. badan serasa melayang beberapa detik di udara, dan ByuRRR…… …. Seru juga !!!,, HAbis itu, gw nyoba lagi hal yang sama sampe 4 kali… Cool…



( 10.00 ) Setelah puas loncat-loncatan gag jelas, trus kami mencoba tantangan banana boat, memang yang satu ini mesti mbayar 1 orang 35rb,, tapi gpp lah,, kan sekali sekali,, 1 banana boat berisi 3 orang, jadi ada 2 banana boat sekali jalan.. Kami ditarik oleh speed boat mesin 40 P.K., eh pas udah di tengah tengah laut ternyata speed botany sengaja berbelok tajam, dan terpental lah kita ke sebelah kiri… Byurrr…….. Blep…Blep…Blep…karena kita pake pelampung, jadinya aman…Pokoknya total sampe 3 kali kami nyebur, naik lagi, nyebur naik lagi… Seru abis…



( 12.00 ) Kita udah kembali menuju kapal feri.,,, Desek desekan kayak pepes lagi,, trus jam 4 sore sampe di Muara angke.. Mungkin anda bertanya,”Kok Lama aja sampe muara angke?” Iya soalnya kapal kami sempat mati mesin 30 menit, trus ditarik sama kapal feri yang berangkat kloter akhir…

Bagaimana cara Membookingnya
Tertarik dengan Tidung Island… ?? Kalo mau kesana , banyak sekali EO yang menawarkan jasa ke pulau Tidung,, salah satu nya di website resminya yang tadi udah gw sebutin diatas. Namun kemarin saya lewat Tour Guide Pak Arya sepertinya memuaskan sekali,,

Kalo berminat, hubungi gw dulu aja, tar gw bantuin. Biasanya sih prosedurnya:
- Confirm paling lambat 1 minggu sebelumnya
- Pas Confirm, sekalian DP 700rb
- Minimal 10 orang kalo mau 299rb / orang
Gampang kan..So, kalo pas lagi liburan,, gag ada salahnya mencoba berlibur untuk snorkeling dan merefleksikan pikiran di pulau tidung.. buat gw sih Top Abis 2 hari disana… dan Kamu mesti coba…woke2..

Regards
Denni Pascasakti.

Comments

nadita said…
nice blog
btw sekedar sharing
saya baru dari tidung dan tanpa menggunakan agen,, sebanyak 8 orang hanya 220ribu rupiah sudah termasuk snorkeling, penginapan berAC 2 kamar, tiket ferry PP, makan 3x termasuk bakar ikan dan cumi, dan sewa sepeda.
yudha said…
belum pernah kesampaian ke pulau tidung. untuk kepulauan seribu cuma pernah
ke pulang untung jawa aja.. disana nggak ada yang istimewa..
mungkin liburan semester ini akan saya agendakan ke kep. seribu saja.. :D

Popular posts from this blog

Prosedur Buku Pelaut Panama

  Saya ingin membuat buku pelaut Panama karena adanya kemudahan akses ketika bekerja di beberapa negara sebagai Seaman. Awalnya cukup sulit untuk menemukan informasi di Internet mengenai prosedur pembuatan buku Pelaut Panama di Indonesia. Namun saya segera mencari tahu dan mencobanya sendiri, hanya dalam waktu 3-4 hari kerja, setelah semua syarat dokumen lengkap dan dilakukan pembayaran, saya sudah bisa mendapatkan buku pelaut Panama di Rumah. Berikut ini saya sampaikan beberapa point-point penting mengenai prosedur pembuatan Buku Pelaut Panama : 1.      Dimana membuat buku pelaut Panama? Buku pelaut Panama dibuat di Consulate General of Panama di Jakarta yang berada di World Trade Center Lt.13, Jalan Jend. Sudirman, Karet-Kuningan. Namun karena keterbatasan waktu, saya menggunakan jasa Agent. 2.      Apa saja persyaratan buku pelaut Panama? a.      Surat permohonan dari perusahaan b.      Passpor (valid at least 6 bulan) c.      Bosiet/BST (valid at least 6 bulan) d.

Medical Check Up OGUK/UKOAA

Awal April 2018 lalu, saya mengambil paket Medical Check Up (MCU) UKOAA/OGUK di Klinik SOS Medika Cipete-Jakarta. MCU standar UKOAA/OGUK saya sebelumnya sudah berakhir masa berlaku-nya (Masa berlaku = 2 tahun), sehingga saya harus kembali mengambil MCU lagi untuk memastikan bahwa saya FIT untuk bekerja di offshore. Sebelum saya menuju ke lokasi, saya membuat appointment terlebih dahulu melalui email : sosidn.medapp@internationalsos.com , kemudian setelah ada konfirmasi, saya melakukan persiapan selama 2 minggu sebelumnya dengan berolahraga rutin, menjaga makanan rendah lemak/kolesterol, dan menjaga pikiran supaya tetap rileks. Setelah semuanya siap, saya berangkat menuju ke Klinik SOS Medika yang beralamat di Jalan Puri Sakti No.10, Cipete-Antasari. Jakarta Selatan. Sekedar informasi bahwa untuk paket MCU UKOAA/OGUK terdapat beberapa kategori  : Paket OGUK Complete seharga Rp 2.600.000 (Usia < 50Tahun)   Paket OGUK Standar seharga Rp 1.300.000 (Usia < 50Tahun)

Endorse Panama Medical

Saya membutuhkan Panama Medical untuk kepengurusan salah satu dokumen offshore, pada awalnya saya masih bingung dimana saya bisa membuat Panama Medical, berapa biayanya, dan apabila saya sudah memiliki Medical sesuai standar OGUK, apakah masih bisa digunakan untuk dibuatkan Endorse Panama Medical. Banyak pertanyaan yang saya tidak tahu jawabannya, dan ketika saya mencari di internet, masih cukup sulit untuk menemukan artikel yang membahas mengenai Panama Medical di Indonesia, sehingga saya mencoba mencari tahu sendiri dan pengalaman tersebut saya tuliskan ke dalam artikel ini supaya memberikan kemudahan bagi pembaca yang ingin membuat Panama Medical. 1.      Apa itu Panama Medical ? Salah satu check up kesehatan yang mengacu kepada standar Medical MLC/ILO, sehingga hasil akhir nya akan menentukan apakah seseorang Fit untuk bekerja atau Unfit yang kemudian Medical tersebut akan diendorse oleh dokter yang telah diauthorisasi oleh Panama Maritime. 2.      Berapa biaya Panama Medic